5 Tripod Terbaik untuk Fotografer Mobile

s-l1000

Hidup di era digital seperti saat ini, memang membuat banyak orang tertarik menekuni dunia fotografi. Tidak hanya menjadi hobi, fotografi juga menjadi bagian dari pekerjaan.

Selain kamera, masih ada beberapa piranti lain yang patut kalian miliki apabila ingin menekuni dunia fotografi. Salah satu item yang patut dimiliki adalah tripod.

Tripod adalah item yang biasa digunakan fotografer, supaya kamera tetap stabil dalam posisi tegak lurus. Tripod bahkan bisa membantu mengambil gambar dengan lebih santai, serta mengurangi noise yang diakibatkan guncangan tangan.

Walau mempunyai bentuk sama, namun pada dasarnya tripod mempunyai jenis yang berbeda-beda. Dimulai dari segi tinggi, material, kapasitas, kapabilitas, dll.

Bagi fotografer mobile, alias fotografer yang menggunakan smartphone, maka tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa tripod berikut ini. Sebab hasil foto kalian akan menjadi lebih bagus dan tidak blur.

Berikut ini beberapa tripod yang patut dicoba bagi fotografer mobile.

Fotopro Tripod Flexible

Sumber Gambar : Shopee

Apabila tripod pada umumnya diletakkan dalam posisi berdiri, maka Fotopro Tripod Flexible ini telah mengubah persepsi tersebut.

Sebab tripod satu ini tidak hanya bisa diposisikan berdiri, namun juga dapat digantung dalam tempat-tempat tidak biasa.

Kaki tripod yang sangat fleksibel, memungkinkan tripod ini dapat digantung di pagar, tiang, atau bahkan di atas pohon.

Selain fleksibel, tripod ini juga bisa membantu kalian mengambil gambar dari angle berbeda. Dengan tinggi maksimal 27 cm, tripod ini sangat cocok untuk mengambil gambar macro melalui kamera smartphone.

Sementara itu, kaki tripod bisa diatur untuk memotret objek yang dekat. Keunggulan lain dari Fotopro Tripod Flexible ini adalah ringan dibawa kemana saja, sebab tripod ini mempunyai berat kurang dari 1 kg.

YUNTENG Tripod VCT-1688

Sumber Gambar : Shopee

Mencari tripod untuk selfie? Maka YUNTENG Tripod VCT-1688 solusinya. Tripod ini bisa kalian gunakan menjadi selfie stick, yaitu dengan cara mengatupkan ruas kaki.

Ada pula sebuah remote shutter yang kompatibel dengan smartphone, baik untuk iOS maupun Android versi 4.3 keatas.

Tripod ini mempunyai ketinggian maksimum mencapai 130 cm, dan bisa dilipat hingga menjadi ukuran 32 cm. Kapasitas beban yang dapat ditanggung tripod ini mencapai 5 kg.

YUNTENG Tripod VCT-1688 dibuat dengan material aluminium yang ringan namun kuat. Tripod ini sangat ringan, sehingga cocok bagi kalian yang suka pergi traveling.

Alloy Tripod Unipod 3 Legs Stand Base

Sumber Gambar : Shopee

Permasalahan yang biasa terjadi saat merekam video selama berjam-jam adalah rasa lelah. Namun jangan khawatir, karena Alloy Tripod Unipod 3 Legs Stand Base ini akan mengurangi beban tersebut.

Dengan tinggi maksimal yang dapat mencapai 166 cm, kalian tidak perlu terlalu membungkuk ketika sedang merekam maupun mengambil foto.

Kalian juga bisa menambahkan piranti seperti quick release, untuk mengganti posisi kamera dengan lebih cepat. Tripod ini dapat menopang beban maksimal 5 kg. Dengan begitu, kalian bisa bebas menggunakan kamera jenis apapun.

Biasanya mayoritas fotografer pernikahan akan menggunakan tripod jenis ini. Sebab kemampuannya dalam menjaga stabilitas pengambilan gambar, baik foto maupun video.

Manfrotto Tripod Compact Advanced

Sumber Gambar : Shopee

Berbeda dengan tripod lainnya, Manfrotto Tripod Compact Advanced bisa menopang beban kamera hingga 2x lipat.

Bebad tripod sebesar 1,4 kg ini, bisa menopang kamera dengan berat 3 kg. Rangka yang terbuat dari bahan aluminium ini membuatnya mudah dibawa kemana saja.

Tripod ini menggunakan jenis 3 way head, dengan 2 tuas handle yang ada di bagian kepala. Tuasnya bisa dilipat ketika tidak digunakan. Inilah yang membuatnya hemat ruang ketika disimpan.

Kaki tripod Manfrotto ini terdiri atas 5 tingkatan, yang bisa dikunci menggunakan sistem flip lock. Bagi kalian travel blogger/vlogger, maka tripod ini sangat kami rekomendasikan. Sebab Manfrotto Tripod Compact Advanced menawarkan kemudahan setting dan portability.

Weifeng Tripod Stainless 3110

Sumber Gambar : Shopee

Apakah kalian masuh baru dalam dunia fotografi? Jika iya, maka tripod Weifeng ini dapat membantu kalian. Harganya yang sangat terjangkau sangat cocok bagi fotografer pemula.

Tripod ini dapat membantu pemula mempelajari setting, tanpa harus mengeluarkan terlalu banyak dana. Waifeng Tripod Stainless 3110 bisa menahan beban sampai 7 kg.

Kerangka yang terbuat dari material aluminium memang sangat berkualitas. Tripod ini mempunyai tinggi maksimal 80 cm. Jadi kalian tetap butuh penyangga jika tidak ingin terlalu membungkuk saat mengambil gambar.

Ada komentar?