6 Tips dan Rahasia Lengkap Buat Mengelola Playlist Spotify

Masih bingung gimana cara mengelola playlist Spotify? Simak tips lengkap untuk mengelola playlist Spotify berikut ini deh!

Fitur playlist atau daftar putar telah ada lama di Spotify. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan kamu buat mengelompokkan lagu-lagu tertentu jadi satu daftar. Biasanya orang-orang pakai fitur ini buat mengelompokkan lagu-lagu favorit mereka.

Meski sudah ada lama, sayangnya hingga kini masih ada sebagian pengguna Spotify yang masih bingung gimana cara mengelola playlist Spotify.

Buat kamu yang mengalami masalah di atas, tenang. Kami akan bagi-bagi tips buat mengelola playlist Spotify biar kamu nggak bingung. Yuk langsung saja.

Cara Memilih Banyak Lagu di Spotify

Memilih atau menghapus lagu ‘satu per satu’ di daftar putar pasti merepotkan banget! Untungnya Spotify menawarkan cara memilih banyak lagu sekaligus. Jadi kamu bisa memilih atau menghapus banyak lagu dalam beberapa kali klik.

Sumber : Make Use Of

Untuk memilih beberapa lagu di Spotify, tahan “CTRL (atau Cmd di Mac)” dan klik beberapa lagu yang ingin kamu pilih. Setelah itu, seret dan lepas semuanya dalam satu cluster untuk memindahkannya ke daftar putar lain.

Kalau ingin menghapus semua lagu yang kamu pilih tadi, klik kanan pada salah satu lagu yang kamu pilih. Lalu klik “Remove form this playlist.”

Cara Mencari Tahu Nama Playlist-mu

Kadang kamu mungkin sedang mendengar lagu, dan bertanya-tanya dari playlist mana lagu ini berasal. Gampang, kalau kamu pakai aplikasi desktop Spotify, klik sampul album yang ada di sudut kiri bawah untuk langsung menuju ke daftar putar saat ini.

Sumber : Make Use Of

Tapi ingat ya. Saat kamu mengarahkan mouse ke sampul album, biasanya kamu bakal melihat ikon panah di kanan atas. Kamu klik saja bagian lain selain panah tersebut. Karena kalau kamu klik panah tersebut, gambar sampul album bakal lebih besar (bukannya menuju ke playlist yang sedang diputar saat ini).

Cara Memfilter dan Mencari Lagu di Playlist

Playlist biasanya ada yang berisi hingga ribuan lagu. Otomatis kalau mau mencari lagu tertentu bakal susah dong. Tapi ada trik mudah yang bisa kamu pakai.

Sumber : Make Use Of

Buat pengguna Spotify desktop, klik tombol “CTRL + D (Cmd + F untuk Mac)” di playlist, atau kamu juga bisa mengklik ikon kaca pembesar kecil yang muncul di sebelah kiri kotak penyortiran. Di kotak pencarian yang terbuka, ketik nama artis, judul, atau nama album yang ingin kamu cari.

Cara Menduplikasi Playlist Spotify

Ingin buat cadangan atau mengirim playlist ke orang lain? Bisa, tapi kamu harus menggandakan playlist Spotify secara manual terlebih dulu. Untuk menduplikasi playlist Spotify, begini caranya:

  • Buka Spotify-mu.
  • Klik menu “Create Playlist” di sidebar kiri untuk membuat daftar putar kosong.
  • Beri nama daftar putar tersebut.
  • Selanjutnya, buka daftar putar yang ingin kamu duplikat.
  • Klik judul lagu yang pertama untuk memilih.
Sumber : Make Use Of
  • Tekan “CTRL + A (Cmd + A di Mac)” untuk memilih semua lagu yang ada di daftar putar tersebut.
  • Terakhir, klik dan seret lagu yang disorot ke daftar putar kosong di panel sebelah kiri.

Cara Berbagi Playlist Spotify ke Orang Lain

Ingin berbagi playlist Spotify ke orang lain? Gampang. Spotify sudah menyediakan caranya. Kamu bisa bebas berbagi playlist ke siapa saja.

Kalau kamu masih pakai Spotify versi lama, buka playlist Spotify-mu lebih dulu. Setelah itu klik ikon menu (titik tiga) di bagian atas. Selanjutnya klik menu “Share” untuk berbagi playlist.

Sumber : Make Use Of

Jika kamu menggunakan Spotify versi terbaru, kamu bisa tiru cara di atas dan pilih menu “Copy link to playlist” untuk mendapatkan URL yang bisa kamu tempel di mana saja. Misalnya di aplikasi chat atau media sosial.

Kalau kamu ingin orang lain menambahkan lagu lain ke playlist-mu, pilih “Collaborative playlist” yang ada di dalam daftar menu. Dengan begitu, siapa pun yang punya akses untuk mengelola playlist-mu bisa menambahkan lagu favorit mereka ke dalam.

Oya, kamu juga bisa berbagi daftar putar Spotify ke anak lewat Spotify Kids lho. Klik di sini buat mengetahui caranya.

Cara Mengedit Gambar Sampul Playlist

Secara default, Spotify memang telah membuat sampul playlist otomatis. Biasanya, sampul ini terdiri dari empat foto album pertama dari lagu-lagu yang ada dalam playlist.

Sumber : Make Use Of

Kalau kamu merasa bosan dengan gambar sampul yang itu-itu saja, kamu bisa menggantinya dengan gambar lain kok. Caranya cukup buka playlist, arahkah kursor ke gambar playlist yang ada, klik “Choose photo.”

Setelah itu Spotify bakal membuka gambar yang ada di komputermu. Pilih saja gambar yang ingin kamu pakai. Kalau sudah ketemu, klik “SAVE” untuk menyimpan gambarnya.

Jika ingin gambar lain yang lebih unik, kamu bisa bikin gambar artwork untuk jadi sampul playlist. Baca di sini untuk mengetahui caranya.

%d blogger menyukai ini: