5 Fitur Aplikasi Keyboard Swiftkey Favorit

fitur aplikasi keyboard swiftkey

Apa sih fitur aplikasi keyboard Swiftkey yang membuatnya menjadi salah satu aplikasi paling populer? Silakan duduk manis, karena kami akan membahasnya.

Swiftkey memang merupakan salah satu aplikasi keyboard terbaik. Aplikasi ini bersaing dengan Gboard dari Google. Yah, sebelum ini saya memang menggunakan Gboard dan pernah menulis tips menggunakan Google Keyboard itu.

Salah satu yang menghambat saya menggunakan Swiftkey adalah layout keypad angka. Saya sudah terbiasa dengan posisi mendatar, bukan kotak seperti punya Swiftkey. Ya, kita bisa menambah baris angka di atas keyboard. Tapi itu berarti mengurangi bidang layar.

Namun melihat update besar yang ada, saya pun kembali melirik aplikasi ini. Berikut beberapa fitur aplikasi keyboard Swiftkey yang menurut saya punya kelebihan.

[irp posts=”50688″ name=”Toolbar Swiftkey: Akses Lebih Mudah, Fitur Bertambah”]

1. Tidak Perlu Memindah Setelan Bahasa

Sama seperti Gboard, Swiftkey pun mendukung ketikan dengan banyak bahasa. Dengan Swiftkey, kamu tidak perlu repot mengganti setelan untuk mengetik dalam berbagai bahasa.

Di Gboard, ada tombol khusus untuk berganti bahasa (atau menggunakan spasi). Ya, kamu bisa nekat mengetik dengan bahasa campur aduk tanpa mengganti setelan. Tapi berdasar pengalaman saya, Swiftkey memberikan hasil lebih baik.

2. Prediksi Kata Lebih Akurat

Prediksi kata dan koreksi otomatis sering membuat jempol pegal saat mengetik. Swiftkey β€” sama seperti Gboard β€” mempelajari pola dan cara kita mengetik. Sejauh pengalaman saya, hasil yang diberikan cukup memuaskan.

Memang fitur ini masih belum sempurna. Karena saya toh belum lama menggunakannya. Tapi entah kenapa, aplikasi keyboard ini terasa “lebih cerdas” dari Gboard. Prediksi kata dan koreksi otomatis semakin lama berjalan semakin baik.

3. Swiftkey Flow Berfungsi Baik

Menulis dengan cara swipe di keyboard mungkin belum banyak dipakai. Saat menggunakan Gboard, fitur ini saya matikan karena tidak cukup akurat. Pada awalnya, saya cukup pesimis dengan fitur ini di Swiftkey.

Tapi ternyata, hasilnya cukup mengejutkan. Dengan prediksi kata yang baik, Swiftkey bisa memproses pergeseran jari di atas keyboard dengan baik pula. Jadi menggunakan satu tangan bisa lebih nyaman. Ini salah satu kelebihan Swiftkey yang patut diperhatikan.

4. Clipboard

Fitur aplikasi keyboard Swiftkey satu ini boleh dibilang juara. Kata atau kalimat apa pun yang kamu salin / copy, secara otomatis tersimpan di clipboard Swiftkey. Ketika kamu mau menggunakannya lagi (entah kapan), kata itu masih duduk manis dan siap ditaruh kembali.

Mungkin aplikasi keyboard lain ada yang punya fungsi ini. Tapi toolbar Swiftkey β€” dengan aksesnya yang mudah β€” membuat saya sadar akan fitur ini. Hasilnya, saya menggunakan keyboard dengan lebih optimal.

5. Bekerja Cepat Tanpa Terasa

Setelah menemukan setelan yang sesuai dengan kebutuhanmu, yang kamu lakukan tinggal mengetik. Tanpa terasa, Swiftkey membantu proses itu di latar belakang tanpa terasa.

Kalau tidak percaya, lihat saja statistik yang ada di aplikasi ini. Kamu akan terkejut melihat beberapa hal yang di luar perkiraan. Misalnya: Ternyata tanpa sadar kamu sudah melakukan swipe dan Swiftkey menyelesaikan kata tersebut.

[irp posts=”39433″ name=”Cara Mengganti Keyboard Android dan iOS”]

Yah, itulah beberapa fitur aplikasi keyboard Swiftkey yang jadi favorit saya. Memang bukan fitur yang mentereng seperti tema, layout yang unik, dll.

Saya pikir, fitur seperti itu banyak terdapat di aplikasi keyboard lain. Saya lebih melihat pada fungsi yang bisa mempermudah atau membantu proses mengetik. Paling tidak, itu yang saya rasakan menjadi kelebihan Swiftkey.

Sekarang giliran kamu, para jawara jempol. Apa aplikasi keyboard andalanmu? Fitur apa yang paing kamu suka?

%d blogger menyukai ini: