Lakukan 7 Hal Ini Agar Kamu Tidak Perlu Beli Aksesori Gadget

Aksesori gadget di jaman sekarang lumayan cukup penting. Saat ini banyak aksesori gadget yang dijual di pasaran. Kadang kita sendiri juga sering bingung memilih aksesori yang pas dengan selera.

Tapi kamu pasti tahu sendiri kan bagaimana kondisi mahasiswa, apalagi anak kos-kosan, duit pas-pasan, dan lebih parahnya lagi ketika tanggal tua melanda. Cari duit lebih di dalam dompet saja susahnya minta ampun. Untuk bayar kos-kosan saja sudah untung.

Sekali lagi, kamu hanya perlu tenang. Hidup itu selalu ada solusi di setiap kesulitan menerpa. Ketimbang beli aksesori, untuk sementara waktu kamu bisa mengakali hal-hal tersebut dengan barang-barang yang ada di sekitarmu. Caranya mudah kok. Ikuti saja cara-cara di daftar ini.

Menangani Kabel Ruwet

Sumber Gambar : XINGO cable tie holder

Merasa risih nggak sih dengan kabel komputer yang berserakan? Kamu bisa mengakalinya dengan wire strap. Langkah pertama, ikat jadi satu terlebih dahulu, tapi jangan terlalu erat.

Kemudian, mulai pisahkan kabelnya satu persatu dan di sela-sela kabel gunakan lagi wire strap. Lakukan hal ini berulang kali pada sepanjang kabel. Mudah bukan?

Buat Sendiri Penyangga tablet

Sumber Gambar : IDN Times/Sukma Shakti

Oh, kamu butuh tripod untuk smartphone? Cara kali ini bisa dibilang cara paling gampang dan sederhana. Kamu cuma perlu empat buah pensil.

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mengikat tiga ujung pensil menjadi satu hingga membentuk suatu piramida. Lalu kita pilih dua kaki pensil kemudian ikatkan pensil keempat secara horizontal.

Buat Sendiri Penyangga Ponsel

Sumber Gambar : IDN Times/Sukma Shakti

Cara ketiga juga tidak kalah gampang. Kamu hanya memerlukan dua bahan yaitu kartu dan dua penjepit kertas. Langkah selanjutnya kamu hanya perlu menjepit dua kertas itu di masing-masing ujung kartu.

Kemudian letakkan smartphone-mu diatasnya. Kalau menurutmu masih kurang panjang, coba atur kembali jarak penjepit kertas atau kamu bisa mencari penjepit kertas dan kartu yang lebih besar. Simple bukan?

Menangani Kabel Terkelupas

Sumber Gambar : ReadyToFlyQuads

Kebanyakan kasus ini dialami para pemilik iPhone untuk masalah charger-nya. Yang harus kamu lakukan adalah mencari barang yang bernama heat shrink tube , lalu potong sesuai panjang ukuran kabel yang telah terkelupas.

Kamu bisa memotongnya lagi untuk membuka bagian dalam dan pasangkan ke bagian kabel yang terkelupas. Kemudian panaskan dengan hair dryer.

Agar tidak mudah mengelupas, kamu bisa melapisi kabel charger tersebut dengan benang wol, ini pun jika kamu mempunyai waktu sedikit luang dan tentunya jika tidak malas.

Menyimpan Kabel Dengan Rapi

Sumber Gambar : IDN Times/Sukma Shakti

Apakah kamu punya penjepit kertas tidak terpakai di rumah? Jika iya, selamat! Kamu bisa menggunakannya untuk menahan lilitan kabel.

Jika perlu, tulisi penjepit kertas tersebut dengan keterangan kabel yang akan ditahan, seperti kabel iPhone, kabel Xiaomi dan sebagainya.

Membuat Stand Kamera Smartphone

Sumber Gambar : IDN Times/Sukma Shakti

Kali ini kamu membutuhkan sebuah botol kecil yang cukup berat serta karet gelang yang kuat untuk menyangga berat smartphone-mu.

Lilitkan saja karet gelang ke smartphone dan botol. Gunakan cara ini untuk sementara waktu karena kekuatan karet gelangnya pasti akan menurun lama kelamaan.

Membuat Kabel Spiral

Sumber Gambar : IDN Times/Sukma Shakti

Kabel panjang memang sering sekali tidak sedap dipandang dan terkesan ribet. Nah, agar lebih ringkas jadikan kabel itu ke spiral.

Caranya lilitkan dahulu kabelmu ke spidol besar. Panaskan kabel dengan hair dryer, tapi jangan terlalu lama. Setelah itu lepaskan dari spidol.

Bagaimana? Cara-cara di atas ini lumayan menginspirasi kan? Daripada untuk membeli aksesori gadget, lebih baikΒ  kamu bisa menabung uangmu terlebih dahulu.

Tapi sebaiknya hal macam ini jangan digunakan terus-terusan ya. Untuk jangka waktu yang lama, cara ini malahan bisa merusak smartphone-mu. Jadi kalau sudah ada dana, segera beli aksesori tersebut.