Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

5 Hal Penting Dalam Membuat Logo Secara Online

Anom Penulis

Di masa ketika bisnis hadir secara online, memiliki logo yang bagus sangat penting. Apalagi kini proses membuat logo semakin mudah dengan banyaknya layanan online. Sayangnya, seringkali tetap ada salah kaprah.

Banyak orang keliru mengira bahwa logo tidak lebih dari sekadar gambar atau sekumpulan simbol. Setiap wirausahawan yakin bahwa perusahaan mereka juga membutuhkan logo, tetapi tidak semua orang mengerti mengapa. 

Padahal hal ini penting dan sekarang mudah dilakukan. Misalnya, kita bisa buat logo secara gratis di Turbologo.

Apa yang dimaksud dengan logo? 

Logo adalah tanda khas yang mewakili perusahaan dan membedakannya dari yang lain. Logo tidak boleh berupa serangkaian kata kosong, atau hanya gambar yang menarik perhatian. 

Logo digunakan untuk mengidentifikasi perusahaan, layanan atau produk. Jika kamu mendaftarkan logo pribadi, kamu mungkin dapat meminta pertanggungjawaban orang yang menggunakan merek itu secara ilegal. 

Kriteria untuk membuat logo. 

Sebelum kamu mulai membuat logo, kamu harus meneliti informasi perusahaan secara menyeluruh. Pelajari secara rinci semua seluk-beluknya: layanan apa yang disediakannya, target audiens, pesan apa yang dibawa perusahaan ini dan sebagainya. 

Pastikan untuk memperhatikan para pesaing dan pasar. Lihatlah logo mana yang lebih populer dan menarik perhatian orang. 

Misalnya: huruf yang tegas pada logo tampaknya menjadi simbol keandalan dan stabilitas perusahaan. Jika termasuk gambar, ini menandakan kreativitas. 

Atribut logo yang berkualitas 

  1. Kesederhanaan
    Logo-tidak perlu rumit atau sesuatu seperti teka-teki. Tentu saja logo harus masuk akal, tetapi meskipun demikian, logo harus mudah diingat
  2. Keunikan atau kekhasan.
    Logo sebaiknya tidak terlihat seperti logo lain yang sudah ada. Banyak orang beranggapan bahwa semakin kompleks logo mereka, semakin baik. Sebenarnya, ini adalah pemikiran yang salah arah, karena jika logo dikelilingi oleh papan nama atau merek lain yang ringkas dan sederhana, logo itu bisa luput dari perhatian. 
  3. Relevansi
    Jika kamu berencana untuk berada di pasar selama mungkin, kamu tidak harus menambahkan detail spesifik waktu ke logo. 
  4. Keserbagunaan
    Penting agar logo yang sudah jadi terlihat ringkas baik secara online maupun cetak. Jangan lupa untuk melihat bagaimana logo terlihat dalam bentuk yang diperkecil
  5. Asosiasi Dengan kualitas
    Logo dapat membentuk citra tertentu pada pelanggan, yang terkait dengan kualitas perusahaan. Contohnya, garis horizontal yang lebih jelas, biasanya diasosiasikan dengan ketenangan, dan garis vertikal dengan kekuatan dan daya tahan.    
Baca Juga:  6 Aplikasi Alternatif Canva dengan Fitur yang Nggak Kalah Keren

Buat logo secara online

Tidak selalu mungkin untuk menyewa desainer logo atau aplikasi desain grafis profesional. Namun, kamu bisa menggunakan semua kreativitas dan daya cipta untuk membuat logo sendiri. Untuk melakukan ini, kamu perlu menggunakan perancang logo online khusus. 

Pilihan yang bagus adalah generator logo Turbologo. Di sini kamu akan dapat membuat logo yang cocok dalam waktu sesingkat mungkin. Kamu tidak perlu memiliki keahlian khusus untuk membuat logo yang bergaya dan modern.

Dengan menggunakan generator ini, Kamu dapat menerapkan semua ide logo yang kamu punya. Jika kamu kehabisan ide, kamu bisa menggunakan templat yang sudah ada, memodifikasi, dan memperbaikinya. 

Kesimpulan. 

Sekali lagi, logo adalah semacam simbol perusahaan. Logo harus mengekspresikan keunikan suatu perusahaan, sehingga menarik pelanggan. 

Logo perdagangan yang terdaftar akan selalu memungkinkan perusahaan untuk mempertahankan hak-haknya di pengadilan terhadap persaingan yang tidak adil. Logo memberikan citra yang menguntungkan bagi perusahaan, jadi setiap perusahaan yang serius harus membuat logo untuk dirinya sendiri.