6 Tips Instagram Untuk Travelling

instagram travel
travelwithjane.com

Instagram sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat era modern seperti sekarang ini. Semakin banyak orang yang membagikan foto-foto, lengkap dengan cerita mereka dalam caption. Kita bisa lho memanfaatkan Instagram untuk panduan wisata, berhubung tidak sedikit pula pengguna yang membagikan foto-foto perjalanan mereka di Instagram.

Berikut ini merupakan beberapa cara menggunakan Instagram sebagai panduan wisata :

Manfaatkan Hashtag

Kebingungan memulai dari mana menggunakan Instagram sebagai panduan wisata? Kalian bisa mengawalinya dengan mengetik jenis wisata seperti apa yang diminati, atau lokasi mana yang kalian inginkan dalam kolom pencarian hashtag.

Hashtag atau tanda tagar berfungsi mengelompokkan foto-foto yang di-upload oleh pengguna Instagram dari berbagai belahan dunia dalam topik-topik atau tema tertentu.

Contohnya, jika kalian ingin berlibur ke pantai bisa ketik #beach atau #pantai. Jika ingin berlibur ke suatu lokasi tertentu tinggal ketik nama lokasi tujuanmu seperti #Bali. Padukan dengan kata-kata kunci lain untuk mendapatkan informasi yang lebih spesifik seperti #PantaiBali #kulinerBali #homestaymurahBali.

Beberapa hashtag  ini merupakan hashtag populer yang biasa digunakan pengguna Instagram ketika berwisata #weekend #holiday #beach #travelling.

BACA JUGA
Hashtag Instagram Populer untuk Fotografer

Cermati Tag Lokasi dalam Foto

Ketika sebuah foto di-upload, tepat di bawah nama akun terdapat lokasi di mana foto tersebut diambil. Ketika tag lokasi diklik maka akan muncul foto-foto pengguna Instagram lain yang juga membubuhkan tag lokasi serupa dalam fotonya.

Memanfaatkan tag lokasi ini sebagai panduan wisata, kalian bisa menilai keindahan suatu tempat dari berbagai sudut pandang yang di-upload oleh para pengguna Instagram.

Dapatkan pula lebih banyak informasi dari caption yang disertakan.

BACA JUGA
5 Tempat yang Instagram-able

Follow Akun Dinas Pariwisata Setempat

Melihat perkembangan dunia media sosial yang begitu pesat, berbagai kantor pemerintahan memanfaatkannya untuk menjalin komunikasi dengan masyarakat. Selain itu, pemerintah juga mulai merambah dunia media sosial untuk media promosi, salah satunya Instagram.

Hampir setiap Dinas Pariwisata di berbagai daerah kini memiliki akun instagram untuk mempromosikan dan mengembangkan daerah wisatanya. Informasi yang didapat dari akun-akun seperti ini lebih informatif, dan valid sehingga lebih dapat dipercaya.

Follow akun traveller

Kini akun-akun Instagram para traveller, seperti travel blogger, maupun travell vloger begitu banyak bertebaran. Kalian bisa follow dan scrolling Instagram mereka untuk tahu cerita mereka ketika melalukan perjalanan. Tidak lupa kunjungi blog maupun channel Youtube mereka untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan mendetail.

Jalin Komunikasi

Tidak perlu malu untuk bertanya hal-hal yang belum jelas kepada pemilik akun. Manfaatkan kolom komentar maupun Dirrect Message (DM). Tentunya bertanyalah dengan bahasa yang sopan dan jelas. Dapatkan tips dan trik, rekomendasi tempat makan, tempat menginap, hingga budaya atau kebiasaan warga setempat. Selain dapat menjadi panduan ketika kalian berwisata, hal ini bisa memperluas jaringan pertemanan.

Simpan Informasi Penting

Ketika mendapat informasi yang penting di Instagram, jangan lupa untuk menyimpannya. Caranya? Klik save to collection  di bagian bawah foto. Fasilitas save yang disediakan Instagram ini sangat memudahkan kalian jika sewaktu-waktu membutuhkan informasi terkait.

Silahkan dicoba, siapa tahu lokasi informasi yang muncul di Instagram bisa menjadi referensi wisatamu selanjutnya. Menggunakan Instagram sebagai panduan wisata merupakan salah satu cara menggunakan media sosial dengan bijak.

Selamat berwisata!

 

Ada komentar?