Penting! Begini Tips dan Cara Gampang Klaim Kartu Garansi Laptop

Gimana sih cara klaim kartu garansi laptop? Kamu bisa baca tutorial ini buat tahu gimana caranya dan apa saja yang perlu kamu siapkan.

Saat membeli laptop? Kira-kira apa sih yang kamu harapkan selain desain dan fiturnya? Tentu saja layanan garansi yang ditawarkan dong.

Ya. Setiap pembelian laptop secara resmi, kamu pasti akan mendapat layanan garansi (ada yang satu atau dua tahun tergantung brand-nya). Dengan adanya layanan garansi, semua kerusakan yang terjadi pada laptopmu bakal ditanggung oleh brand (asalkan kerusakan karena faktor internal, dan masa garansi masih berlaku).

Biasanya setiap habis beli laptop, kamu bakal dikasih wejangan terakhir oleh kasir penjual laptop yang kira-kira bakal seperti ini, “Nota dan kartu garansi tolong disimpan ya kak, jangan sampai hilang atau dibuang.

Nah, sekarang masalahnya, gimana cara klaim kartu garansi laptop? Apa syaratnya? Lalu apa saja hal yang perlu disiapkan sebelum mengklaim garansi?

Tenang, kali ini saya bakal mengupas tuntas cara klaim kartu garansi laptop. Biar nggak bingung, yuk langsung saja baca tipsnya berikut ini.

Contoh Layanan Garansi ASUS Perfect Warranty

Pengertian dan Berbagai Jenis Garansi

Sebelum saya bahas soal cara klaim garansi, mungkin ada beberapa dari kamu yang masih bingung soal pengertian garansi.

Jadi garansi adalah jaminan terhadap kualitas laptop. Layanan ini sangat berguna jika sewaktu-waktu laptopmu bermasalah. Setiap kali kamu membeli laptop dari toko resmi, kamu pasti akan mendapatkan layanan garansi.

Untuk jenisnya, sebenarnya jenis garansi ada berbagai macam. Semuanya tergantung brand laptopmu dan tempatmu membeli laptop. Tapi pada umumnya, garansi ada tiga yakni:

  • Garansi Umum: Bakal meng-cover cacat fisik/kerusakan internal bawaan dari laptop. Untuk mengklaimnya, kamu perlu datang ke Service Center.
  • Premium Care: Bakal meng-cover cacat fisik/kerusakan internal bawaan dari laptop (kalau di Acer nama layanannya adalah Acer Super Care Extended Warranty). Cara klaimnya, kamu nggak perlu datang ke Service Center. Sebab bakal ada teknisi yang datang ke rumahmu.
  • Accidental: Layanan ini bakal meng-cover kerusakan laptop akibat kelalaian pengguna (kalau di ASUS, layanan ini namanya ASUS Perfect Warranty). Tapi untuk mengklaimnya, kamu perlu datang langsung ke Service Center.

Oya perlu kamu tahu, nggak semua merk dan tipe laptop dibekali Premium Care dan Accidental Damage Protection ya. Biasanya yang dibekali layanan eksklusif tersebut hanyalah laptop-laptop kelas premium.

Apa Saja yang Masuk Dalam Garansi?

Biasanya yang bisa ditanggung oleh layanan garansi adalah kerusakan pada firmware alias cacat fisik pada laptop. Contohnya pinggiran layar menjadi terang atau gelap (dead pixel), suara speaker nggak jernih, kamera nggak berfungsi, touch-screen nggak merespon, atau perangkat mati total.

Semua masalah di atas bisa kamu gunakan untuk mengklaim garansi. Tapi ingat ya, kamu hanya bisa mengklaim garansi asal masih dalam jangka waktu yang diberikan.

Syarat Utama

  • Perangkat dengan garansi resmi.
  • Kerusakan nggak terjadi karena kelalaian pengguna (misalnya nggak sengaja jatuh, terbentur, dll).
  • Perangkat belum pernah dibuka (masih tersegel).
  • Masih dalam masa garansi.
  • Struk pembelian dan kartu garansi masih ada.

Apa yang Perlu Disiapkan untuk Klaim Garansi?

Ada 3 hal penting yang perlu kamu siapkan untuk klaim garansi. Mereka bertiga adalah laptop, nota pembelian dan kartu garansi.

Jangan lupa saat mau mengklaim garansi, bawa juga kardus dan charger laptop. Walau mereka nggak harus dibawa ke Service Center, tapi setidaknya jangan sampai dibuang atau rusak. Siapa tahu bisa ter-cover garansi dan bakal diganti baru.

Kalau semuanya sudah kamu siapkan, sekarang kamu bisa capcus untuk mengklaim garansi laptopmu. Selamat mencoba!

%d blogger menyukai ini: