Tips Mencari Gambar di Google dengan Lebih Jitu

tips mencari gambar di google

Kali ini kami akan membahas beberapa tips mencari gambar di Google. Tentunya agar kamu bisa menemukan gambar yang sesuai kebutuhan atau keinginanmu. Entah gambar dengan file tertentu, ukuran tertentu, atau gambar sejenis. Sehingga kamu tidak perlu terlalu lama menelusuri hasil pencarian gambar.

Google memang merupakan mesin pencari nomor satu di dunia. Kamu bisa mencari apa saja, mulai dari situs web, gambar, video, lokasi, dll. Tapi kadang hasil pencarian itu terlalu luas. Bahkan ketika kamu mencari yang spesifik seperti gambar.

Tentunya kamu tidak ingin menghabiskan waktu melihat gambar satu persatu. simak tips mencari gambar di Google berikut ini.

Cara Melakukan Pencarian Gambar

Untuk kamu yang baru pertama kali melakukan pencarian gambar, kamu bisa melakukannya dengan beberapa cara.

  • Mengetik apa yang kamu cari di kotak alamat browser atau di kotak pencari pada halaman utama google.com, lalu klik pilihan ‘Gambar‘ di bawah kotak pencari saat hasilnya muncul.
  • Buka halaman image.google.com lalu ketik apa yang ingin kamu cari.
pilihan mencari gambar di google
Pilihan pencarian Gambar

Di dalam hasil pencarian, kamu akan melihat begitu banyak hasil. Kalau kamu memilih (klik) salah satu gambar, Google akan menampilkan gambar yang lebih besar (preview) dengan beberapa informasi, seperti sumber situs web, judul gambar atau artikel, gambar terkait. Kalau kamu letakkan cursor di gambar yang lebih besar itu, kamu juga bisa melihat dimensi ukuran gambar.

memilih hasil pencarian gambar di google
Memilih salah satu hasil pencarian

Tips Mencari Gambar di Google

1. Gunakan saran pencarian

Kalau kamu mencari sesuatu yang populer, Google biasanya memiliki saran pencarian yang lebih spesifik. Kamu bisa menemukan saran pencarian ini di bawah pilihan jenis pencarian. Klik salah satu saran tersebut untuk melihat hasilnya.

pencarian gambar berdasar saran google
Menggunakan saran pencarian

Oya, kamu bisa memilih saran lain yang ada setelah itu. Dengan begitu, pencarianmu bisa lebih spesifik lagi. Kalau ingin kembali (menghapus saran tersebut) klik tanda silang .

2. Gunakan alat pencari

Di bawah kotak pencari, kamu akan menemukan beberapa pilihan, seperti jenis pencarian. Di bagian paling kanan, terdapat pilihan ‘Alat‘ yang bisa membantumu menyaring hasil pencarian dengan lebih akurat.

alat pencari google
Alat pencarian Google

Alat pencarian gambar di Google ini meliputi:

  • Ukuran: Memilih besar ukuran gambar, seperti: Ukuran apa saja, Besar, Sedang, Ikon.
  • Warna: Memilih warna yang dominan di gambar. Kamu bisa memilih warna apa saja (semua hasil), hitam-putih, transparan, atau memilih nuansa warna tertentu.
  • Hak penggunaan: Gambar yang ada di hasil pencarian bisa memiliki hak cipta. Kamu bisa memilih hasil yang bisa dipakai secara bebas dengan syarat tertentu.
  • Jenis: Memilih jenis gambar, seperti klip, garis, atau GIF.
  • Waktu: Memilih gambar yang diunggah dalam batas waktu tertentu. Misalnya: 24 jam terakhir, seminggu terakhir, sebulan terakhir, atau setahun terakhir.
  • Hapus: Menghapus pilihan penyaringan yang sudah kamu pilih.

3. Gunakan perintah pencarian Google

Selain alat pencari, kamu juga bisa menyaring hasil pencarian gambar di Google dengan mengetik perintah tertentu.

Kalau kamu ingin mencari gambar dengan format PNG, kamu bisa mengetik: filetype:png (tanpa spasi). Pada saat artikel ini ditulis, mengetik perintah ini memunculkan pilihan jenis file di alat pencarian (dan ketikan perintah menghilang dari kotak pencari). Kamu bisa memilih jenis file lain dari pilihan tersebut.

jenis file gambar pencarian google
Membatasi jenis file gambar

Kamu juga bisa mencari dengan perintah site: untuk hasil dari situs web tertentu (nama situs ditulis setelah titik dua tanpa spasi). Selain itu, kamu juga bisa menggunakan tanda (minus) untuk menghilangkan hasil yang berhubungan dengan kata itu (contoh: -Pinterest).

Kamu bisa membaca lebih lanjut mengenai perintah pencarian ini di artikel ‘Cara MenggunakanGoogle Search dengan Lebih Baik‘.

4. Gunakan Penelusuran Gambar Lanjutan

Selain alat pencari atau perintah pencarian, kamu juga bisa mencari dengan lebih detil dengan memakai ‘Penelusuran Lanjutan’. Untuk menggunakannya, masuk ke Setelan > Penelusuran Lanjutan.

Di sana kamu bisa melihat berbagai pilihan entri untuk membuat batasan pencarian. Sebagian memang sudah ada yang muncul di alat pencari. Namun ada juga pilihan yang tidak ada dan kamu bisa lebih leluasa memberi batasan.

penelusuran gambar lanjutan google
Penelusuran lanjutan

5. Tampilkan Tombol ‘View Image’ Kembali

Google sudah menghilangkan tombol ‘View Image’ (‘Lihat Gambar’) dari tampilan preview hasil pencarian (lihat saja screenshot di poin cara mencari gambar di Google di atas) . Dengan begitu, kamu tidak bisa langsung melihat berkas gambar yang bersangkutan.

Untungnya, kamu masih bisa mengembalikan tombol ‘View Image’ tersebut. Caranya adalah dengan memasang ekstensi ‘View Image‘ di browser. Ekstensi ini tersedia baik untuk Chrome dan juga Firefox.

mengembalikan tombol view image
Mengembalikan tombol ‘View Image’

Selain ekstensi ini, ada juga ekstensi lain yang bisa mengembalikan tampilan preview gambar seperti dulu (sebelum pindah ke samping). Silakan baca di artikel ‘Mengembalikan Tampilan Google Image Seperti Dulu‘.

6. Pencarian Gambar Terbalik

Biasanya kamu mencari gambar tertentu dengan mengetik kata yang jadi subyek. Namun kamu juga bisa mencari dengan menggunakan gambar yang dikenal dengan istilah “reverse image search“.

tampilan halaman google image
Mencari dengan gambar

Kamu bisa melakukannya dengan mengunjungi image.google.com dan menggunakan tombol kamera yang ada di sana. Kami pernah membahas mengenai hal ini, termasuk mencari dengan gambar lewat ponsel. Silakan baca artikel ‘Mencari dengan Gambar di Google‘.

7. Lihat Label pada Pencarian di Ponsel

Kalau kamu mencari gambar di ponsel, ada fitur khusus yang tersedia. Fitur itu adalah label. Fitur ini mirip dengan alat pencari atau saran pencari. Namun dengan fungsi khusus.

Ketika kamu mencari gambar di ponsel, perhatikan label yang ada di pojok kiri gambar. Label itu bisa berupa resep, GIF, video, produk, dan lainnya. Ketika kamu memilih salah satu gambar, Google akan menampilkan informasi lain terkait label tersebut.

label gambar google
Label gambar pencarian di ponsel

Misalnya, kalau kamu mengetik “spaghetti” di Google Images dan memilih gambar dengan label resep, maka Google akan menampilkan resep membuat spaghetti tersebut. Begitu juga kalau kamu menemukan foto dengan label produk. Kamu bisa melihat informasi lain, seperti harga, ketersediaan, atau merk.