Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Inilah Beberapa Tips Mengajari Orang Tua Memakai Smartphone

Perkembangan teknologi saat ini memang sudah jauh berbeda dibanding dulu. Bahkan kemajuan teknologi saat ini tidak hanya dirasakan oleh anak muda saja, namun orang tua juga sudah mulai mengikuti perkembangan saat ini.

Bahkan mereka kini mulai ikut meramaikan dunia media sosial. Walaupun begitu, kini masih banyak orang tua yang masih gaptek. Dengan tingginya penggunaan smartphone, akan lebih baik jika orang tua juga mengikuti perkembangan teknologi.

Selain bisa memudahkan keperluan sehari-hari, teknologi juga bisa membuat orang tua bisa mengawasi putra-putri mereka, dari hal yang kurang baik saat menggunakan smartphone.

Mungkin mengajari orang tua memakai smartphone adalah hal yang melelahkan. Namun jangan khawatir karena kami punya solusinya.

Berikut ini tips mudah mengajari orang tua menggunakan smartphone:

Sumber Gambar : 123RF

Harus Tenang dan Sabar

Hal paling penting yang harus kalian miliki saat mengajarkan penggunaan gadget ke orang tua adalah sabar. Oleh sebab itu, kalian harus sabar dan tenang dalam menjawab pertanyaan yang sering dilontarkan orang tua.

Misalnya, tombol apa saja yang harus ditekan, cara membuat atau menggunakan email/akun media sosial, hingga cara mengambil gambar menggunakan kamera.

Dalam proses ini, frustasi bukan hal yang bagus. Namun kalian juga harus tetap ingat, bahwa orang tua tidak lahir di era digital.

Berbeda dengan anak-anak masa kini yang lahir dalam era digital. Hal ini membuat mereka lebih mudah memahami cara penggunaan smartphone.

Selain itu, menjelaskan sesuatu kepada orang tua secara tergesa-gesa dan penuh emosi juga bukan hal yang baik. Orang tua memang lebih sensitif, penjelasan yang tergesa-gesa dan terkesan emosi hanya akan membuat mereka merasa tertekan.

Bukan menjadi paham, justru orang tua tidak akan fokus dengan penjelasan yang kalian berikan. Selain itu, orang tua menjadi takut untuk melontarkan pertanyaan.

Gunakan Bahasa Sederhana dan Mudah Dipahami

Saat mengajari orang tua perihal teknologi, maka kalian tidak perlu menjelaskan bahasa-bahasa ilmiah seputar dunia teknologi dan gadget.

Usahakan menggunakan bahasa sederhana dan tanpa berbelit-belit. Kalian cukup menjelaskan aplikasi apa yang harus dibuka. Kemudian arahkan langsung ke tempat pencarian.

Sebaiknya hindari penggunaan kata keren seperti β€˜Search Engine’, β€˜Speed Dial’, dan lain sebagainya. Sebab anak muda saja terkadang kurang paham dengan istilah tersebut, apalagi para orang tua.

Hindari Penjelasan Fungsi Fitur

Kalian tidak perlu menjelaskan perbedaan antara Android dan iOS. Selain itu kalian juga tidak perlu menjelaskan fungsi dari setiap fitur yang ada dalam smartphone.

Bagi orang tua, hal tersebut terlihat sangat rumit dan sulit diingat. Biarkan mereka menggunakan dan memahaminya sendiri.

Jelaskan Berulang Kali

Seperti yang telah kami sebutkan pada poin pertama, kesabaran adalah kunci utama dalam mengajari orang tua supaya tidak gaptek.

Oleh sebab itu, kalian harus sabar ketika harus menjelaskan berulang kali kepada orang tua. Sebab daya pemahaman orang tua sudah menurun. Maka tidak heran jika mereka sering melontar pertanyaan karena bingung.

Namun hal ini bisa diminimalisir dengan cara memberikan pertanyaan, serta mengulang apa saja yang telah dijelaskan dengan mempraktikkannya.

Jelaskan Mengenai Pentingnya Keamanan

Biasanya orang tua yang belum terlalu paham dengan teknologi kurang memperhatikan keamanan data di smartphone mereka. Oleh sebab itu, kalian harus bisa menjelaskan pentingnya keamanan data.

Hal ini dapat diawali dengan membuat kata sandi sederhana yang mudah diingat namun mudah ditebak, misal seperti nama hewan peliharaan dengan menggabungkan beberapa angka.

Salah satu contoh adalah β€˜Fish17’. Kemudian ingatkan kepada orang tua agar selalu memperhatikan keamanan, terlebih untuk tidak membeberkan kata sandi mereka kepada orang lain.

Perlihatkan Aplikasi yang Mudah Digunakan

Selanjutnya tunjukkan beberapa aplikasi penting yang biasa digunakan sehari-hari. Beberapa aplikasi seperti WhatsApp untuk chatting, kemudian Facebook agar selalu update kabar terbaru dari orang terdekat.

Selain itu tidak ada salahnya untuk memperkenalkan YouTube kepada orang tua. YouTube bisa digunakan orang tua untuk mendapatkan hiburan. Kalau memakai Android, jangan lupa pilihkan launcher yang mudah dilihat.

More Stories
Mijia Smart Pump, Pompa Angin Portable dari Xiaomi