Tips Memilih Laptop Untuk Berbagai Kebutuhan

Memilih laptop merupakan perkara yang gampang-gampang susah. Banyak dari kita kesulitan saat ingin memilih laptop, biasanya kegalauan terjadi saat keinginan terbentur dengan dana. Membeli sebuah barang teknologi itu memiliki banyak godaan, apalagi jika kalian adalah orang yang geek. Jadi sebelum memutuskan untuk membeli sebuah laptop, ada baiknya membaca tips memilih laptop dari kami.

Kebutuhan

Ini adalah hal penting sebelum kalian memutuskan untuk membeli sebuah laptop. Apa yang kalian butuhkan dari device tersebut? apakah untuk keperluan menjalankan aplikasi Office, untuk editing video-audio atau untuk bermain game berat. Memetakan kebutuhan dan kebiasaan kalian dalam menggunakan laptop sehari-hari akan sangat membantu. Misalkan, kalian ingin membeli laptop game, namun sebenarnya kalian bukanlah pemain game yang fanatik, maka lebih baik untuk tidak membeli laptop game, tapi bisa menggantinya dengan laptop biasa namun memiliki spesifikasi serupa. Itu akan menghemat pengeluaran kalian.

Dana

Setelah tahu kebutuhannya, saatnya menuju langkah sulit berikutnya, yaitu dana. Jika kalian memiliki dana berlebih dan tidak terlalu saying untuk mengeluarkan uang, maka lewati bagian ini. Namun jika dana kalian terbatas, atau kalian ingin mendapatkan barang yang value for money, maka dana merupakan hal krusial lain. Beberapa pertanyaan yang saya temui adalah, mereka menginginkan laptop untuk bermain game, namun anggarannya tidak mencukupi. Maka sebaiknya mencari laptop non-gaming namun dengan spek setara dan bisa di-upgrade. Karena selisih harga laptop gaming dengan non-gaming cukup lumayan.

Ukuran Laptop

Tips memilih laptop berikut adalah soal ukuran layar. Memilih ukuran laptop seringkali ditentukan karena kebutuhan. Saat ini, ada beberapa range ukuran layar laptop, dari 11 inchi hingga 2i inchi. Untuk gamers atau video editor, layar laptop besar adalah pilihan yang tepat. Namun jika kalian orang yang memiliki mobilitas tinggi, ukuran layar kecil bisa jadi pilihan. Jika kalian adalah video editor yang memiliki mobilitas tinggi, ukuran layar 15-17 inchi adalah pilihan yang saya sarankan.

Tips Memilih Laptop

Spesifikasi

Bagian ini juga kadang bikin galau. Pilih AMD apa Intel, pilih i3, i5 atau pilih i7 dst. Jika kalian sudah tahu kebutuhan dan kebiasaan penggunaan, maka berpegang teguhlah pada kebutuhan itu. Jangan sampai termakan bujuk rayu penjual untuk membelanjakan uang yang melebihi anggaran. Untuk menyiasati agar laptop bisa digunakan cukup lama, belilah laptop yang bisa di-upgrade beberapa komponennya, seperti HD atau RAM.

Sedikit tips, jika ingin kecepatan laptop naik secara signifikan, gantilah HDD ke SSD. Itu akan lebih cepat dibandingkan dengan mengganti RAM saja.

Baterai

Saat ini banyak laptop yang sudah memiliki daya tahan baterai yang mumpuni, namun biasanya akan dikompensasi dengan spesifikasi yang biasa. Atau memiliki spesifikasi yang gahar namun harga yang mahal. Jadi pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan kalian saja.

[irp posts=”44035″ name=”Hands On ASUS ZenBook Flip S: Laptopnya Orang Keren”]

Layanan Purna Jual

Ini juga tak kalah penting. Bete juga kan kalau sudah beli mahal tapi layanan purna jualnya menyebalkan. Jadi pastikan kalian memilih laptop yang memiliki layanan purna jual yang bagus.

Demikianlah beberapa tips memilih laptop untuk berbagai kebutuhan kalian. Jika ada yang ditanyakan, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar.

More Stories
aplikasi twitter android
Cara “Kultwit” Atau Tweet Bersambung (Thread) di Twitter Yang Benar