4 Tips dan Cara Jitu Merawat Laptop Touchscreen Supaya Awet

Bagaimana cara merawat laptop touchscreen? Mudah banget. Kamu bisa bersihkan layar pakai kain microfiber, cairan pembersih khusus, dll.

Siapa nih yang sudah punya laptop touchscreen? Ya, sesuai namanya, laptop ini menggunakan layar yang mendukung fitur touchscreen seperti di smartphone atau tablet.

Bicara soal laptop touchscreen, ada banyak fakta menarik soal laptop jenis ini. Selain harganya lebih mahal dari laptop layar biasa, ternyata perawatan laptop touchscreen berbeda dengan model biasa (bukan layar sentuh) berbeda lho.

Nah biar kamu nggak keliru dalam merawat laptop touchscreen, kali ini saya bakal bagi-bagi tips dan cara jitu buat merawat laptop touchscreen.

Pakai Kain Microfiber Buat Bersihkan Debu

Sudah bukan rahasia lagi kalau layar laptop gampang banget berdebu. Kalau nggak rajin dibersihkan, biasanya debu yang menempel bakal susah dihilangkan. Bahkan parahnya lagi, akan muncul noda hitam semacam jamur di layar.

Untuk membersihkan laptop touchscreen, caranya gampang kok. Tekniknya hampir sama seperti saat membersihkan lensa kamera atau proyektor.

Kamu bisa membersihkan layar menggunakan kain microfiber (tidak disarankan menggunakan kain selain microfiber). Kenapa harus kain microfiber sih? Pasalnya kain dirancang sehalus mungkin, sehingga tak akan menyebabkan goresan pada layar.

Pakai Spons Basa Buat Bersihkan Noda

Mungkin saat kamu makan atau minum sambil main laptop, ada noda makanan atau minuman yang nggak sangaja terciprat ke layar laptop.

Bagaimana cara menghilangkan noda pada layar laptop? Mudah. Kamu bisa pakai spons baru, lalu basahi dengan air steril (bukan air biasa). Tapi jangan basahi semua bagian spons ya. Cukup basahi spons sedikit saja, dan pastikan nggak ada air yang menetes dari spons.

Selanjutkan usap spons ke bagian layar yang bernoda. Jangan menekan spons terlalu keras ke layar. Kalau menurutmu layar sudah bersih, diamkan layar sampai kering. Setelah kering 100%, baru kamu bisa menghidupkan laptop kembali.

Pakai Cairan Pembersih untuk Bersihkan Minyak

Bagaimana kalau layar laptop terciprat minyak dari gorengan yang kamu makan? Tenang, kamu bisa semprotkan cairan pembersih khusus layar ke kain microfiber kering, setelah itu usap layar pakai kain microfiber tadi.

Sumber : Flokq

Di mana cairan pembersih layar bisa didapatkan? Kamu bisa membeli cairan tersebut di toko aksesori laptop. Tapi kalau memang nggak ada cairan khusus pembersih layar, kamu bisa pakai cairan pembersih lainnya kok. Namun pastikan cairan tersebut tak mengandung acetone dan ethyl alcohol ya. Oya, hindari juga penggunaan cairan pembersih kaca dan meja.

Simpan di Dalam Tas Saat Tidak Digunakan

Supaya laptopmu awet, jangan lupa untuk menyimpan laptop di dalam tas ketika sudah selesai digunakan. Jika tidak, kamu juga bisa menyimpan laptop di dalam sleeve case saat tidak dipakai.

Sumber : iStock

Nggak hanya itu, pastikan kamu jauhkan laptop dari paparan sinar matahari langsung ya. Pasalnya sinar matahari langsung bisa menyebabkan layar menjadi panas dan gampang rusak.

%d blogger menyukai ini: