Tips Mengatur TV Supaya Gambar Terlihat Sempurna

Setiap orang memiliki tips mengatur TV yang berbeda tergantung selera. Tapi agar gambar terlihat lebih sempurna, maka lakukan cara berikut ini.

Sebenarnya tidak ada tips yang benar-benar tepat untuk mengatur TV. Hal ini karena kondisi ruangan, teknologi serta preferensi setiap orang berbeda.

Faktor lain seperti ukuran, cahaya, penempatan dinding akan mempengaruhi tampilan gambar. Selain itu, cara pemasangan TV juga bisa mempengaruhi kualitas tampilan.

Kini banyak perusahaan elektronik yang meluncurkan TV beserta fitur canggih. Bahkan tidak sedikit TV berukuran raksasa yang dapat memberi pengalaman menonton lebih dahsyat.

Sumber Gambar : PXHere

Apa Saja Faktor yang Membuat Kualitas Gambar TV Meningkat?

Kini ada banyak TV yang memiliki resolusi 4K Ultra HD, HDR dan Wide Color Gamut. Hal ini menandakan kualitas gambar yang ditampilkan semakin bagus.

Selain itu, permintaan TV 4K beberapa tahun ini semakin melonjak. TV 4K dapat memberikan tampilan lebih tajam dan berwarna, daripada TV Full HD biasa.

Selain itu, penggunaan teknologi Quantum Dot dan panel OLED juga mempengaruhi kualitas gambar. Teknologi tersebut mengubah gambar yang pucat menjadi lebih dalam.

Tips Mengatur TV Supaya Gambar Terlihat Sempurna

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas gambar. Hal tersebut seperti penempatan TV, cahaya, ukuran TV, dll.

Berikut ini tips agar gambar TV terlihat lebih sempurna:

Mengatur Cahaya

Bagi TV LCD, mereka memiliki respon berbeda sesuai tingkat cahaya di sekitar. Sebab LCD adalah teknologi tampilan backlit, jadi mereka terlihat semakin menyala di ruangan gelap.

Hal ini berbanding terbalik jika TV LCD ditempatkan di ruang terang. Tampilan menjadi tidak terlalu berwarna dan cenderung kusam.

Sementara bagi TV berlayar OLED atau plasma, mereka dapat memproduksi cahaya sendiri. TV ini dapat menerangi diri mereka sendiri, tidak seperti TV LCD.

TV layar OLED atau plasma akan lebih sempurna di ruang remang-remang. TV jenis ini paling cocok digunakan untuk pecinta film.

Bagi pemilik TV LCD jangan berkecil hati. Untuk membuat gambar lebih sempurna, kalian bisa tempatkan cahaya seperti lampu di belakang TV.

Pengaturan Preset

Pengaturan preset sebaiknya disesuaikan dengan keadaan. Pada umumnya, TV memiliki tiga pengaturan yaitu Standard atau Normal, Dynamic dan Cinema.

Pengaturan Standard atau Normal adalah pilihan terbaik bagi kalian. Sebab pengaturan ini akan mengoptimalkan warna sesuai kontras dan ketajaman.

Pengaturan Dynamic sebenarnya adalah mode pabrik. Jadi sebaiknya hindari mode ini. Sedangkan mode Cinema dirancang untuk dilihat dalam tempat rendah cahaya.

Kontras

Bagi pemilik TV tabung, pengaturan kontras adalah hal paling sulit. Sebab bukannya menjadi bagus, gambar justru pecah dan buram.

Namun hal ini tidak berlaku pada TV LCD modern. Bahkan penambahan kontras biasanya membuat pengguna lebih nyaman.

Saat mengatur kontras ada hal yang perlu diingat. Hindari pengaturan kontras sampai 100%, karena bisa menyebabkan tampilan terlalu tajam dan membuat mata sakit.

Dalam mengatur kontras, sebaiknya kalian tambah beberapa persen saja. Atau sesuaikan kontras dengan selera dan kebutuhan.

Warna

TV generasi terbaru memiliki spektrum warna lebih banyak. Hal ini karena penerapan teknologi Quantum Dot dan Wide Color Gamut.

Dalam panel LCD, teknologi tersebut membuat warna merah terlihat sedikit oranye. Sedangkan warna hijau terlihat lebih matang.

Beberapa layar menawarkan akses ke pengaturan warna. Biasanya pengguna dapat mengatur RGB. Jika TV kalian punya fitur tersebut, maka atur RGB sesuai kebutuhan.

Sementara itu, kini banyak TV menggunakan sensor cahaya. Mereka dapat mendeteksi cahaya sekitar, dan memungkinkan TV secara otomatis menyesuaikan warna.

Walau canggih, tapi hal itu kadang terasa menjengkelkan, sebab gambar mulai berosilasi. Sebaiknya matikan semua sensor cahaya, agar pengalaman menonton lebih konsisten.

Ketajaman

Meningkatkan ketajaman tidak selalu menimbulkan efek yang baik. Jika ketajaman gambar terlalu tinggi, kualitas tampilan yang dihasilkan justru tidak bagus.

Apabila TV kalian memiliki pengaturan ketajaman, maka manfaatkan fitur tersebut. Namun ketajaman tidak boleh lebih dari 10/15.