Tips Main “Pokemon Unite” Untuk Pemula

pokemon unite

Yah, ada banyak artikel membahas tips main “Pokemon Unite.” Tapi ijinkan kami membahasnya, karena siapa tahu, tips ini berbeda dan bisa memberi tambahan wawasan.

Sebelum masuk ke tips, ada beberapa hal yang harus kamu ingat dan pahami. Karena sebagai sebuah game MOBA, “Pokemon Unite” punya mekanisme permainan berbeda dengan yang lain.

Perbedaan Dengan Game MOBA Lain

Memang ada beberapa komponen yang mirip dengan game MOBA lain. Misalnya seperti role pada karakter dan Pokemon liar yang muncul di saat tertentu dan bisa memberi keuntungan khusus. Tapi “Pokemon Unite” punya beberapa hal yang unik.

Game ini memakai sistem poin dari mencetak gol di pos musuh, daripada menyerang menara (turret). Jadi kamu akan bertahan, menyerang, menghindar, dll demi mencetak gol sebanyak mungkin.

remoat stadium pokemon unite

Perbedaan lain terletak di items. Di game MOBA lain, items bisa kamu beli selama pertandingan dengan koin dari mengalahkan minion atau monster. Sedangkan di “Pokemon Unite,” ada ‘held items’ dan ‘battle items’ yang sudah kamu pilih sebelum pertandingan mulai.


Tips “Pokemon Unite”

Ada baiknya kamu coba main di Standard Match sebelum masuk ke Ranked Match dengan berbagai jenis Pokemon. Ini bisa memberi gambaran seperti apa gaya bermain yang kamu suka dan yang kamu jago.

Nah, inilah beberapa tips yang mungkin bisa membantumu dalam pertandingan.

1. Kenali Skill Pokemon

Walau tiap Pokemon punya role berbeda, di game ini fungsinya bisa sedikit kabur alias blur. Jadi, kenali skill tiap Pokemon baik-baik. Karena siapa tahu kamu bisa mengembangkan gaya bermain dan jadi jago.

Misalnya kalau kamu pakai Crustle, kamu bisa main sebagai defender murni, atau memanfaatkan skill bergerak cepat untuk farming lalu menyergap atau mencolong gol (sedikit agak seperti speedster).

skill pokemon unite

Lalu, mengenali skill tiap Pokemon juga akan mempersiapkan kamu main dengan role berbeda. Karena siapa tahu Pokemon andalanmu dipakai pemain lain. Terutama kalau kamu main solo.

2. Pilih ‘Items’ Yang Sesuai

Kamu bisa memakai 3 held items dan 1 battle item pada tiap Pokemon. Kenali dan perhatikan detil buff tiap item, lalu manfaatkan untuk mendorong gaya dan strategi bermainmu.

Sekali lagi, misalnya kamu mau main sebagai defender murni (artinya menjaga agar rekan satu tim bisa menyerang atau mencetak gol dengan leluasa), tentu kamu bisa memilih item yang menambah HP dan pertahanan.

set held items pokemon unite

Mengenali held items mana yang paling berguna untukmu juga akan bermanfaat untuk melakukan upgrade. Upgrade held items bisa jadi mahal di atas level 25. Jadi prioritaskan held items yang paling sering kamu pakai.

Begitu juga dengan battle item. Pilih yang sesuai dengan Pokemon dan gaya bermain. Contohnya, kalau kamu mau main cepat dan selamat, ‘Eject Button’ bisa berguna. Sedangkan kalau kamu mau jadi benteng buat rekan-rekanmu, ‘Potion’ bisa bermanfaat.

3. Atur Fungsi Tombol Serang

Sama seperti game MOBA lain, kamu bisa mengatur fungsi tombol serangan. Misalnya kamu bisa memisah jadi dua tombol, yang satu untuk Pokemon liar, yang satu lagi untuk musuh. Lalu kamu juga bisa menentukan prioritas arah serangan.

Kalau kamu lupa mengatur atau ingin menggantinya, jangan kuatir. Kamu bisa mengganti fungsi kontrol ini di tengah pertandingan dengan menekan tombol ‘Setting’ di sebelah kanan atas.

4. Farming Yang Penting

Ada berbagai Pokemon liar yang muncul secara berkala di dalam arena. Baik yang “receh” maupun yang “khusus” seperti Rotom dan Dreadnaw, juga Zapdos (yang mampu membalik situasi pertandingan).

Farming Pokemon liar sangat penting, karena selain bisa mendapat poin, juga bisa menambah Exp. Points Pokemon. Nah, perhatikan. Aduino dan Vespiquen beserta rombongan Combee bisa memberi Exp. Points dan Aeos Energy lebih banyak dari Aipom dan Corpish.

Begitupun Ludicolo dan Boufalant yang spawn di area tengah. Selain memberi Exp.Points dan Aeos Energy lebih, mereka juga memberi buff.

Kenapa farming Pokemon liar ini penting? Karena kalau kamu bisa mengalahkannya lebih cepat dari pihak musuh, selain kamu mendapat poin, Exp. Points, dan Aeos Energy, kamu juga mencegah musuh berkembang.

5. Jangan Lupa Cetak Gol

Ingat, ini bukan “Mobile Legends” atau MOBA sejenis. Salah satu tips “Pokemon Unite” paling penting adalah usahakan mencetak gol.

Apalagi ketika kamu sudah membawa poin banyak. Kalau kamu sudah farming dan dapat poin banyak lalu nekat menyerang musuh dan kalah, yah… sebagian poinmu bisa jatuh ke tangan musuh.

cetak gol di pokemon unite

Harap diingat juga, proses mencetak gol dengan poin tidak banyak (misalnya 12) lebih cepat daripada dengan poin banyak (misalnya 50). Perhatikan momen yang tepat. Kadang mencetak 5 poin 10 kali bisa lebih berguna daripada menenteng 50 poin tapi susah mencetak gol.

Jangan lupa minta bantuan pada rekan satu tim atau bantu mereka yang membawa poin banyak (terutama kalau kamu tidak membawa poin). Mencetak gol berdua atau rombongan bisa lebih cepat dan lebih aman.

6. Perhatikan Peta

Ini adalah tips abadi buat game MOBA. PERHATIKAN PETA! Kalau di “Pokemon Unite,” dengan melihat peta kamu bisa tahu mana teman yang butuh bantuan, mana musuh yang bawa poin banyak dan bisa diserang (ganking), di mana pertempuran berlangsung, dan mana pos yang mungkin bisa kamu bikin gol.

Kalau mini map di “Pokemon Unite” terlalu kecil, kamu bisa sedikit membuatnya lebih besar dengan klik tombol di bagian kanan bawah peta.

7. Manfaatkan Buah Sitrus dan Salak (Citrus & Salac Berry)

Kamu bisa menemukan 2 buah sitrus berwarna kuning di dekat pos terdepan milikmu dan 2 buah salak di area tengah dekat lokasi Zapdos. Buah sitrus ini bisa membantumu memulihkan HP, sedangkan buah salak bisa membantumu bergerak lebih cepat.

citrus berry pokemon unite
salac berry pokemon unite

8. Manfaatkan Teleportasi dan Papan Loncat

Seperti di game MOBA lain, kamu bisa melakukan teleportasi untuk kembali ke markas. Ini berguna kalau kamu punya HP rendah. Kembali ke markas bisa membuat HP lebih cepat utuh daripada ke pos terdekat dan menunggu sampai HP penuh.

papan loncat pokemon unite

Begitu juga dengan papan loncat yang akan muncul di dekat markas. Kamu bisa melihat peta dan mengetahui jalur mana yang butuh bantuan atau lowong (kalau kamu mau curi gol), kemudian melompat dengan cepat ke sana. Menggunakan papan loncat lebih cepat daripada berjalan.

9. Serang Dreadnaw, Rotom, dan Zapdos

Seperti kamu ketahui, ada Pokemon liar khusus di game ini. Pokemon itu adalah Dreadnaw, Rotom, dan Zapos. Salah satu tips “Pokemon Unite” yang populer adalah usahakan mengalahkan ketiganya.

Dreadnaw akan muncul di jalur bawah (mulai di hitung mundur 07:00). Kalau kamu mengalahkannya, ia akan memberi perisai dan bonus Exp. Points untuk seluruh anggota tim. Ini penting untuk perkembangan pertandingan.

rotom pokemon unite
dreadnaw pokemon unite

Rotom akan muncul di jalur atas (mulai di hitung mundur 07:00). Kalau kamu mengalahkannya, ia akan membantumu menyerang pos musuh terdekat dan kalau sampai di sana, kamu bisa langsung cetak gol (pos musuh tak punya pertahanan alias tak ada proses gol).

Rotom dan Dreadnaw akan muncul terakhir kali sebelum 2 menit terakhir. Pada hitung mundur 02:00, keduanya akan hilang dan Zapdos akan muncul. Kalau kamu bisa mengalahkan Dreadnaw dengan cepat, tentu kamu bisa menghadapi Zapdos dan tim musuh berbekal perisai.

Ketika kamu mengalahkan Zapdos, selain mendapat poin besar, kamu juga bisa mencetak gol secara instan (tanpa proses). Pos musuh akan terbuka tanpa pertahanan selama 30 detik.

Sebaliknya, kalau musuh sudah mengalahkan Zapdos terlebih dulu, usahakan untuk mengalahkan mereka sebelum sampai di posmu yang paling dekat. Dengan kata lain, cegah mereka cetak gol.


Memang dalam review “Pokemon Unite” saya menyebutkan kalau game ini masih punya banyak hal yang mengecewakan. Namun, kalau untuk sekedar bermain, masih cukup menyenangkan kok.

Jadi, itulah beberapa tips “Pokemon Unite” dari kami. Mungkin kamu menemukan ada beberapa tips yang sama dengan lainnya. Artinya memang itu penting. Tapi yang tidak kalah penting adalah rajin berlatih di Standard Match. Terutama kalau kamu punya teman untuk main dalam satu tim.

Kalau ingin tips detil, situs resmi Pokemon menyediakan panduannya (dalam bahasa Inggris). Selamat bermain.

%d blogger menyukai ini: