Vivobook X BAPE
Vivobook X BAPE
Vivobook X BAPE

5 Tips Membuka Situs Terblokir serta Cara-Cara Mudahnya

Tips Membuka Situs Terblokir
sumber gambar: Bark

Tips membuka situs terblokir seringkali menjadi topik yang paling dicari oleh pengguna internet, terutama di negara-negara yang memiliki kebijakan sensor ketat terhadap akses konten tertentu. Terkadang, pemblokiran ini dilakukan bukan hanya karena alasan konten yang kontroversial, melainkan juga untuk melindungi pengguna dari potensi bahaya siber.

Namun, ada kalanya kita memerlukan akses ke situs tersebut untuk kebutuhan informasi atau pekerjaan. Oleh karena itu, melalui artikel ini, kita akan membahas lima cara mudah untuk mengakses situs terblokir dengan cara yang aman dan mudah.

Baca Juga: Laptop Mahasiswa Terbaik

5 Tips Membuka Situs Terblokir

Tidak sulit untuk membuka situs yang terblokir, ada beberapa tips membuka situs terblokir yang bisa kamu praktikkan langsung di PC atau HP. Yuk, simak baik-baik!

1. Pakai Google Translate

Pakai Google Translate - Tips Membuka Situs Terblokir
sumber gambar: Google

Google Translate memang terkenal dengan salah satu aplikasi/situs terjemahan yang banyak dipakai di dunia ini. Namun, kamu perlu tahu juga bahwa Google Translate memiliki kegunaan lain yang mungkin tak banyak diketahui oleh pengguna, yaitu membuka situs terblokir. Bagaimana caranya?

Salah satu tips membuka situs terblokir pakai Google Translate ini sangat mudah dilakukan lewat PC atau laptop. Pertama-tama, bukalah Google Translate melalui browser di PC kamu. Setelah itu, pilih terjemahan dari bahasa Indonesia ke bahasa lain, seperti Inggris.

Ketikkan alamat situs yang diblokir pada kolom penerjemah, dan segera setelah itu, akan muncul ikon tautan pada bagian hasil terjemahan. Klik ikon tersebut, dan voila, situs yang diblokir akan terbuka di jendela baru. Mudah, kan?

Perlu diketahui bahwa metode ini tidak selalu berhasil, namun tak ada salahnya mencobanya sebagai alternatif ketika kamu ingin mengakses situs yang terblokir tanpa perlu menginstall aplikasi tambahan.

Baca Juga: Laptop Tipis Terbaik

2. Manfaatkan Opera Browser

Manfaatkan Opera Browser - Tips Membuka Situs Terblokir
sumber gambar: Opera

Salah satu tips membuka situs terblokir lainnya adalah pakai Opera Browser. Seperti yang banyak orang tahu bahwa salah satu keunggulan Opera Browser adalah kehadiran fitur VPN bawaan yang memungkinkan pengguna untuk mengakses internet dengan lebih bebas tanpa batasan.

Nah, kalau kamu mau buka situs terblokir lewat PC pakai Opera, pastikan dulu sudah unduh dan pasang Opera Browser. Kemudian, buka menu “Settings”, cari kata kunci “VPN”, dan aktifkan fitur tersebut. Pastikan saat membuka tab baru, ikon VPN muncul di samping kolom pencarian URL. Jika VPN sudah aktif, artinya kamu bisa mengunjungi situs yang terblokir. Simple kan?

Baca Juga: Laptop Gaming Terbaik

Penting untuk kamu ketahui bahwa fitur ini hanya efektif jika menggunakan Opera Browser untuk PC atau laptop. Meski demikian, Opera juga menyediakan aplikasi khusus yang bernama Opera VPN untuk pengguna Android. Prosesnya pun sama mudahnya: buka Opera, cari opsi VPN melalui menu, dan aktifkan. Dengan begitu, kamu dapat dengan leluasa mengakses situs favorit tanpa hambatan.

3. Ganti Server DNS

Ganti Server DNS
sumber gambar: kinsta

Mengganti Server DNS bisa menjadi alternatif bagi kamu yang mencari cara dan tips membuka situs terblokir tanpa pakai aplikasi tambahan, terutama saat kamu mengakses melalui Laptop atau PC, perubahan DNS ini bisa menjadi metode yang sangat efektif.

DNS (Domain Name System) berfungsi sebagai penghubung antara URL dengan IP. Misalnya, saat kita mengetikkan ‘google.com’, DNS akan mengubahnya menjadi IP tertentu seperti 172.217.204.102. Sehingga, meskipun suatu IP situs diblokir, dengan mengganti DNS, kamu tetap bisa mengaksesnya.

Cara menggantinya pun cukup sederhana. Kamu hanya perlu mengakses Control Panel, memilih opsi jaringan, dan mengganti DNS Server secara manual dengan memasukkan, misalnya, DNS Server milik Google (8.8.8.8 dan 8.8.4.4). Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, kamu bisa mencoba kembali mengakses situs yang sebelumnya terblokir. Gampang, kan?

4. Gunakan Alamat IP

Gunakan Alamat IP
sumber gambar: VOI

Mengakses situs terblokir tidak harus pakai aplikasi khusus, kok. Terkadang, pemblokiran hanya dilakukan pada URL (Uniform Resource Locator) dari situs tersebut, bukan pada alamat IP-nya. Jika ini masalahnya, kamu bisa memanfaatkan alamat IP untuk mengakses situs yang diinginkan.

Pertama-tama, kamu perlu mengetahui alamat IP dari situs yang diblokir. Caranya mudah: tekan tombol Windows + R pada keyboardmu, lalu ketik “cmd” untuk membuka Command Prompt. Setelah jendela Command Prompt muncul, ketik “ping” diikuti dengan nama situs yang diblokir (misalnya: ping situsweb.com). Dengan demikian, alamat IP dari situs tersebut akan ditampilkan.

Selanjutnya, copy alamat IP yang muncul dan tempelkan pada browsermu. Voila! Kamu telah berhasil membuka situs yang sebelumnya terblokir hanya dengan menggunakan alamat IP.

Baca Juga: Konsol Game Terbaik

5. Kunjungi Website Proxysite

Proxysite
sumber gambar: Tech Cult

Jurus pamungkas terakhir dari kami untuk membuka situs terblokir adalah dengan memanfaatkan layanan web proxy, seperti ProxySite. Situs ini dirancang untuk memungkinkan pengguna mengakses konten yang terblokir oleh pemerintah atau penyedia layanan internet.

Menggunakan ProxySite cukup sederhana. Pertama, buka browser kesukaanmu, bisa di PC, laptop, atau perangkat mobile. Kunjungi laman https://www.proxysite.com/. Di sana, kamu akan menemui kolom untuk memasukkan URL situs yang ingin kamu akses.

Sebelum mengklik “Pergi”, bisa pilih server proxy yang diinginkan dari menu dropdown yang tersedia. Setelah semuanya siap, klik “Pergi” dan tunggulah beberapa saat sampai situs yang kamu inginkan muncul di layar. Dengan cara ini, mengakses situs yang diblokir menjadi semudah menjelajah internet biasa.

Nah, mudah kan buka situs yang terblokir? Tidak perlu mengeluarkan biaya, bahkan bisa dilakukan oleh orang awam, kamu bisa coba semua tips membuka situs terblokir yang sudah kami jelaskan di atas. Jadi, tips mana yang ingin kamu coba?