Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

USB-C, Si Kabel Masa Depan yang Akan menggantikan Micro USB

Kamu pasti sudah mendengar jika belakangan ini banyak sekali perusahaan teknologi yang merilis gadget terbarunya dengan USB-C. Salah satu yang terbaru adalah Apple dengan iPad Pro 2018.

Apasih sebenarnya USB-C ini? Lalu apa yang membedakan USC-C ini dengan port USB biasa yang sering kita gunakan?

Jika kalian masih awam dengan USB-C, maka di bawah ini adalah beberapa ulasan yang dapat kalian perhatikan dengan baik.

Satu kabel untuk semuanya

Sumber Gambar : selular.id

Jika sebelumnya kita sudah mengetahui tingkat persaingan yang begitu ketat di dunia teknologi, yaitu seperti perang format CD dengan DVD, lalu DVD dengan Blu-ray. Maka untuk USB-C ini berbeda dengan yang lainnya.

USB-C adalah kepanjangan dari Universal Serial Bus. Dengan teknologi baru, kabel ini memiliki kemampuan untuk menyatukan segala bentuk teknologi.

Contoh halnya, kamu bisa menggunakan USB-C ini untuk menyambungkan hardisk eksternal, dan sekaligus kamu bisa menggunakannya untuk mengisi daya baterai smartphone-mu.

Dikembangkan oleh aliansi perusahaan

Sumber Gambar : lenovo.com

Sesuai dengan namanya, USB-C ini adalah modifikasi lebih dalam dari USB biasa yang sering kita gunakan.

Untuk dapat menghasilkan teknologi semacam itu, tentu semua itu tak mudah. Dalam pembuatannya pasti membutuhkan proses yang begitu panjang, yaitu seperti  mengumpulkan berbagai macam perusahaan di bidang elektronik.

Mereka pun akhirnya membuat sebuah grup yang diberi nama dengan USB Implements Forum. Sudah ada lebih dari 700 anggota perusahaaan yang ikut bergabung di grup tersebut.

Perusahaan-perusahaan besar seperti, Apple, Dell, HP, Intel, Microsoft, hingga Samsung, juga ikut bergabung ke grub USB ini.

Berbeda dengan Micro USB

Sumber Gambar : mashable.com

Jika kamu lihat sekilas, USB-C ini memang mirip dengan Micro USB. Namun jika kamu perhatikan lebih detail lagi, USB-C sebenarnya memiliki bentuk lebih oval dan memiliki fitur-fitur menarik daripada Micro USB.

USB-C tidak dilengkapi dengan sisi bawah maupun sisi atas, sehingga kamu akan lebih bisa memasangkannya degan mudah.

Selain itu USB-C juga memiliki kabel degan konektor yang sama di bagian akhirnya, jadi kamu tak perlu lagi mengira-ngira mana bagian kabel depan maupun belakangya.

Lebih cepat daripada Micro USB

Sumber Gambar : vesnik.com

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, USB-C ini memang dibekali dengan berbagai fitur menarik dan lebih canggih ketimbang dengan Micro USB.

Salah satu hal yang paling menonjol dari USB-C adalah, kemampuannya yang lebih cepat untuk mentrasfer data hingga 10GBps.

USB-C ini memiliki kecepatan dua kali lipat daripada Micro USB, hal ini karena USB-C dibekali dengan protokol dasar USB 3.1,sedangkan Micro USB hanya memiliki protokol dasar 3.0.

Perubahan kecepatan yang drastis seperti ini, tentu akan membuat para penggunanya merasa bingung, maka dari itu diberikanlah transisi yang mana USB 3.1 generai 1 memiliki interface yang sama dan sinyal data yang dibuat setara dengan USB 3.0

Jadi ketika kamu melihat USB 3.1 generasi 1, pasti kamu akan merasa jika USB tersebut memiliki fungsi yang sama degan USB 3.0.

USB-C yang masih berbeda-beda

Sumber Gambar : JalanTikus

Meskipun USB-C ini kabarnya bisa digunakan untuk semuanya, namun untuk port kabel proyektornya sejauh ini USB-C masih memilik bentuk yang berbeda. Dan itulah sebabnya mengapa USB-C masih terus dikembangkan hingga sekarang.

Bahkan kabel jack untuk smartphone saja masih belum bisa digantikan oleh USB-C, jadi oleh sebab itu kamu harus melihat spesifikasi USB-C secara baik-baik sebelum memutuskan untuk membeli PC.