Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Begini Tips Memilih STB TV Digital Supaya Nggak Salah Beli

Begini Tips Memilih STB TV Digital Sebelum Membeli

Kali ini saya akan bagikan tips memilih STB atau Set Top Box. Mengingat memiliki STB TV Digital kini bukan lagi menjadi pilihan melainkan keharusan, berdasarkan adanya program ASO dari Kominfo yang bakal menggantikan TV Analog menjadi TV Digital.

Namun sejauh ini tidak sedikit dari kita yang masih minim pengetahuan tentang STB. Apalagi dengan banyaknya variasi produk dan spesifikasi yang beredar di pasaran. Nah biar tidak salah beli, berikut tips-tipsnya.

popculture.id

Perhatikan Label Kemasan

Tips memilih STB pertama adalah kamu harus lihat tanda yang terdapat pada kemasannya, apakah benar siap digunakan atau tidak. Biasanya STB yang benar ditandai dengan label icon MODI, yakni logo yang mewakili siaran TV Digital di Indonesia.

Logo MODI tersebut menjadi tanda bahwa STB itu sudah bisa digunakan untuk TV Digital alias Siap Digital. Karena sudah pasti menggunakan DVB T2, dengan kata lain sudah mampu menangkap frekuensi sinyal oleh kominfo.

Spesifikasi yang Dibutuhkan

Membeli STB menjadi hal yang susah-susah gampang, karena jenis-jenisnya yang memang terlampau variatif. Jadi jangan dikira semua STB TV Digital memiliki harga tinggi, sebenarnya itu sangat bergantung pada spesifikasi yang dimiliki STB tersebut.

Sudah menjadi hal yang sangat wajar ketika kamu datang ke toko-toko, petugas marketing akan menawarkanmu produk unggulan yang harganya lumayan mahal. Maka jangan terfokus dengan apa yang ditawarkan ya, tapi fokuslah dengan spesifikasi apa yang kamu butuhkan.

Pastikan Ada Sertifikasi Kominfo

Rupanya ada sertifikasi khusus yang diberikan kominfo pada produk STB di pasaran. Memang tidak menutup kemungkinan produk yang belum tersertifikasi itu bisa digunakan juga untuk TV Digital nantinya. Tapi kamu pasti tidak ingin mengambil resiko bukan?!

Karena itu alangkah baiknya kamu tahu STB apa saja yang sudah tersertifikasi. Lebih jelasnya kamu bisa lihat jenis produk-produk tersebut melalui web resmi dari kominfo di sini.

Baca Review Produk

Sebenarnya tips ini tidak hanya berlaku di pembelian STB saja, tapi apapun yang akan kamu beli secara online.

Baik Tokped, Shopee, atau marketplace yang lain biasanya akan tersedia kolom review pembeli yang sudah pernah bertransaksi. Kamu bisa baca-baca pengalaman mereka setelah berbelanja di toko tersebut. Apakah speknya real atau tidak, dan apakah barang itu sesuai yang kamu maksud atau tidak.

Lokasi Service Center

Membeli produk anti mainstream boleh-boleh saja, tapi apakah itu langkah yang bijak? Buat kamu yang pengen aman, menurut saya carilah produk yang original, banyak digunakan dan ada official store-nya di kotamu. Poin ini akan berimbas pada klaim garansi, karena percuma jika ada garansi tapi biaya operasional klaimnya mahal.

Misalnya kamu berdomisi di Sumatera, maka carilah STB yang bisa klaim garansi di Sumatera biar nggak perlu jauh-jauh kirim ke Surabaya. Di samping biaya kirim lebih mahal, waktu prosesnya pun akan berjalan lebih lama.


Demikianlah Tips memilih STB TV Digital yang bisa kamu praktekkan. Khusus buat yang suka membeli barang secara online, memang benar lebih mudah, tapi sangat rawan dengan ketidaksesuaian.

Jadi sebelum memulai membeli, perkaya pengetahuan STB baik produk maupun spesifikasinya, barulah pilih produk yang sesuai. Atau jika tidak mau ribet, kamu bisa langsung lihat rekomendasi STB dari saya.

    %d blogger menyukai ini: