10 Tips Brawl Stars Dasar Yang Kamu Harus Tahu

tips brawl stars
Anom Penulis

Brawl Stars adalah game MOBA dari Supercell. Game 3v3 ini sedang menanjak kepopulerannya. Kalau kamu baru saja mulai main, ada beberapa tips Brawl Stars yang perlu kamu ketahui.

Brawl Stars memiliki beberapa mode permainan, punya banyak karakter brawler, punya beberapa reward, dan banyak fitur lain dalam permainannya. Jadi memang harus jeli.

1. Kenali kemampuan Brawler

Kamu akan mendapatkan Shelly sebagai brawler awal. Setelah itu kamu akan mendapatkan lebih banyak lagi seiring jalannya permainan. Bisa melalui trofi, Brawl Box, atau dari shop.

Tiap brawler punya kemampuan berbeda, baik health, serangan biasa maupun yang super. Kamu perlu mengenalinya untuk menyesuaikan gaya bermainmu dan mode permainan.

Selain itu, dengan tahu kemampuan brawler, kamu bisa memperkirakan gerakan temanmu. Sehingga kamu bisa menyesuaikan serangan pada saat yang tepat. Misalnya ketika teman mengaktifkan skill, sehingga kamu bisa memanfaatkan momen tersebut.

2. Gunakan Tembakan Yang Benar

Ada dua jenis serangan di Brawl Stars. Quickfire (bidik otomatis) dan manual. Harap ingat, amunisimu terbatas. Jadi gunakan kedua jenis serangan itu dengan benar. Ini merupakan tips Brawl Stars yang sangat mendasar.

Quickfire berguna untuk jarak dekat. Bidikan otomatis (auto aim) akan membantumu. Misalnya ketika kamu dikejar lawan. Tapi karena amunisi terbatas, kamu tidak terus menggunakan Quickfire.

Pada umumnya, tembakan manual lebih berguna. Apalagi kalau kamu sudah bisa memprediksi arah musuh (leading shot). Hit and run (maju mundur cantik… cantiiiik….) dengan menjaga jarak merupakan salah satu taktik efisien.

3. Perhatikan Momen Yang Tepat

Perhatikan kapan waktu yang tepat untuk mundur dan kapan waktu yang tepat untuk menggunakan serangan Super.

Brawl Stars memulihkan health dan amunisi brawler secara otomatis. Tapi prosesnya tidak berjalan cepat. Jadi jangan gegabah. Perhatikan indikator health dan amunisi. Pastikan kamu mundur di saat yang tepat. Apalagi kalau kamu membawa banyak permata (gem) saat main Gem Grab.

Begitu juga dengan serangan Super. Jangan asal serang ketika serangan itu tersedia. Memakai serangan Super di saat yang tepat bisa menentukan kemenangan. Terutama kalau punya teman satu tim yang kompak.

4. Manfaatkan Semak dan Tembok

Di wilayah battle terdapat semak-semak. Nah, kamu bisa memanfaatkannya untuk bersembunyi. Musuh tidak bisa melihat keberadaanmu. Kecuali saat ada serangan ke tempat itu, kamu menyerang (kelihatan dari serangan kan?), atau bertemu dengan musuh di semak yang sama (hayoooo… lagi ngapain?!?).

Semak yang luas bisa membuatmu leluasa bergerak. Ini akan membuat musuh lebih sulit mendeteksi. Apalagi kalau kamu memakai brawler seperti Barley atau Dinamyke.

5. Jangan Buru-buru Menaikkan Power Level Brawler

Kalau kamu sudah mengenal kemampuan tiap brawler, lebih baik latih cara bermain yang tepat. Dengan mempertahankan di level rendah, kemungkinan besar kamu akan bertemu lawan yang sepadan. Semakin kamu jago, semakin besar kemungkinan menang.

Memang, ketika jumlah trofi meningkat, kamu bisa bertemu lawan dengan level lebih tinggi. Tapi karena kamu bermain dengan level rendah, saat kalah pun akan terasa wajar. Naikkan level secara perlahan sambil mengumpulkan koin untuk memilih brawler mana yang jadi andalanmu dan cocok untuk di-upgrade.

6. Main Lagi Kalau Tim Cocok

Kalau kamu bermain dengan random player, kemungkinan besar kamu sering kalah karena gaya atau strategi bermain yang berbeda. Namun biasanya kamu akan bertemu player yang cocok dan bisa menang dengan efisien.

Setelah battle selesai, tunggu dan lihat apakah mereka ingin bermain lagi atau tidak. Kalau mau, ikuti dan main lagi. Begitu terus sampai bosan atau kalah. Dengan begitu kamu tidak menyia-nyiakan kesempatan menang.

7. Pilih Pilih Event Permainan yang Sesuai

Brawl Stars akan menghadirkan atau mengganti Event atau mode permainan di saat-saat tertentu. Tapi tidak semuanya harus kamu mainkan kok. Pilih saja yang kamu tahu kamu jago memainkannya.

Memang tiap Event baru akan memberi token khusus. Ya bolehlah main beberapa kali sampai mendapatkannya. Tapi kalau kamu tidak jago main di Event itu, ya jangan dipaksa. Memainkan Event yang kamu kuasai tentu akan meningkatkan kemungkinan menang.

8. Gunakan Token Doubler dan Tiket Secara Tepat

Kedua hal itu memang sangat membantu dalam mendapat token. Menurut saya, salah satu momen terbaik memakai keduanya adalah di Robo Rumble. Dengan pilihan brawler yang tepat (saya biasa pakai Jessie dan memakai 5 tiket), mencapai waktu bertahan yang lama bisa lebih mudah. Pada akhirnya mendapat token lebih banyak.

Jadi, lihat ketersediaan Token Doubler di Shop dan ada Event apa. Kalau kamu mendapat Token Doubler sebagai bonus, memang tidak bisa mengatur pemakaian. Tapi dengan mengenali Event yang pas (kamu yakin bisa mendapat banyak token), pemakaian Token Doubler akan lebih efisien.

9. Berhenti Bermain Ketika Mulai Sering Kalah

Kalau kamu kalah beberapa kali, mungkin sudah waktunya istirahat. Walau kamu ingin mengembalikan trofi yang berkurang, kalau kamu langsung main membabi buta, kemungkinan besar tidak akan berguna. Mungkin tips Brawl Stars ini terdengar aneh. Tapi pepatah mengatakan “Revenge is a dish best served cold“.

    %d blogger menyukai ini: