Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Tips Melihat Riwayat Notifikasi di Ponsel Android

melihat notifikasi android

Apa kamu pernah ingin mencari notifikasi yang tidak sengaja terhapus? Jangan kuatir, kali ini kami memberikan tips cara melihat riwayat notifikasi di ponsel Android.

Ada kalanya notifikasi dari berbagai aplikasi datang bertubi-tubi. Secara refleks, kamu bisa langsung menghapus semuanya tanpa melihat apa saja notifikasi itu.

Namun kemudian kamu sadar kalau mungkin saja ada notifikasi penting di sana. Lalu bagaimana cara mengecek semua notifikasi itu tadi?

Untuk kamu yang memakai ponsel tanpa fitur riwayat pemberitahuan, hal ini butuh trik tersendiri. Nah, inilah trik melihat riwayat notifikasi yang terhapus di ponsel Android. Oya, di sini yang kami pakai adalah Android murni (stock Android).

Lewat Log Notifikasi

Android sebenarnya punya Log Notifikasi (notification log). Tapi entah kenapa, fungsi ini tersembunyi. Bahkan ketika kamu cari di Setelan, fitur ini tidak muncul.

Cara Melihat Log Notifikasi:

  1. Tekan dan tahan layar utama (Home Screen).
  2. Pilih ‘Widget‘ di bagian bawah layar.
  3. Geser ke bawah dan tekan ‘Pintasan Setelan‘ (Setting Shortcut).
  4. Pilih ‘Log Notifikasi‘ dari daftar yang ada.
  5. Setelah ada ikon pintasan di layar utama, tekan ikon setelan itu untuk membuka riwayat notifikasi.
cara melihat riwayat log notifikasi android
Log Notifikasi Android

Lewat Aplikasi

Selain cara di atas, kamu juga bisa melihat riwayat notifikasi melalui aplikasi tertentu. Salah satu aplikasi yang kami rekomendasikan adalah Unnotification.

Aplikasi ini bisa menampilkan riwayat pemberitahuan, bisa memperingatkan ketika kamu menghapus notifikasi, bisa mengatur aplikasi apa saja yang notifikasinya kamu anggap tidak penting, dan lain-lain.

Agar kamu bisa memakai aplikasi ini untuk melihat Log Notifikasi, kamu harus memberi ijin akses ke notifikasi itu sendiri.

Kalau berminat, silakan unduh lewat link di bawah ini.

Download (Android)

More Stories
Melihat Lagi Image yang Pernah Di Upload di WhatsApp