Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

TinyDO: Aplikasi To Do yang Simpel

Anom Penulis

Ingin menggunakan aplikasi to do yang simpel dan mudah digunakan? Terus terang, ada cukup banyak pilihannya di Windows Phone Store. Misalnya aplikasi TinyDO ini. Sungguh, aplikasi satu ini mudah digunakan. Benarkah begitu?

Fitur TinyDO
  1. Membuat daftar hal yang harus dilakukan
  2. Menggunakan gestur yang mudah digunakan
  3. Menggabungkan daftar to do ke dalam grup
  4. Mengatur daftar to do
  5. Fungsi reminder
  6. Menandai hal yang sudah dilakukan
  7. Pilihan warna theme
  8. Sinkronisasi dengan SkyDrive
  9. Mendukung live tile dan lockscreen

Yah, kalau kalian sudah pernah mencoba aplikasi Glisten, seperti itulah TinyDo. Walaupun mirip, tetap ada perbedaan di antara kedua aplikasi to do list tersebut.

TinyDo hadir dengan tampilan yang lebih bersih. Tergantung pilihan theme-nya. Kalau terang ya dengan tampilan putih, dan kalau gelap ya tampilan hitam. Dari gestur yang digunakan, tidak jauh berbeda. Tapi TinyDO tidak banyak menawarkan animasi yang wow.

Yang menarik dari TinyDo, kita bisa menambahkan waktu untuk kapan suatu hal harus dilakukan. Catatan waktu itu juga sekaligus menjadi reminder. Hanya saja, menurut kami fitur waktu ini kurang optimal. Kita tidak bisa mencatat suatu waktu yang spesifik. Misalnya: Harus beli pakan ayam besok jam 3 sore. Pilihan hari hanya berlaku untuk sesuatu yang kita lakukan secara rutin. Kalau kita mencatat kegiatan beli pakan ayam itu pagi ini, nanti sore jam 3, reminder akan berbunyi. Padahal, jadwal tersebut untuk besok. Yah, kalau bisa menambah pengaturan hari pasti akan lebih asik.

Kelihatannya, TinyDo memang ditujukan untuk kebutuhan pencatatan yang memang sederhana. Jadi bukan penjadwalan. Kalau untuk penjadwalan yang lebih canggih, mungkin kita harus beralih ke aplikasi lain, atau ke kalender Windows Phone. TinyDO lebih mengacu pada konsep: ‘Yang bisa dilakukan hari ini, selesaikan hari ini’.

Tapi, untuk kebutuhan yang simpel, aplikasi TinyDO ini enak digunakan. Apalagi, aplikasi ini mendukung live tile dan lockscreen. Tampilan keduanya pun enak dan mudah dilihat walau sekilas. Oya, ada juga tutorial penggunaan yang siap membantu kita.

Aplikasi TinyDO ini bisa didapatkan secara gratis di Windows Phone Store Indonesia. Sayangnya, aplikasi ini hanya bekerja di Windows Phone 8. Untuk yang ingin mencoba aplikasi ini bisa langsung menuju link di bawah.

Download: TinyDO