Berbagai Tips dan Trik Facebook Messenger Yang Kamu Harus Tahu

Facebook Messenger adalah aplikasi dengan pengguna aktif terbesar kedua setelah WhatsApp. Kalau kamu memakainya, di sini ada beberapa tips dan trik Facebook Messenger yang berguna.

Bagi sebagian orang, WhatsApp menjadi pilihan karena berbasis pada kontak yang ada di dalam buku telepon. Sedangkan, Facebook Messenger menjadi alternatif lain ketika ingin tetap berhubungan dengan orang yang berada di luar itu.

Nah, langsung saja, berikut ini tips Messenger yang paling praktis.

Balas, Salin, Forward Pesan di Messenger

Yang satu ini sangat mudah. Untuk membalas, menyalin (copy), meneruskan (forward), menghapus, atau memberi reaksi pada pesan di Messenger, kamu cukup tekan dan tahan pesan bersangkutan agak lama sampai keluar pilihan tersebut.

Matikan Semua atau Nyalakan Pemberitahuan Obrolan Tertentu

Kita semua butuh istirahat. Jika kalian sedang lelah dan merasa tidak ingin diganggu oleh beberapa hal, mungkin tips ini sangat berguna buat kalian.

Caranya cukup mudah, keluar dari aplikasi Messenger, buka “setting”, pilih “notifications” dan cari “messenger” dari daftar. Geser ke kiri pada layar utama dan pilih “mute”, lalu pilih durasi yang kalian inginkan untuk mematikan obrolan tertentu.

Sekarang kalian bisa mengatur hal-hal yang berhubungan dengan pemberitahuan sesuai yang kalian suka.

Mute Story dan Memulihkannya

Untuk membisukan (mute) Story seseorang, kamu bisa tekan dan tahan gambar profil bersangkutan di deretan Story, lalu tekan tombol Mute yang muncul. Untuk memulihkan Story seseorang yang kamu mute, kamu bisa tekan gambar profilmu, geser layar ke bawah dan tekan pilihan Story. Di sana kamu akan melihat pilihan Story yang kamu mute. Tekan tombol ‘minus’ di sebelah kiri, lalu tekan tombol ‘unmute‘.

Blokir Seseorang

Untuk memblokir seseorang, buka percakapan dan tap nama mereka. Gulir ke bawah pada layar berikutnya dan pilih “Block”. Pada halaman ini kalian dapat memblokir seseorang dari Messenger atau langsung di Facebook.

Simbol “Like” Besar

Berikut ini adalah tips yang menarik. Tekan dan tahan tombol “like” untuk melihatnya bergerak, besuara, berubah ukuran dan dapat menjadi seperti balon karena terus kalian tekan dan tahan. Tapi kalian dapat mengirimkan simbol “like” yang besar jika melepaskan jari pada saat yang tepat. Menarik bukan?

Sesuaikan Warna Background Percakapan, Emoji dan Beri Teman Nickname

Selain simbol “like”, ada cara mengganti emoji default pada percakapan tertentu. Tekan nama orang di bagian atas dan pilih “emoji”. Pada layar yang sama, pilih “color” untuk mengganti warna tampilan percakapan.

Selain itu, kalian dapat memberikan julukan pada teman-teman. Cukup tekan “nickname” di layar yang sama dan ubahlah sesuai keinginan kalian.

Mengirimkan foto dan Media lainnya Tanpa Meninggalkan Percakapan

Ingin mengirimkan foto ke teman saat dalam percakapan? caranya sangat mudah, kalian hanya perlu menekan tombol kamera di atas keyboard, lalu ambil gambar dan kirimkan.

Cara ini juga bekerja untuk mengirim beberapa foto dari galeri. Pertama, pilih tombol “media” dan pilih satu gambar. Tekan ikon “grid” yang berada di pojok kiri bawah. Terakhir, di layar berikutnya pilih semua foto yang kalian inginkan, kemudian kirim.

Membuat Grup

Membuat grup cukup mudah. Buka tab grup dan pilih tombol “+” di pojok kanan atas, lalu pilih kontak yang ingin kalian masukkan ke dalam grup tersebut, beri nama bahkan gambar dan pilih “create”.

Sembunyikan Pemberitahuan dari Informasi Pribadi

Jika kalian ingin menyembunyikan teks dari pemberitahuan Messenger caranya mudah. Buka “setting”, pilih “notifications”, lalu matikan opsi “show previews”.

Kirimkan Uang ke Teman Kalian

Jika kalian memiliki kartu yang terhubung dengan Messenger, kalian dapat mengirimkan uang ke teman kalian dengan mudah. Jika kalian berada di wilayah yang mendukung, simbol “dollars” akan muncul di toolbar, pilih dan masukan nominalnya lalu kirimkan.

Bagikan Lokasi

Kalian bisa membagikan lokasimu atau lokasi di dekat kalian dengan menekan simbol “location” pada toolbar, lalu gambar peta tempat kalian berada dapat terlihat pada layar, tinggal bagikan dan selesai.

Gunakan Aplikasi Facebook Messenger

Saat membuka percakapan kalian akan melihat simbol “tiga titik” tepat di sebelah tombol kirim. Kalian akan melihat daftar aplikasi yang terintegrasi dengan Facebook Messenger. Untuk membuat gif, video, dan hal menarik lainnya, tentu saja kalian harus mendownload terlebih dahulu agar dapat digunakan. Tapi begitu terunduh, aplikasi ini berintegrasi mulus dengan Messenger.

Buat Panggilan Suara Personal dan Grup

Percakapan menjadi lebih mudah dengan panggilan suara dan video call. Caranya sangat mudah, buka layar obrolan dan pilih simbol “telepon” untuk membuat panggilan suara atau simbol “video” untuk video call. Cara ini juga berlaku sama untuk obrolan grup.

Gunakan Facebook Messenger Tanpa Mendaftar Facebook

Kalian dapat menggunakan Facebook Messenger tanpa harus mendaftarkan diri ke Facebook. Caranya, setelah aplikasi Facebook Messenger terbuka, kalian dapat menekan tulisan “not in facebook” dan login dengan nomor telepon milik kalian.

Bermain Game Rahasia

Salah satu cara agar kalian dapat menghilangkan kebosanan saat ngobrol adalah bermain game. Beberapa game tersedia di dalam Facebook Messenger, misalnya kalian dapat bermain bola basket dengan menekan emoji bola basket dalam obrolan atau bermain catur dengan mengetik @fbchess.

Nah, di atas adalah beberapa tips dan trik menggunakan Messenger yang bisa kalian coba. Jika kalian memiliki tips dan trik lain, jangan ragu untuk berbagi dengan kami melalui kolom komentar.

%d blogger menyukai ini: