[Review] ROG Phone 5: Masih jadi Raja Ponsel Gaming

Ponsel paling powerful dan ROG Phone terbaik sejauh ini

ROG Phone 5 adalah ponsel gaming yang ASUS umumkan pada bulan Maret 2021 dan hadir di Indonesia pada bulan Juni 2021. Inilah review ROG Phone 5 berdasar pengalaman yang kami dapat selama memakainya.

Versi yang saya pakai adalah ROG Phone 5, bukan versi Ultimate. Ponsel ini merupakan varian yang berwarna hitam. Di dalam kotak, bersamanya hadir pin pembuka slot SIM, adaptor 65W, kabel USB-C ke USB-C, dan Aero Case.

Melengkapi ponsel gaming itu, sya juga mendapat kontroler ROG Kunai 3 Gamepad. Hm, tapi kontroler game ini akan kami bahas dalam artikel berbeda.

dalam kotak rog phone 5
Kotak pembelian

Desain & Bodi

Sebelum membahas lebih jauh, perlu saya sebutkan kalau saya bukan fans desain perangkat game yang — menurut saya — biasanya terlalu ramai atau punya bentuk aneh. Untung saja kelihatannya ASUS memikirkan sisi desain secara serius di ROG Phone 5 ini.

Ada banyak detil kecil yang berubah dan membuat penampilannya jauh lebih baik di bagian belakang. Misalnya bentuk modul kamera yang punya sudut melengkung, beberapa gambar grafis di bagian (tulisan Republic of Gamers, ROG, 05), juga desain dot matrix logo ROG. Hm, bicara soal desain logo ROG, saya kok lebih suka desain versi ini daripada versi Ultimate.

Sedangkan di bagian samping ponsel, bisa kamu temukan tombol power dan slot kartu SIM berwarna merah yang kontras dengan warna hitam di bodi. Keren.

bagian belakang rog phone 5
desain belakang

Pindah ke bagian depan, ROG Phone 5 tidak mengikuti tren yang memakai notch atau lubang kamera selfie. Ada bingkai yang tidak terlalu besar di bagian atas dan bawah dengan sudut melengkung. Hal ini sudah menjadi tradisi ROG Phone dan termasuk satu hal yang saya suka.

Bodi ROG Phone 5 sendiri relatif tebal dan berat. Cukup terlihat kalau dijejerkan dengan iPhone 8 Plus tanpa casing (kalau pakai casing hampir sama). Ya maklum, kapasitas baterainya jauh berbeda.

ROG Phone 5 v iPhone 8 Plus

Anyway, ada lengkungan pada sisi samping bagian belakang bodi. Hal ini, ditambah bodi yang tidak terlalu lebar, membuatnya lebih mudah dipegang. Walau tinggi ponsel mungkin membuatmu harus memakai dua tangan.

Lalu, seperti tradisi yang sudah-sudah, di ponsel ini juga ada colokan USB-type C di bagian samping. Posisi ini memudahkan kalau kamu mau mengisi daya ketika main game. Nah, yang menjengkelkan, tutup slot ini masih berupa karet kecil yang mudah hilang kalau kita tidak menyimpannya baik-baik. Yah, faktor kecil sih.

Oya, mungkin kamu pernah melihat video JerryRigEverything yang mematahkan bodi ROG Phone. Hm, walau itu benar, pada kenyataannya bodi cukup kokoh (ahem, yang saya pakai pernah jatuh dari ketinggian sekitar 1m). Kecuali kamu mematahkannya dengan sengaja seperti yang dilakukan Zack Nelson.

Layar

Sebagai ponsel dengan spesifikasi tinggi, ROG Phone 5 juga menawarkan layar yang aduhai. Layar FHD+ Super AMOLED 6,78 inci miliknya mendukung tingkat kecerahan layar 800 nits (max 1200 nits), HDR10+, Delta-E < 1, dan refresh rate sampai 144Hz.

Tingkat kecerahan layar itu membuat kita masih bisa melihat gambar atau membaca konten cukup baik ketika berada di luar ruang (di bawah matahari). Selain itu, kualitas gambar beserta warna juga tampil dengan tajam.

layar rog phone 5
layar utama

Dukungan refresh rate yang tinggi membuat animasi di layar berjalan sangat mulus. Melakukan berbagai tindakan di layar — membuka pusat notifikasi, kembali ke layar utama, dll — sangat menyenangkan.

Tentu, refresh rate tinggi juga membuat main game lebih asik. Hal yang mengganggu animasi yang mulus ini hanyalah kecepatan koneksi internet waktu main game online. Yah, kadang bikin lag. Tahulah….

Audio

Kalau kamu pernah memakai ROG Phone sebelumnya, kamu akan tahu kalau audio selalu menjadi kelebihan tersendiri. Tapi suara yang keluar dari ROG Phone 5 ini memberikan sesuatu yang lebih dari yang saya bayangkan. 7-magnet dual speaker depan dengan Dirac Sound membuktikan kehebatannya dengan kualitas suara yang bulat, jernih, dan efek surround yang oke.

Sayang, saya tidak punya headphone berkualitas tinggi. Namun dengan earphone biasa pun suaranya sudah cukup mantap. Efek surround juga terasa di sini.

Kelebihan kualitas audio di ROG Phone 5 membuatnya menjadi ponsel gaming yang juga cocok untuk audiophile. Speaker beserta kualitas suara yang dahsyat jadi fitur favorit saya di ponsel ini.

Tidak percaya? Coba dengarkan lagu dengan kualitas Lossless dan Spatial Audio atau Dolby Atmos (misalnya di Apple Music). Heh, ada saran memakai headphone untuk suara yang lebih imersif di game Genshin Impact. Reaksi saya? Bruh, my phone’s speaker can handle this.

Kamera

Di sisi lain, foto dan video memang bukan faktor unggulan di ponsel gaming ini. Tapi bukan berarti hasil dari kamera ponsel gaming ini jelek.

ROG Phone 5 memiliki tiga kamera belakang, yang meliputi: Kamera utama (wide) 64MP, kamera ultra-wide 13MP, dan kamera makro 5MP. Sedangkan di bagian depan, ada kamera selfie 24MP. Selain itu ada beberapa fitur menarik di aplikasi kamera, seperti mode foto dan video Pro, Slo-mo, Time-lapse, Panorama, Motion Tracking, dan Night.

aplikasi kamera (portrait mode)

Waktu saya coba memotret secara biasa (otomatis) dengan fitur HDR menyala, sistem pengolahan gambar di aplikasi menghasilkan sesuatu yang menarik. Sebagai contoh, langit yang terlihat flat di layar jadi menampilkan tekstur awan. Artinya, pengolahan gambar dengan fitur HDR berhasil menghadirkan rentang cahaya dan warna yang lebih luas.

Selain itu, mode Portrait juga berhasil memisah obyek dan latar belakang dengan baik. Termasuk di bagian rambut yang biasanya jadi obyek yang sulit. Tentu, kondisi latar belakang berpengaruh. Namun sejauh ini hasilnya memuaskan, termasuk pada latar belakang dengan banyak detil.

Bermain-main dengan fitur video di ROG Phone 5 juga menyenangkan. Terutama memanfaatkan mode slo-mo. Ada pilihan kualitas [email protected], [email protected], [email protected], dan [email protected] Untuk video slo-mo 480fps, kontras perbedaan kecepatannya cukup tinggi dan membuat adegan sangat dramatis (minggir dikit Zack Snyder).

Performa

Nah, kita tiba pada bagian yang menarik, yaitu performa ponsel dan pengalaman pemakaian. Terutama untuk main game.

ROG Phone 5 menggunakan chipset Snapdragon 888 5G dan varian yang saya pakai ini memiliki RAM 8GB dengan kapasitas penyimpanan 128GB. Walaupun bukan varian yang paling wah (ada yang dengan kombo 12GB+256GB), namun spesifikasi ini sudah lebih dari cukup.

Jangankan untuk aktivitas sehari-hari, main game dengan setelan maksimal pun tidak masalah. Saya main Genshin Impact dengan setelan grafis Highest dan 60fps, juga Call of Duty Mobile dengan grafis Very High dan frame rate Max. Semua berjalan lancar.

suhu genshin impact di rog phone 5

Mungkin masalahnya bukan mampu atau tidak. Bagaimana dengan suhu? Dalam hal ini, main Genshin Impact bisa membuat suhu naik sampai 61℃. Sedangkan untuk main CoD Mobile, suhu cukup stabil di kisaran 44℃ – 46℃ dan main Brawl Stars berada di kisaran 40 ℃ – 44 ℃. Jadi walau pun ponsel ini mampu, mungkin kamu tetap harus membatasi game tertentu untuk kenyamanan bermain.

Kalau kamu ingin melihat statistik data uji coba, saya juga melakukan uji dengan 3D Mark. Hasil uji 3D Mark Wild Life Stress menunjukkan skor terbaik 5335 dan terendah 4859, dengan tingkat kestabilan 91,1%. Dalam uji selama 20 menit itu, fps meningkat dari 20 ke 40, sementara suhu naik dari 48℃ ke 50℃, dan baterai turun dari 68% ke 56%.

tes 3d mark wild life rog phone 5

Bicara soal baterai, kapasitas yang sebesar 6000mAh di ROG Phone 5 ini membuatmu bebas beraktivitas. Mau dengar musik, nonton film,atau main game (yang jadi tujuan utama ponsel ini), semua tidak ada masalah.

Sekedar gambaran, saya mendengarkan musik secara streaming lewat speaker selama 2 jam nonstop sambil baca-baca komik dan baterai turun 15%. Yah, memang aktivitas yang terhitung ringan. Bagaimana dengan game?

Main Genshin Impact selama 1 jam non-stop (setelan grafis Highest) membuat baterai turun dari 70% sampai 33%. Sedangkan main CoD Mobile selama 1 jam non-stop (grafis Very High & frame rate Max) membuat baterai turun dari 87% ke 68%.

Perhitungan di atas memang berdasar catatan saya. Sedangkan perhitungan di Setelan Android bisa menunjukkan kalkulasi yang berbeda. Tapi perhitungan itu akan masuk akal kalau kita juga menghitung layar aktif.

Nah, ROG Phone 5 datang bersama adaptor 65W untuk fast charging. Seberapa cepat? Lewat colokan USB C samping, ponsel ini bisa mengisi daya dari 7% ke 55% dalam waktu 22 menit dan mencapai 75% dalam waktu 37 menit. Lalu lewat colokan USB C bawah, dari pengisian baterai berjalan dari 7% ke 23% dalam waktu 10 menit, ke 41% dalam 20 menit, 54% dalam 30 menit, dan 66% dalam waktu 40 menit.

Yah, sekali lagi, itu catatan saya. Tentu hasil bisa bervariasi tergantung apakah ada aplikasi yang berjalan di background. Dalam kondisi ideal, pengisian baterai berjalan cepat dan sangat bisa diandalkan kecepatannya.

Secara keseluruhan, performa ROG Phone 5 masih sesuai dengan ekspektasi saya. Mampu menangani game berat, namun ada konsekuensi pada kondisi tertentu. Saya pikir data di atas bisa memberi gambaran rentang performa ponsel ini.

Hal itu pun cukup wajar. Laptop ASUS ZenBook Pro Duo 15 jika dipakai untuk main game tertentu dengan grafis maksimal (yang saya mainkan Horizon Zero Dawn dan Control), juga akan bekerja keras seperti itu.

Fitur Gaming

Yah, ROG Phone 5 adalah ponsel gaming. Jadi tentu menarik melihat berbagai fitur gaming yang ditawarkannya.

Selain dua tombol Ultrasonic di samping yang menjadi tombol bahu (L+R), ponsel ini juga menawarkan dua tombol sensor di bagian belakang yang bisa dipakai melalui AeroActive Cooler 5. Sayangnya saya tidak mendapat AeroActive Cooler 5, jadi tidak bisa mencoba tombol belakang itu.

Di sisi lain, fungsi tombol Ultrasonic, yang dipakai dengan AirTrigger, cukup membantu untuk main game tertentu (misalnya untuk menembak sementara jempol mencari sasaran). Haptic feedback yang ada juga memberi sensasi tersendiri. Sejauh ini, semua berfungsi seperti yang diiklankan. Responsif dan sensasional.

Lalu, ASUS menyediakan aplikasi Armoury Crate sebagai tempat kamu mengatur segala hal yang berhubungan dengan game. Mulai dari mengatur skenario untuk tiap game (optimasi CPU, refresh rate layar, AirTrigger, dll), melihat game yang mendukung fitur ROG Phone, sampai terhubung dengan komunitas ROG bisa kamu lakukan (mirip Steam di PC).

Setelan skenario untuk tiap game ini sangat menarik. Sebagai contoh, memakai setelan rekomendasi Genshin Impact di Armoury Crate — walau bukan setelan maksimal (turun jadi High) — bisa membuat suhu turun dan membuat layar tidak sepanas itu. Jadi kamu bisa mengatur game seoptimal mungkin.

Selain itu, ada pula Game Genie yang memberimu akses cepat ke setelan saat main game. Misalnya menghalangi notifikasi, mengaktifkan AirTrigger, menunjukkan statistik kondisi ponsel, sampai merekam layar.

Ada catatan kecil dalam pemakaian Game Genie ini. Kalau kamu memakai Navigasi Gestur di Android 11, swipe di sisi kiri untuk kembali (back) bertabrakan dengan memunculkan Game Genie. Jadi kalau kamu mau pakai fungsi swipe untuk kembali ketika berada di dalam game, gunakan sisi kanan.

Di samping fitur gaming di atas, ada pula tema untuk Launcher Android yang akan memberikan nuansa berbeda. Tema ini hadir lengkap dengan animasi di layar utama atau layar kunci. Sebagian besar tema dengan nuansa game (seperti Dead Cell Regeneration yang saya pakai) memang keren. Tapi entah kenapa desain ikon di banyak tema kurang bagus (masalah selera sih).

Kesimpulan

Dengan semua fitur dan spesifikasi di atas, ROG Phone 5 memang terkesan berlebihan (overkill!). Tapi segmen gaming memang bukan untuk semua orang. Segmen ini ada untuk mereka yang memang ingin fitur lebih.

Toh kelebihan yang didapat tidak hanya untuk main game saja. Kualitas layar dan speaker yang di atas rata-rata juga bisa memuaskan mereka yang hobi nonton film dan dengar musik. Begitu pun kalau kamu seorang content creator. Hasil foto dan video pun di atas rata-rata.

Jadi, ROG Phone 5 memang masih jadi raja ponsel gaming. Bukan hanya dari spesifikasi dan fitur saja, tapi juga kelengkapan aksesori, ekosistem, dan gaya hidup gaming yang diwakilinya.

ROG Phone 5
Masih jadi raja ponsel gaming
ROG Phone 5 memberikan pengalaman penggunaan yang luar biasa, tidak hanya sebagai ponsel gaming, tapi juga pemakaian sehari-hari untuk jangka panjang.
PROs
Audio dahsyat
Layar tajam dan mulus
Baterai besar, awet, mengisi cepat
CONs
Bisa panas untuk game tertentu
Tutup colokan USB samping mudah hilang
4.8
SULTAN!
BELI
%d blogger menyukai ini: