Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Tips Membatasi Tontonan Agar Anak-anak Aman Menonton Netflix

Sekarang ini, selain kalian bisa menonton televisi, kalian juga bisa menggunakan layanan streaming video sebagai salah satu hiburan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Misalnya menonton Netflix.

Kalian bisa melihat apa saja yang kalian inginkan dengan menggunakan layanan streaming video tersebut. Namun, karena begitu banyak video tersedia, tak semuanya layak dilihat oleh anggota keluarga. Terutama anak-anak.

Sebagai orang dewasa, terutama orang tua, kalian harus memperhatikan dan bisa memilah konten apa yang pantas diperlihatkan ke anak kalian. Untungnya, layanan streaming video itu sudah punya mekanisme kontrol ampuh.

Netflix, sebagai salah satu layanan populer, punya dua mekanisme yang dapat membantu para orang tua untuk mengendalikan dan mengatur tayangan yang cocok bagi keluarga.

Profil penonton

Sumber Gambar : Medcom.id

Yang pertama adalah profil penonton. Para pengguna Netflix dapat membuat dua jenis profil. Yang pertama profil dewasa, dan yang kedua profil anak.

Untuk profil dewasa, terdapat dua tingkatan usia, yakni dewasa dan remaja. Tayangan konten dewasa hanya bisa diakses oleh profil yang punya setelan “semua tingkat usia/dewasa”. Sedangkan untuk profil remaja atau yang lebih muda hanya terbatas pada tayangan dengan batasan usia 13 tahun ke bawah.

Bukan hanya profil dewasa yang terbagi jadi dua jenis. Profil anak pun punya dua tingkatan, yaitu pra-remaja dan khusus anak-anak.

Bagi orang tua yang ingin anaknya tidak menonton tayangan dengan adegan percintaan atau perkelahian, maka mereka dapat mengatur profil menjadi tingkat khusus anak.

Penggunaan PIN

Sumber Gambar : Kompas Tekno

Mekanisme kontrol lain adalah dengan menggunakan PIN untuk membatasi akses konten. Pengaturan PIN juga memiliki empat tingkatan usia (mirip dengan di atas).

Sebagai contoh,  kalau profil diatur pada tingkat remaja, maka pengguna harus memasukan PIN untuk mengakses tontonan dewasa. Karena tontonan dewasa berada satu tingkat di atas profil tersebut.

Langkah-langkah mengatur Pin pada Netflix

  1. Masuk ke dalam profil ‘Dewasa‘ (pengaturan hanya bisa diakses dalam profil ini).
  2. Arahkan kursor ke foto akun, lalu pilih menu ‘Akun’ yang terletak pada pojok kanan atas layar.
  3. Geser halaman ke bawah dan cari tombol menu ‘Kontrol orang tua‘ yang ada di submenu ‘Pengaturan’.
  4. Masukan kata sandi akun Netflix-mu.
  5. Buat kode PIN Kontrol Orang Tua (empat digit angka).
  6. Klik tombol ‘Simpan‘.
  7. Geser indikator usia untuk mengatur batasan usia film.
Sumber Gambar : Kompas Tekno

PIN ini juga dapat digunakan untuk menyaring judul tontonan tertentu yang tak layak ditonton anak-anak. Untuk melakukannya, masukan judul tontonan yang ingin dibatasi ke halaman pengaturan ‘Kontrol Orang Tua’. Sekarang, siapapun yang ingin menonton acara atau film itu harus memasukan PIN yang sesuai.

Itulah beberapa cara agar anak kalian terhindar dari tontonan dewasa di Netflix. Kedua fitur ini menjamin orang tua lebih tenang, dan anak-anak pun bisa menonton Netflix lebih aman.

More Stories
Epicurious: Aplikasi Resep Masakan yang Lengkap