Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

3 Tips Sederhana untuk Membatasi Kecepatan WiFi

Biar ga lemot

Indri Penulis

Banyaknya pengguna WiFi akan berpengaruh pada kecepatan internet yang ada. Oleh sebab itu, tidak jarang penyedia layanan perlu membatasi kecepatan WiFi.

Membatasi kecepatan WiFi akan berguna dalam pemakaian jaringan. Tujuannya agar semua pengguna dapat mengakses internet secara merata.

popculture.id

Sebagai contoh, di rumah kalian menggunakan WiFi dengan kecepatan 10Mbps. Sedangkan terdapat 4 perangkat yang menggunakan WiFi tersebut. Pantau penggunaan WiFi dari perangkat tersebut.

Setelah itu, kalian sebaiknya membagi 10Mbps untuk 4 perangkat. Jadi setiap perangkat akan mendapat kecepatan WiFi sebesar 2.5Mbps.

Dengan adanya pembagian semacam itu, otomatis setiap perangkat tidak akan berebut kecepatan WiFi, karena telah diatur untuk setiap perangkat.

Lalu bagaimana cara membatasi kecepatan WiFi? Sebenarnya caranya hampir sama untuk semua router. Yang membedakan hanyalah tata letak dan bahasa.

Berikut tips untuk beberapa perangkat router.

TP-Link Router

Sumber Gambar : YouTube

TP-Link adalah router yang paling banyak digunakan oleh pengguna WiFi. Kalian dapat membatasi kecepatan WiFi pada TP-Link dengan cara sebagai berikut:

Masukkan IP Address ke dalam router. Kemudian log in dengan menggunakan identitas pengguna router.

Setelah itu, klik ‘DHCP > DHCP Client.’ Kalian akan melihat semua alamat IP, dari perangkat yang menggunakan akses WiFi. Catat semua IP Address yang ditampilkan tersebut.

Apabila kalian telah mengetahui IP Address yang ingin dibatasi kecepatan WiFi, maka klik menu ‘Control > Rule List.’

Kemudian isi IP Address yang ingin dibatasi. Jangan lupa untuk mengisi kolom ‘Egress Bandwidth & Ingress Bandwidth,’ dengan angka yang sama. Sementara untuk kolom lain, biarkan dan jangan ubah apapun di dalamnya.

Bila kalian sudah selesai mengisi kolom, klik ‘Save.’ Kini proses pembatasan kecepatan WiFi telah berhasil dilakukan.

Digisol Router

Sumber Gambar : YouTube

Selain TP-Link, Digisol Router juga banyak digunakan oleh pengguna WiFi. Selain itu, router ini memudahkan pengguna bila ingin membatasi kecepatan WiFi.

Untuk membatasi kecepatan WiFi pada Digisol Router, masuk menggunakan alamat IP router Digisol. Setelah itu, kalian dapat memeriksa IP Address router. Bila sudah, log in ke dalam router tersebut.

Klik ‘Status > Active Client Table.’ Setelah itu akan tampil berbagai IP Address, yang terhubung dengan WiFi.

Tulis setiap IP Address yang ingin kalian batasi kecepatannya. Apabila sudah, klik ‘Advanced > QoS Setup.’ Selanjutnya, kalian bisa klik tombol ‘Add.’

Jangan lupa untuk memasukkan IP Address, yang ingin kalian batasi kecepatan WiFi-nya. Tulislah besaran kecepatan pada bagian Up Floor, Down Floor, Up Ceiling dan Down Ceiling.

Usahakan untuk mengisi bagian tersebut dengan angka yang sama. Sementara itu, biarkan opsi lainnya kosong.

Terakhir, kalian dapat klik tombol ‘Add’ yang terletak di bagian bawah. Kini proses telah selesai, dan kalian sudah berhasil membatasi kecepatan WiFi pada Digisol Router.

D-Link Router

Sumber Gambar : YouTube

Mungkin bila kalian salah satu pengguna router D-Link, maka kalian dapat mengatur kecepatan WiFi dengan mudah.

Pertama, masuklah menggunakan IP Address dari router D-Link. Setelah itu, log in menggunakan identitas pengguna router.

Selanjutnya, kalian dapat klik ‘Status > Client Table.’ Pada bagian tersebut, akan ditampilkan semua IP yang tengah mengakses WiFi.

Seperti biasa, catat semua IP Address yang ingin kalian batasi. Setelah itu klik ‘Advanced > Traffic Control.’ Untuk membatasi kecepatan WiFi, klik tombol ‘Add.’

Selanjutnya, isi batasan angka kecepatan WiFi di bagian Up Floor, Down Floor Limit, Up Ceiling, dan Down Ceiling dengan angka yang sama.

Jangan lupa untuk mengisi kolom IP Address, yang akan kalian batasi kecepatan WiFi-nya. Apabila sudah, klik tombol ‘Add Rules’ yang pada bagian paling bawah.

Sekian 3 tips untuk membatasi kecepatan WiFi. Semoga informasi tersebut bermanfaat, dan selamat mencoba.

    %d blogger menyukai ini: