4 Tips Browser Google Chrome Android Agar Pemakaian Lebih Mudah

google chrome android

Google Chrome merupakan browser paling populer di dunia. Tentunya termasuk juga di smartphone Android. Nah, kali ini kami mau memberikan beberapa tips memakai browser Chrome di smartphone Android. Siapa tahu kamu belum tahu.

Memakai aplikasi di smartphone jelas berbeda dengan di komputer. Chrome pun begitu. Pemakaian yang berbasis sentuhan jari jelas tidak memungkinkan semua fitur hadir sekaligus.

Tips Chrome di Android

Kalau kamu lihat, tampilan browser Chrome di Android pun relatif sederhana (walau saya lebih suka Firefox baru). Jadi memang ada trik tersembunyi dalam memakai Chrome di Android.

Yuk kita lihat.

Tambah & Tutup Tab

Cara standar adalah dengan tekan tombol tab (yang ada angkanya) dan tekan tombol tambah (+) atau tombol hapus (x). Kamu bisa menambah atau menutup tab Chrome di Android dengan lebih cepat dengan tekan dan tahan tombol tab itu.

Akan muncul menu secara pop-up dengan pilihan menutup, menambah, atau membuka tab incognito.

tambah tab baru di chrome android

Pindah Tab dengan Geser

Cara standar untuk mengganti atau berpindah tab adalah dengan tekan tombol tab lalu memilih tab yang terbuka. Kamu bisa berpindah tab di Chrome Android lebih cepat dengan menggeser ke kanan/kiri di bagian kotak alamat di bagian atas.


Mencari Kata dengan Cepat

Ada kalanya kamu ingin segera mencari informasi dengan cepat. Kamu bisa melakukannya dengan fitur ‘Find in page’ atau ‘Cari di halaman’. Klik tombol menu (โ‹ฎ), lalu pilih ‘Cari di halaman’, dan ketikkan kata yang ingin kamu cari.

Chrome akan menunjukkan hasil pencarian. Kamu bisa menelusuri tiap kata yang ada dengan tombol panah di atas, atau menggeser dari bagian samping (perhatikan garis-garis yang menunjukkan hasil pencarian).

cari di google chrome android

Terjemahkan Laman

Kalau kamu membuka laman situs berbahasa asing dan ingin memahaminya, kamu bisa memanfaatkan fitur terjemahan dari Google Translate di Chrome Android. Di laman tersebut, tekan tombol menu (โ‹ฎ), lalu pilih ‘Terjemahkan….’

Kamu bisa mengatur pilihan bahasa, termasuk apakah akan selalu menerjemahkan bahasa asing ke bahasa pilihanmu (misal Bahasa Indonesia) dengan tekan tombol menu (โ‹ฎ) di bilah alat terjemahan.

terjemahan di chrome android
%d blogger menyukai ini: