Tipe USB yang Harus Kamu Tahu. Biar Nggak Salah Sebut!

Indri Penulis

Sering dengar istilah USB? Ternyata USB banyak tipenya lho! Ini dia tipe USB yang harus kamu ketahui. Biar nggak salah sebut lagi ya.

Istilah USB tentu sudah nggak asing lagi di telinga kita, apalagi buat pengguna smartphone. Pasti sering banget mendengar istilah ini (entah sebenarnya tahu artinya atau nggak).

USB sendiri merupakan singkatan dari Universal Serial Bus. Bisa dibilang kalau USB ini merupakan perangkat penghubung. Biasanya dia dipakai untuk smartphone, komputer, konsol, PDA, dll.

Nah rupanya, USB nggak cuma hadir dalam satu tipe lho. Kali ini saya bakal mengajakmu mengenal tipe-tipe USB yang ada selama ini. Yuk, langsung saja!

USB Tipe-A

Bisa dibilang kalau USB Tipe-A adalah tipe yang paling banyak digunakan saat ini. Bentuknya persegi dan dimensinya lebih lebar serta tebal.

Sumber : TimeToast

Kalau mau menemukan USB Tipe-A, gampang kok. Kamu bisa menemukannya di hampir semua laptop, desktop, atau periferalnya. Oya, sampai saat ini juga masih banyak adaptor smartphone yang pakai USB Tipe-A lho.

USB Tipe-B

USB yang satu ini bentuknya agak unik, yakni persegi. USB Tipe-B biasanya dipakai untuk menyambungkan printer dan scanner ke komputer.

Sumber : Blibli

Sayangnya karena sekarang sudah muncul berbagai tipe USB baru yang bentuknya lebih kecil dan efisien, USB Tipe-B jadi jarang digunakan. Tapi walau begitu, bukan berarti USB tipe ini langsung musnah dari peredaran ya.

USB Tipe-C

Hayo buat pengguna smartphone masa kini, pasti familiar banget ya sama USB yang satu ini. Ya, boleh dibilang kalau Tipe-C adalah USB kekinian.

Sumber : Gagastekno

USB tipe ini dipercaya mampu mengalirkan daya dan memindahkan data lebih cepat, dibanding jenis USB lainnya. Karena kemampuannya itu, nggak heran kalau USB Tipe-C kini dipakai oleh laptop-laptop premium jenis ultrabook untuk memindahkan data sekaligus mengisi daya baterai.

Micro USB

Walau pun sekarang smartphone baru sudah beralih menggunakan USB Tipe-C, namun masih banyak juga smartphone atau perangkat pendukungnya (seperti powerbank) yang masih menggunakan Micro USB.

Sumber : LDLC

Jenis USB yang satu ini punya bentuk yang lebar dan pipih. Keberadaannya saat ini masih cukup mudah untuk ditemui. Biasanya perangkat ini dipakai untuk mentransfer data dan mengisi daya baterai kamera digital.

Mini USB

Sumber : MyTrendyPhone

Tahu nggak sih, sebelum Micro USB booming, ternyata Mini USB sempat menjadi primadona berbagai perangkat mobile lho. Mulai dari ponsel, MP3 player, hard disk eksternal, sampai gamepad konsol PlayStation juga sempat memakai Mini USB.

USB Micro B Superspeed

Sesuai dengan namanya, konektor USB yang punya bentuk pipih dan panjang ini menyajikan kemampuan transfer data super ngebut!

Sumber : Amazon

Penasaran berapa kecepatannya? USB Micro B Superspeed mampu memindahkan data dengan kecepatan mencapai 5Gbps. Karena super cepat, tipe USB yang satu ini sering diandalkan buat menyambungkan hard disk ke komputer atau TV.

    %d blogger menyukai ini: