Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Tips Menggunakan Google Keyboard (Gboard)

menggunakan google keyboard atau gboard

Hei, apa aplikasi keyboard Android favoritmu? Kalau saya, selama ini menggunakan Google Keyboard alias Gboard. Oleh karena itu, boleh dong saya berbagi sedikit tips.

Kenapa saya suka pakai Google Keyboard? Sederhana. Karena papan kunci ini memenuhi kebutuhan saya. Baik dari posisi tuts, penggunaan bahasa, sampai berbagai fitur lain. Kalau kamu belum coba, silakan download untuk Android dan untuk iOS.

Nah, berikut ini yang jadi setelan keyboard standar saya.

1. Letak Setelan Google Keyboard

Mengetahui letak Setelan Gboard adalah pengetahuan dasar dalam menggunakan Google Keyboard. Karena di sana kamu akan menemui banyak pilihan yang bisa membuatmu nyaman mengetik.

Cara masuk ke Setelan Gboard: Tekan logo G, lalu tekan tombol elipsis , dan pilih Setelan ⚙︎.

letak setelan google keyboard
Letak setelan Google keyboard

2. Setelan Bahasa

Salah satu kekuatan Gboard adalah dukungan bahasa yang banyak. Dukungan bahasa ini akan berhubungan dengan kamus dan saran kata. Saat ini, saya memakai tiga bahasa di keyboard: Indonesia, Jawa, dan Inggris.

Untuk bisa menggunakan pilihan bahasa (terutama yang spesifik), kamu harus menambahkannya dulu. Cara menambahkan bahasa di Gboard adalah: Masuk ke Setelan Gboard > Bahasa, > Tambahkan Keyboard. Bisa juga dengan menekan lama tombol Spasi > Setelan Bahasa.

Informasi bahasa yang kamu gunakan akan terlihat di tombol Spasi. Kamu bisa merubah prioritas bahasa (berhubungan dengan saran kata) dengan tombol Alih Bahasa. Kalau tombol itu tidak ada, kamu bisa menambahkannya melalui Setelan Gboard > Preferensi > Tampilkan tombol alih bahasa. Kamu harus memilih salah satu, apakah tombol alih bahasa atau emoji.

setelan bahasa google keyboard
Setelan bahasa Google keyboard

3.Atur Tinggi Keyboard

Kamu merasa bidang keyboard terlalu sempit? Coba atur ketinggiannya. Kamu bisa menuju ke Setelan Gboard > Preferensi > Ketinggian keyboard. Atur tuas sesuai keinginanmu, apakah pendek atau tinggi.

Hal ini tentunya berpengaruh dalam menggunakan Google Keyboard. Terutama berhubungan dengan ukuran jari dan ukuran layar.

perbandingan tinggi google keyboard
Perbandingan tinggi ukuran Google keyboard

4. Selalu Tampilkan Angka

Angka biasanya terletak di keyboard sekunder. Tepatnya kalau kamu mengetik tombol simbol dan angka ?123. Tapi kamu bisa memilih untuk selelau menampilkan baris angka di keyboard.

Masuk ke Setelan Gboard > Preferensi. Lalu aktifkan Baris angka. Angka 1 sampai 0 akan muncul di atas keyboard QWERTY.

menampilkan baris angka di Google keyboard
Bisa selalu menampilkan baris angka

5. Menggunakan Karakter Khusus dengan Cepat

Ada saatnya ketika kamu butuh memakai karakter khusus. Misalnya menggunakan tanda pangkat, pecahan, persentase, atau huruf dengan aksen seperti ü, dll. Caranya sangat mudah.

Tekan lama tuts huruf atau angka yang bersangkutan. Nanti akan muncul pilihannya. Sebagai contoh, kalau kamu menekan lama angka 3, akan muncul pilihan ³ dan ¾. Begitu juga kalau menekan huruf e, akan muncul ē, é, ë, è, dll. Yang seru, kalau kamu menekan lama tombol titik, akan muncul banyak tanda baca.

mengetik pangkat dan karakter khusus
Mengetik pangkat, pecahan, dan karakter khusus

6. Membuat Semua Huruf Jadi Kapital

Ingin mengetik dengan huruf kapital semua? Gampang. Kamu bisa mengetik seperti biasa, lalu tekan dua kali kata yang kamu ketik, dan tekan tombol Shift ⇧. Huruf di kata itu akan langsung jadi huruf kapital semua.

Kalau kamu ingin mengaktifkan huruf kapital sebelum mengetik, tekan tombol Shift ⇧ agak lama sampai muncul garis di bawahnya (seperti ⇪). Begitu kamu mengetik, huruf yang muncul adalah huruf kapital semua.

mengetik huruf kapital
Mengetik huruf kapital

7. Tekan Spasi Dua Kali Memunculkan Titik

Mungkin kamu mengetik begitu cepat sampai tidak sempat mencari tombol titik, jangan kuatir. Kamu bisa menekan tombol spasi dua kali. Tindakan itu juga akan memunculkan tanda titik.

Kalau kamu tidak suka dengan fitur ini, kamu bisa mengaturnya di Setelan Gboard > Koreksi Teks > Titik spasi ganda.

8. Kirim Emoji, Stiker Animasi dan GIF

Ya, di Play Store ada banyak keyboard untuk emoji, stiker, dll. Tapi Gboard pun memilikinya. Tekan logo G dan pilih ikon stiker atau GIF. Kamu akan menemukan berbagai pilihan emoji, stiker animasi, GIF.

Kamu juga bisa mencari pilihan tertentu. Misalnya masuk ke tab GIF dan cari “Yay”. Kamu akan mendapatkan berbagai animasi GIF orang bersorak gembira.

mencari animasi gif
Mencari animasi GIF

9. Mencari Langsung dari Keyboard

Namanya juga Google Keyboard. Tidak heran kalau ada fitur Google Search di dalamnya. Ya, kamu bisa mencari berbagai hal dan mengirimnya ke percakapan. Tinggal tekan logo G dan ketik di kotak pencarian.

Fitur ini sangat berguna. Misalnya kamu sedang ngobrol soal film, kamu bisa langsung mencari trailer film tersebut, dan mengirimnya ke temanmu. Tidak perlu buka aplikasi YouTube (tapi kalau kamu klik ikon Play akan membuka aplikasi YouTube).

fitur Google search
Fitur Google search

10. Menerjemahkan Langsung

Sekali lagi, namanya juga Google Keyboard. Tidak heran juga kalau ada fitur Google Translate. Tekan logo G, lalu tekan logo Google Translate. Tinggal pilih bahasa, dan cari terjemahannya. Hasil terjemahan akan muncul di kotak percakapan.

fitur Google Translate
Fitur Google Translate

Itulah beberapa tips menggunakan Gboard. Sebenarnya masih banyak lagi yang menarik. Tapi mungkin sementara itu dulu.

Selain Gboard, masih ada aplikasi keyboard favorit lain. Misalnya SwiftKey.

Nah, apa kamu menggunakan Gboard? Apa fitur yang kamu anggap paling membantu dalam menggunakan Google Keyboard? Silakan sebut di komentar. Kalau memang oke, bisa kami tambahkan di atas.

More Stories
Banyak Orang Memilih Pakai Twitter? Ini Alasan Di Baliknya!