7 Tips Jualan di Instagram Agar Laku Keras

jualan instagram

Instagram bukan hanya media sosial untuk memamerkan foto-foto perjalanan ataupun makanan. Instagram sudah menjadi tool bisnis untuk menjual produk. Namun menjual produk di Instagram membutuhkan tips agar daganganmu bisa laku keras.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini dan buat barang daganganmu di Instagram laris manis.

Foto produk yang menjual

Kalian berjualan melalui foto di Instagram, buatlah foto daganganmu yang menarik dan jelas. Jelas dalam artian tampilkan barang dagangmu dari berbagi sisi.

Jika kalian menjual pakaian atau barang yang bisa dikenakan di badan, usahakan menggunakan bantuan model. Hal ini akan sangat membantu bagi calon pembeli. Mereka tidak bisa melihat barangnya secara langsung, dengan bantuan model yang mengenakan barang tersebut, konsumen dapat membayangkan bentuk, dan ukuran sebelum membeli.

Caption yang jelas

Dalam berjualan menggunakan media sosial, caption adalah hal yang sangat penting setelah foto produk. Caption membantu pembeli lebih memahami barang yang dijual. Berilah caption seinformatif mungkin. Jika perlu sebutkan ukuran, harga, bahan, kelebihan produk, serta stok yang tersedia. Tidak lupa cantumkan cara pemesanan.

Bubuhkan hashtag

Hashtag atau tanda tagar (#) berfungsi mengelompokkan postigan gambar di gambar dalam satu topik yang sesuai.

Dengan membubuhkan banyak hashtag di bagian caption posting-an Instagrammu sama halnya memasukkan foto produkmu dalam banyak kelompok. Memberi hashtag sangat membantu dalam meraih lebih banyak pengunjung Instagram.

Meski harus membubuhkan banyak hashtag , bukan berarti kemudian asal segala hashtag di masukkan. Tetap gunakan hashtag yang sesuai dengan produk yang kalian jual.

Attach ke media sosial lain

Maksimalkan fasilitas yang disediakan Instagram dengan attach setiap postinganmu ke media sosial lain seperti Twitter, Facebook, Tumblr, dll. Jika sudah memiliki website tulis alamat website toko online-mu dalam bio Instagram. Selalu ajak followers-mu untuk kunjungi website tersebut.

Konsitensi

Ini nih yang kadang diabaikan ketika berjualan online di Instagram, konsistensi meng-upload foto.

Supaya followers Instagram tidak bosan, jangan terlalu sering megupload foto. Terlalu sering meng-upload selaiin menimbulkan kebosanan juga mengakibatkan kebingungan followers.

Di sisi lain, jangan terlalu jarang meng-upload karena akan sulit mendapat perhatian dari followers. Setidaknya, satu hari cukup satu kali.

Untuk mengatasi hal ini, buatlah schedule mengupload instagram. Dalam menyusun schedule, meliputi konsep foto, caption, dan waktu upload yang pas.

Rapikan feed Instagram

Buat calon pembeli tertarik dengan Instagram-mu. Buat mereka tidak henti-hentinya scrolling ke bawah dan melihat barang-barang yang kamu jual.  First impression itu penting, sehingga susun feed instagrammu semenarik mungkin.

Maksimalkan fitur Instastory

Tidak kalah penting, manfaatkan Instagram storiesmu untuk mempromosikan barang jualanmu.

Dalam Instagram Stories kita dapat mempromosikan produk kita dengan cara yang lebih menarik. Tidak hanya foto biasa, bisa juga dengan boomerang, maupun video.

Mempromosikan barang  melalui video terbukti lebih efektif lho. Menurut riset, sebsar 64% konsumen akan membeli secara online setelah melihat video produk.

Di atas adalah tujuh langkah simpel dan sederhana untuk berjualan secara online.

Selamat mencoba!

Ada komentar?