6 Tips Mudah Hindari Mengunduh Aplikasi Palsu

Beberapa waktu lalu memang sempat beredar kabar bahwa jutaan pengguna smartphone telah menjadi korban aplikasi palsu. Dan salah satu aplikasi yang menjadi target penipuan adalah WhatsApp.

Seperti yang sudah kita ketahui, WhatsApp merupakan aplikasi populer di dunia. Hampir setiap pengguna smartphone kini menggunakan aplikasi WhatsApp.

Aplikasi obrolan yang satu ini menjadi salah satu dari ribuan aplikasi, yang telah dipalsukan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Pemalsuan ini dilakukan agar pihak tersebut bisa memperoleh keuntungan.

Biasanya aplikasi WhatsApp palsu akan berisi konten-konten aneh. Tidak hanya itu, konten tersebut juga bisa membahayakan pengguna.

Walaupun sekilas WhatsApp palsu terlihat mirip dengan versi asli, namun sebenarnya ada banyak kejanggalan yang terlihat jika diamati lebih teliti.

Agar terhindari dari mengunduh aplikasi palsu, maka berikut ini beberapa tips mengunduh aplikasi secara aman:

Sumber Gambar : iMore

Periksa Penggunaan Bahasa

Bahasa Inggris memang kerap digunakan dalam berbagai aplikasi. Sedangkan untuk aplikasi palsu, biasanya mereka memakai penggunaan bahasa yang tidak lazim.

Atau bisa juga, aplikasi palsu itu menggunakan Bahasa Inggris yang sama sekali tidak berkaitan dengan aplikasi. Apabila menemukan aplikasi semacam itu, maka kalian patut berhati-hati.

Baca Izin Aplikasi Dengan Seksama

Setelah memutuskan untuk memasang aplikasi, maka pengguna biasanya akan memberikan sejumlah akses dalam bentuk izin.

Dengan memberikan izin akses, hal ini berarti aplikasi bisa mengakses catatan telepon, SMS, jaringan Wi-Fi, dan yang lainnya. Sama seperti sebelumnya, jika aplikasi kecil namun meminta banyak izin maka sebaiknya hindari saja.

Lihat Tanggal Rilis Beserta Ukuran

Aplikasi palsu biasanya mempunyai tanggal rilis yang jauh lebih muda dibanding versi asli. Inilah poin penting yang bisa kalian periksa sebelum mengunduh aplikasi tersebut.

Walaupun sepele, namun tanggal rilis aplikasi memang kerap diabaikan oleh pengguna smartphone. Sebagai contoh aplikasi lampu flash, aplikasi ini tentunya tidak memuat banyak ukuran.

Namun kalian harus waspada apabila aplikasi ini mempunyai ukuran besar layaknya aplikasi Instagram, WhatsApp, Facebook, dan lain sebagainya.

[irp posts=”66588″ name=”6 Tips Memanfaatkan Teknologi untuk Hidup Hemat”]

Periksa Ulasan dari Pengguna

Dalam setiap aplikasi, tentu akan ada kolom yang berisi berbagai ulasan dari pengguna. Baik ulasan yang bersifat positif maupun negatif.

Selain itu, ada pula kolom yang memuat peringkat dari sebuah aplikasi. Dan hal tersebut bisa kalian jadikan acuan sebelum mengunduh aplikasi. Lihat terlebih dahulu ulasan yang dilontarkan pengguna lain sebagai pertimbangan.

Apabila pengguna lain menganggap bahwa aplikasi ini memberikan dampak bagus, maka tidak ada salahnya mengunduhnya. Namun jika ulasan yang diberikan negatif, maka kami sarankan kalian tidak mengunduhnya.

Periksa Bagian Publisher dan Developer

Dalam laman tiap aplikasi baik di Google Play Store maupun App Store, pengguna biasanya dapat melihat siapa developer serta penerbit dari aplikasi.

Dan tanda-tanda aplikasi palsu adalah, mereka akan memalsukan penerbit asli. Contoh salah satu kasus seperti ‘WhatsApp Inc,’ yang dipalsukan menjadi ‘WhatsApp.com.’

Kemudian ada pula kasus ‘Facebook’ yang dipalsukan menjadi ‘PT. Facebook,’ dan lain sebagainya. Untuk lebih yakin, maka pengguna dapat mencari berbagai aplikasi dengan tanda ‘Editor’s Choice’ atau ‘Top Developer.’

Pasang Aplikasi Keamanan

Untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan, maka kalian dapat memasang aplikasi keamanan terlebih dahulu seperti antivirus, atau aplikasi pengaman lainnya. Aplikasi tersebut bisa mencegah malware yang menyerang smartphone.

Tips yang kami berikan ini bertujuan agar kalian tidak salah mengunduh aplikasi. Sebab pihak tidak bertanggung jawab kerap memalsukan aplikasi-aplikasi ternama. Bijak dan hati-hati dalam memilih aplikasi akan membuat kalian dapat menggunakannya secara nyaman.

More Stories
peta game of thrones season 7
Peta Perjalanan Tokoh Game of Thrones Sejauh Ini (Infografis)