Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Mulai 29 Juli, Kamu Udah Nggak Bisa Sembunyikan Jumlah Subscriber YouTube

Indri Penulis

YouTube umumkan mulai tanggal 29 Juli 2022, semua pemilik channel YouTube nggak akan bisa sembunyikan jumlah subscriber mereka lagi.

Pada bulan April 2022, YouTube mengumumkan bahwa mereka sedang menguji coba tindakan untuk menangani para pelaku spam dan juga penyalahgunaan identitas yang sering mondar-mandir di platform.

popculture.id

Pengujian itu berawal dari banyaknya aduan pemilik channel YouTube yang kolom komentarnya mayoritas diisi oleh spammer. Nggak cuma itu, tidak jarang juga ada beberapa pihak yang bikin akun palsu meniru channel mereka ‘persis 100%,’ dan bikin konten penipuan hingga merugikan banyak orang.

Nah awal Juli ini, sepertinya YouTube sudah menemukan solusi buat mengatasi permasalahan tersebut. Lewat situs resminya, YouTube telah menyiapkan perubahan yang ‘cukup besar’ di akhir Juli nanti.

Mulai tanggal 29 Juli 2022, semua pemilik channel YouTube tidak akan bisa lagi sembunyikan jumlah subscriber mereka. Langkah ini dianggap tepat untuk mengenali akun-akun yang mencoba meniru pemilik channel asli.

Dengan perubahan baru itu, jumlah subscriber di semua channel YouTube akan terlihat dengan jelas baik yang masih sedikit atau yang sudah banyak.

Langkah yang diambil YouTube mungkin akan menjadi solusi bagus untuk memberikan keamanan pada semua penggunanya. Tapi di sisi lain, langkah ini mungkin akan sedikit merugikan YouTuber pemula.

Fyi, biasanya mayoritas YouTuber pemula sengaja menyembunyikan jumlah subscriber-nya yang notabene masih sangat sedikit. Tujuannya agar mereka bisa lebih dulu fokus branding dan menyajikan konten berkualitas.

Selain itu, nantinya juga akan ada pengaturan yang lebih ketat di bagian moderasi komentar YouTube Studio. YouTube akan membatasi jenis karakter yang bisa dipakai ketika membuat nama channel. Di sini YouTube nggak terlalu spesifik dalam penjelasannya, tapi sepertinya mereka tidak akan mengizinkan pemakaian karakter untuk meniru seseorang / merk tertentu.

Yah semoga dengan perubahan ini, ekosistem di YouTube bisa lebih sehat ya. Tapi ngomong-ngomong kamu tim mana nih? Lebih suka ada fitur sembunyikan jumlah subscriber di YouTube atau nggak?

    %d blogger menyukai ini: