Tips Melindungi Smartphone dari Suhu Panas Musim Kemarau

Kebanyakan orang meletakkan smartphone-nya di sembarang tempat, bahkan banyak yang tidak memperhatikan suhu panas yang terkadang menyinarinya. Padahal paparan sinar matahari dapat berdampak besar terhadap komponen internal smartphone.

Di beberapa kasus bahkan sering terjadi, jika smartphone terlalu panas maka akan menyebabkan data-datanya hilang, selain itu juga akan memperlambat kinerja smartphone.

Jika baterai smartphone terkena panas terlalu lama, maka akan menyebabkan kebocoran baterai atau akan sering terjadi lowbat.

selain itu smartphone yang terkena panas terlalu lama juga dapat membahayakan pemakainya.

Jika kalian masih bingung bagaimanna cara melindungi smartphone dari suhu panas saat musim kemarau, di bawah ini adalah beberapa tips untuk mengatasinya.

Keluarkan smartphone dari saku

Sumber Gambar : WinNetNews

Ketika cuaca sedang panas, sebaiknya kurangi untuk menyimpan smartphone pada saku. Hal ini bertujuan untuk menurunkan suhu smartphone, sehingga membuatnya kembali menjadi normal.

Jika terlalu sering diletakkan didalam saku, maka suhu tubuh kita akan menghambat proses pendingan smartphone.

Hal yang juga perlu kamu lakukan adalah menjauhkan ponsel dari benda-benda yang mudah menghantarkan panas.

Jika smartphone dibiarkan terlalu panas maka akan menyebabkan baterai menjadi bocor, atau bahkan saking panasnya bisa menyebabkan smartphone menjadi terbakar.

Aktifkan mode ‘Airplane’

Sumber Gambar : travel.kompas.com

Smartphone menjadi panas,sebenarnya bukan hanya disebabkan oleh faktor eksternal seperti cuaca yang panas saja, namun beberapa faktor internal juga menjadi pengaruhnya.

Jika kamu sering menggunakan smartphone untuk bermain game atau melakukan panggilan telelpon secara terus menerus tanpa henti, maka hal itu akan menyebabkan ponsel bekerja lebih keras dan otomatis suhu smartphone akan naik dengan sendirinya.

Apalagi jika kamu bermain game atau melakukan telepon dibawah sinar matahari, hal itu justru akan semakin menambah panas pada smartphone, sehingga akhirnya menjadi ‘overheating’.

Maka dari itu, kamu perlu menggunakan mode airplane untuk sementara sampai smartphonemu menjadi normal kembali.

Dan alangkah baiknya lagi, untuk sementara kamu bisa berhenti menggunakan smartphone terlebih dahulu untuk beberapa waktu.

Jangan tinggalkan ponsel di dalam mobil

Sumber Gambar : Grid.ID

Yang ketiga ini sering banget terjadi tanpa disadari, meskipun terlihat sepele namun apakah kamu tahu jika mobil sebenarnya itu layaknya rumah kaca di terik matahari?

Beberapa penelitian membuktikan, bahwa mobil yang diparkir dibawah sinar matahari secara langsung dengan suhu 35°C, maka hanya dengan waktu satu jam saja suhu mobil akan berubah menjadi 46° C.

Bahkan untuk para pengguna iPhone disarankan untuk tidak menggunakan smartphone ini ketika suhu lebih dari 35° C.

Selain itu mereka juga berpesan bagi penggunanya untuk tidak meletakkan smartphone di tempat yang memiliki suhu lebih dari 45° C seperti di dalam mobil.

Jadi sangat tidak dianjurkann untuk meletakkan smartphone di dalam mobil terlalu lama, apalagi jika suhu mobil sedang panas-panasnya.

Jangan isi baterai di bawah sinar matahari langsung

Sumber Gambar : Tribun Jatim – Tribunnews.com

Berikutnya jangan sampai lakukan pengisian baterai dibawah sinar matahar secara langsung ya. Kenapa seperti itu? Karena sinar matahari akan menambah panas yang sudah ditransfer dari listrik yang terhubung ke baterai smartphone-mu.

Hal ini yang menyebabkan smartphone-mu menjadi lebih panas, jadi efeknya akan lebih berbahaya lagi.

Jangan isi baterai di bawah bantal

Sumber Gambar : WinNetNews

Selanjutnya yang harus kamu perhatikan juga adalah, jangan sampai kamu mengisi baterai di bawah bantal, selimut, atau bahan apapun yang sifatnya menghangatkan.

Disaat musim kemarau, aliran panas yang menuju smartphone akan lebih cepat, apalagi jika harus ditambah dengan melakukan pengisian baterai di bawah bantal maupun selimut.

Kamu harus membiarkan smartphone mengeluarkan panas secara efesien. Paling tidak kamu harus melakukan pengisian baterai di tempat yang sejuk dan terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung.

Nah, itu dia beberapa tips yang harus kamu lakukan untuk menyelamatkan smartphone-mu saat musim kemarau.

%d blogger menyukai ini: