Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Tips Mudah Salurkan Hewan Kurban dengan Berbasis Digital

Indri Penulis

Ingin melakukan kurban tapi nggak mau ribet? Mungkin kamu bisa coba menyalurkan hewan kurban secara online alias secara digital. Mudah kok.

Setiap tanggal 10 Dzulhijjah, semua umat Islam yang tidak melaksanakan ibadah haji akan merayakan hari raya Idul Adha.

Pada hari itu, umat Islam di-sunnah-kan untuk berkurban. Dimana mereka menyembelih hewan kurban, kemudian dibagi-bagikan ke seluruh umat Islam di suatu daerah. Walau bersifat sunnah, namun berkurban memang sangat dianjurkan terlebih bagi orang yang mampu melakukannya.

Menyambut hari raya Idul Adha yang tinggal hitungan hari, banyak warga muslim yang mempersiapkan uang untuk berkurban. Sebuah layanan donasi berbasis daring di Indonesia telah menyiapkan suatu platform khusus jual beli hewan kurban.

Sumber Gambar : Gandeng Tangan

Platform tersebut didesain untuk mempermudah distribusi hewan kurban hasil amal. Selanjutnya, hewan-hewan kurban hasil amal yang terkumpul, akan didistribusikan ke daerah-daerah seluruh Indonesia yang lebih membutuhkan.

Layanan tersebut disipakan oleh Kitabisa.com. Dengan Kitabisa.com, maka masyarakat yang berminat menjadi donatur hewan kurban, atau penasaran dengan layanan tersebut dapat mengunjungi laman Qurban.Kitabisa.com.

Sumber Gambar : Qurban Kita Bisa

Situs tersebut rupanya mengedepankan konsep berkurban berbasis lokal. Oleh sebab itu, publik tidak hanya dapat menyalurkan hewan kurban ke lingkungan sekitar mereka saja. Namun juga dapat ke luar daerah seperti Papua, Nusa Tenggara Timur, Aceh, hingga ke luar negeri seperti Palestina.

Chief Executive Officer Kitabisa.com, Alfatih Timur, mengungkapkan bahwa untuk dapat memberikan dampak lebih besar, maka layanan ini telah bekerjasama dengan berbagai mitra seperti Aksi Cepat Tanggap, DPU Daarut Tauhiid, Baitul Maal Hidayatullah, Bank Qurban, dll.

Setiap lembaga, memberikan pilihan lokasi penyaluran yang dinilai sangat membutuhkan. Hal tersebut didasari oleh data dari organisasi kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap.

Menurut data dari organisasi tersebut, sebanyak 80 persen muslim di kota berkurban di masjid dekat rumah mereka. Oleh karena itu, penerima hasil kurban Jabodetabek mendapat daging kurban lebih banyak dibanding daerah lain.

Tahun lalu, Kitabisa.com menyebut bahwa kampanye berkurban telah berhasil menarik peminat hingga 800 orang. Yang mana, 407 orang berkurban hewan kambing, 11 orang berkurban hewan sapi, sementara 362 orang pekurban lain patungan 1/7 ekor sapi.

Hewan kurban yang telah terkumpul tersebut, selanjutnya disalurkan ke berbagai kota di Indonesia. Kota-kota tersebut antara lain Aceh dan Papua. Sedangkan ke luar negeri, hewan kurban didistribusikan ke Myanmar dan Palestina.

Sebagai lembaga yang didirikan dengan semangat untuk meningkatkan partisipasi publik, kami juga ingin lembaga kami memberikan dampak, yang bisa langsung dirasakan oleh siapa saja dan dimana saja.” Kata Alfatih melalui keterangan resminya, 22 Agustus 2017.

Karena itu, kami mengajak cukup banyak partner dengan harapan dapat lebih memudahkan proses pengumpulan, maupun penyaluran hewan kurban.” Lanjutnya.

Dengan Kitabisa.com, masyarakat dapat memilih langsung tempat untuk menyalurkan hewan kurban mereka secara daring. Beragam pilihan seperti Pulau Buru, Atambua, Sorong, Alor, Mentawai, hingga Gaza, Somalia, Kenya, dan Suriah juga dapat dipilih.

Jadi untuk kalian yang ingin menyaluarkan hewan kurban via Kitabisa.com, cukup kunjungi laman Qurban.Kitabisa.com, selanjutnya pilih hewan yang ingin kalian kurbankan.

Selanjutnya, Kitabisa.com telah menyiapkan berbagai langkah pembayaran, sesuai dengan pilihan bank bagi pendonor.

Berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh Kitabisa.com. Dengan begitu, diharapkan selain menunaikan sunnah berkurban, masyarakat juga dapat membagikan hewan kurban mereka ke wilayah yang memang benar-benar membutuhkan.

Dengan  semakin mudahnya proses kurban saat ini, semoga kita dapat termotivasi untuk berkurban. Selain untuk niat beribadah, berkurban juga bisa menjadi wujud berbagi dengan orang lain.

Semoga informasi tersebut bermanfaat, dan selamat mencoba.