Tips Melihat Riwayat Notifikasi di Ponsel Android

melihat notifikasi android
Indri Penulis

Apa kamu pernah ingin mencari notifikasi yang tidak sengaja terhapus? Jangan kuatir, kali ini kami memberikan tips cara melihat riwayat notifikasi di ponsel Android.

Ada kalanya notifikasi dari berbagai aplikasi datang bertubi-tubi. Secara refleks, kamu bisa langsung menghapus semuanya tanpa melihat apa saja notifikasi itu.

Namun kemudian kamu sadar kalau mungkin saja ada notifikasi penting di sana. Lalu bagaimana cara mengecek semua notifikasi itu tadi?

Lewat Ponsel Langsung

Sekarang ponsel modern sudah mendukung fitur bawaan untuk melihat riwayat notifikasi. Kalau ponselmu sudah punya fitur ini, kamu beruntung karena nggak perlu bantuan aplikasi pihak ketiga. Kali ini saya akan bagikan tips melihat riwayat notifikasi di beberapa merek ponsel.

Samsung One UI 4 / 4.1

Tutorial pertama ini, saya menggunakan ponsel Samsung Galaxy A51 dengan One UI 4.1 berbasis Android 12. Jadi kalau misalnya kamu pakai ponsel Android merek lain, mungkin akan ada beberapa perbedaan seperti nama dan letak perintah.

  • Di ponsel Samsung Galaxy-mu, swap layar ke bawah dan klik ikon roda gigi / Pengaturan.
  • Selanjutnya klik menu “Notifikasi.”
  • Kalau sudah, sekarang klik menu “Pengaturan lanjutan.”
  • Sekarang klik “Riwayat notifikasi.”
  • Aktifkan sakelar Riwayat notifikasi, untuk melihat daftar riwayat notifikasi.

Selesai deh, setelah fitur tersebut aktif, tampilannya akan seperti gambar di atas. Beberapa notifikasi yang sebelumnya masuk ke ponsel akan tampil dalam daftar.

ASUS ROG Phone 5 / 5s

Tips yang kedua ini khusus buat pengguna ROG Phone 5 / 5s dengan ROG UI berbasis Android 12. Kalau misalnya kamu pakai ROG Phone seri sebelumnya, cara ini bisa kamu coba. Tapi mungkin ada beberapa perbedaan antara nama dan letak perintahnya.

  • Swap layar ponselmu ke bawah dan klik ikon roda gerigi / Pengaturan.
melihat riwayat notifikasi
  • Sekarang klik menu “Aplikasi & notifikasi.”
melihat riwayat notifikasi
  • Scroll layar ke bawah dan klik menu “Histori notifikasi.”
melihat riwayat notifikasi
  • Aktifkan sakelar bernama “Gunakan histori notifikasi.”
melihat riwayat notifikasi

Selesai deh. Riwayat notifikasi selama 24 jam terakhir di ponselmu akan tampil di bagian bawah, atau untuk lebih jelasnya kamu bisa lihat gambar di atas.

Lewat Aplikasi

Untuk kamu yang memakai ponsel tanpa fitur riwayat pemberitahuan, hal ini butuh trik tersendiri yakni bisa lewat bantuan aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasi yang kami rekomendasikan adalah Unnotification.

Aplikasi ini bisa menampilkan riwayat pemberitahuan, bisa memperingatkan ketika kamu menghapus notifikasi, bisa mengatur aplikasi apa saja yang notifikasinya kamu anggap tidak penting, dan lain-lain.

Agar kamu bisa memakai aplikasi ini untuk melihat Log Notifikasi, kamu harus memberi ijin akses ke notifikasi itu sendiri.

Kalau berminat, silakan unduh lewat link di bawah ini.

Download (Android)

    %d blogger menyukai ini: