5 Cara untuk Membuka Situs atau Aplikasi yang Diblokir

Bagaimana cara membuka situs atau aplikasi yang diblokir? Pertanyaan yang cukup standar di era internet. Tenang saja, ada banyak cara untuk membuka situs seperti ini. 

Membahas dunia internet memang tak pernah ada habisnya. Bagaimanapun, di sana terdapat berbagai macam situs untuk semua kalangan.

Situs apapun yang kamu cari pasti akan tersedia di internet, bahkan mengenai situs dewasa pun memang tersedia banyak di internet.

Itulah yang menyebabkan efek negatif bagi penggunanya. Oleh sebab itu banyak sekali situs di internet yang diblokir karena mengandung konten-konten dewasa tersebut.

Bahkan bukan hanya situs dewasa yang diblokir, situs untuk mengunduh game dan situs streaming film juga ikut diblokir.

Meskipun sudah banyak situs yang diblokir, namun masih ada saja yang ingin membuka situs tersebut. Mungkin bukan situs dewasa yang ingin mereka buka, melainkan situs untuk edukasi atau video streaming yang diblokir oleh Kominfo.

Nah, kalian bisa melihat caranya sebagai berikut.

1. Menggunakan Alamat IP

Sumber Gambar : ngaret.com

Dalam beberapa kasus, situs yang diblokir biasanya disimpan sebagai daftar URL. Jadi ada kemungkinan kita biasa mengakses situs tersebut menggunakan alamat IP-nya.

Menggunakan IP adalah cara sederhana untuk mengakses situs yang diblokir di wilayah kamu. Namun jika situs tersebut telah menyembunyikan IP-nya juga, maka tidak akan dapat diakses dengan metode ini.

Untuk mengetahui IP adress sebuah website, caranya adalah masuk ke dalam command prompt pilih start – run – ketik: cmd – enter.

Kemudian ketik ping nama_situs.com lalu tekan enter. Setelah itu maka akan muncul alamat IP situs tersebut.

2. Gunakan VPN

Sumber Gambar : Berakal.com

Selain menggunakan IP Address, kamu juga bisa membuka situs atau aplikasi yang diblokir dengan menggunakan layanan VPN.

Dengan menggunakan VPN, akan memungkinakan kamu untuk melewati trafik internet melalui koneksi yang terenkripsi.

VPN ini dapat membuat kamu berselancar di dunia maya dengan aman. Layanan VPN ini pun tersedia dengan  berbagai pilihan.

3. Menggunakan SSH

Sumber Gambar : Hostinger

Cara mudah selanjutnya adalah dengan menggunakan SSH. SSH atau Secure Shell ni berfungsi sebagai jaringan yang dapat melindungi pertukaran data dari ancaman virus.

SSH dan VPN sebenarnya berbeda tapi memiliki karakteristik yang hampir sama. Perbedaannya pun terletak pada penggunaan pihak ketiga untuk proses SSH Tunneling.

Dengan menggunakan SSH kamu tak hanya bebas berselancar di dunia internet, melainkan juga akan terlindungi.

Kamu juga bisa menggunakan SSH ini di smartphone-mu masing-masing.

Menggunakan server DNS

Sumber Gambar : tecnoBlog

Berikutnya  adalah dengan menggunakan server DNS. DNS adalah singkatan dari Domain Name System, fungsinya adalah untuk mengubah IP address menjadi domain address.

Agar kamu memiliki koneksi internet yang maksimal dan lancar jaya layaknya jalan tol, kamu bisa menggunakan DNS 1.1.1.1 dari Cloudflare atau OpenDNS.

Cara ini dapat kamu lakukan di berbagai perangkat, baik itu PC maupun smartphone Android-mu, juga bisa untuk situs atau aplikasi yang diblokir

Menggunakan Web Proxy

Sumber Gambar : Lifewire

Yang kelima kamu bisa membuka situs yang diblokir menggunakan web proxy. Web proxy ini merupakan situs yang telah menyediakan akses internet melalui server pihak ketiga.

Kamu bisa menggunakan proxysite.com untuk mempercepat langkahmu. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu membuka situs proxysite.com, kemudian masukan alamat situs yang ingin kamu kunjungi pada kolom yang sudah tertera di dalam situs ini.

banner cybersport
%d blogger menyukai ini: