4 Tips Mudah Mempercepat Download di Google Chrome

Banyak pengguna komputer yang mengunduh file dari Google Chrome. Google Chrome sendiri menjadi sarana browsing yang paling populer saat ini.

Selain itu, saat ini orang semakin mudah bila ingin terkoneksi dengan internet. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang kerap mengunduh file entah video, lagu, atau film.

Namun mengunduh file dari Google Chrome dapat menjengkelkan, apabila proses tersebut lambat. Oleh sebab itu, pada kesempatan ini kami akan memberikan tips, untuk mempercepat download pada Google Chrome.

Berikut 4 tips mudah dalam mempercepat download di Google Chrome:

Sumber Gambar : OS Republik

Aktifkan Chrome Prefetch

Salah satu cara untuk mempercepat unduhan di Google Chrome, yaitu dengan mengaktifkan Chrome Prefetch. Chrome Prefetch merupakan sebuah fitur, dimana Chrome akan memprediksi atau menebak apa yang akan kalian cari di Chrome.

Dengan begitu Chrome otomatis akan loading, di latar belakang dan membuat halaman dibuka lebih cepat.

Untuk mengaktifkan Chrome Prefetch dapat dilakukan dengan klik simbol titik tiga, yang terletak di sudut kanan atas. Setelah itu klik β€˜Settings.’ Aktifkan pilihan β€˜Use a prediction service to load pages more quickly.’

Aktifkan Flash Plugin Click

Mungkin kalian pernah mengalami situasi, dimana ada iklan yang tiba-tiba muncul pada saat kalian memasuki website.

Situasi seperti itu dapat membuat kecepatan download di Chrome menjadi lambat. Untuk mengatasinya, kalian dapat mengaktifkan Flash Plugin Click.

Flash Plugin Click merupakan sebuah fitur, dimana iklan yang muncul dalam web dapat disembunyikan. Pengguna akan menerima sebuah pemberitahuan. Iklan akan dapat muncul, bila pengguna klik konten iklan tersebut.

Untuk mengaktifkan Flash Plugin Click, klik simbol segi tiga yang ada pada sudut kanan atas. Setelah itu, klik β€˜Settings.’

Kemudian pilih menu β€˜Show Advanced Settings,’ untuk memilih opsi β€˜Privacy and security.’ Selanjutnya pilih menu β€˜Content Settings.’ Setelah itu pilih menu β€˜Flash.’ Kemudian aktifkan Flash di bagian samping β€˜Ask first (Recommended).’

Ubah Width dan Height

Kalian juga bisa mempercepat download di Google Chrome dengan mengubah, atau mengatur Width dan Height dari Chrome.

Mengatur Width dan Height akan melancarkan proses download. Dengan begitu, PC tidak akan terlalu berat ketika melakukan banyak proses.

Untuk mengatur Width dan Height, kunjungi β€˜chrome://flags’. Kemudian tekan shortcut β€˜Ctrl + F’ dan carilah β€˜Default Tile.’ Selanjutnya kalian tinggal mengatur Width dan Height sesuai selera.

Mengatur Widht dan Height akan membantu kalian, yang kebetulan mempunyai PC atau laptop dengan RAM dibawah 4 GB. Namun bila mempunyai RAM lebih dari 4 GB, hal ini mungkin tidak terlalu membantu.

Hapus Extension yang Tidak Perlu

Mungkin koneksi internet kalian sangat cepat. Namun proses download di Chrome masih saja lambat. Tentunya hal ini akan membuat kalian heran.

Bisa jadi hal ini disebabkan oleh Chrome yang mempunyai banyak ekstensi. Ekstensi sendiri merupakan fitur dari Google Chrome, yang dapat meningkatkan fungsionalitas dari Chrome.

Walaupun mempunyai banyak manfaat, namun tidak jarang ekstensi justru menjadi penghalang kecepatan download.

Oleh sebab itu, hapuslah beberapa ekstensi yang tidak perlu. Cara menghapus ekstensi pada Chrome juga cukup mudah.

Klik simbol titik tiga yang terletak di sudut kanan atas. Kemudian klik β€˜More Tools > Extensions.’ Klik simbol tempat sampah yang terletak di samping extensions. Kini ekstensi sudah berhasil dihapus.

More Stories
6 Rekomendasi Aplikasi Android untuk Blokir Telepon dan SMS