TikTok Uji Coba Fitur Game di Vietnam. Wah, Bakal Bisa Main Game di TikTok Dong?

Indri Penulis

TikTok berencana melebarkan sayap ke ranah game. Pasalnya laporan terbaru mengatakan TikTok kini tengah melakukan uji coba fitur game di Vietnam.

Zaman sekarang siapa sih yang nggak kenal TikTok? Dia adalah platform media sosial berbasis video yang sangat populer di dunia dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan.

Perusahaan yang dimiliki oleh konglomerat asal China, ByteDance, kini sepertinya tengah bersiap mengepakkan sayap ke ranah game. Apalagi dikutip dari situs Reuters, baru-baru ini mereka sudah mulai melakukan uji coba fitur game di Vietnam.

Dengan populasi yang paham teknologi sebesar 70% dan diisi oleh penduduk berusia 35 tahun, Vietnam dinilai sebagai pasar yang sangat menjanjikan untuk TikTok game. Karena alasan inilah TikTok memutuskan melakukan uji coba fitur game di Vietnam.

Game “Disco Loco 3D”

Di sisi lain, apa sih yang akan didapatkan TikTok dengan memboyong game ke dalam platform-nya? Jadi strategi untuk memboyong dan menampilkan game di platform diklaim dapat membantu meningkatkan pendapatkan iklan dan jumlah waktu yang dihabiskan orang di TikTok.

Game di TikTok kemungkinan akan menampilkan iklan, dengan pembagian pendapatan antara ByteDance dan pengembang game.

Ini juga akan menandai upaya ByteDance buat memantapkan dirinya sebagai pesaing utama dalam game. Sebelumnya, mereka sempat mengakuisisi studio game Moonton Technology yang berbasis di Shanghai, menempatkan mereka dalam ‘persaingan secara langsung’ dengan Tencent (perusahaan game terbesar di China).

Lalu sudah sejauh apa perkembangan uji coba ini? Seorang perwakilan TikTok mengatakan kalau perusahaan telah menguji game HTML5, bentuk umum dari minigame, ke aplikasinya lewat kerjasama dengan pengembang dan studio game pihak ketiga seperti Zynga Inc.

Sayangnya saat diwawancari oleh Reuters, orang tersebut tak mau memberikan komentar terkait rencana TikTok selanjutnya di Vietnam, maupun ambisi game yang lebih luas.

Kami selalu mencari cara untuk memperkaya platform kami, dan secara teratus menguji fitur serta integrasi baru yang membawa nilai bagi komunitas kami,” kata salah satu perwakilan TikTok.

Untuk sementara ini belum jelas bagaimana rencana TikTok soal fitur game-nya di masa datang. TikTok juga belum merilis pernyataan resmi soal kapan fitur tersebut diluncurkan di Vietnam, atau negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara (termasuk Indonesia).

Tapi yang jelas untuk saat ini sudah ada negara lain yang bisa memainkan game di TikTok. Katakanlah seperti Amerika Serikat. Walau baru beberapa game, tapi setidaknya pengguna TikTok di Amerika sudah bisa ‘bersenang-senang.’ Beberapa game yang bisa mereka nikmati antara lain “Disco Loco 3D” dari Zynga dan juga “Garden of Good.”

Negara lain yang sudah lebih dulu bisa memainkan game di TikTok adalah China (tapi lewat Douyin alias TikTok versi China). Bahkan mereka sudah bisa menikmati akses ini sejak tahun 2019.

Cukup menarik, tinggal kita lihat saja progress ke depan soal fitur game ini, dan semoga saja bisa cepat rilis di Indonesia. Hehehe.

    %d blogger menyukai ini: