5 Tips Sederhana untuk Mengatasi Hasil Print yang Bergaris

Salah satu masalah yang kerap dialami oleh pengguna printer adalah hasil print bergaris. Kamu pasti pernah mengalaminya. Menyebalkan bukan?

Hampir semua orang pernah menggunakan printer. Printer merupakan sebuah teknologi, yang akan memudahkan manusia dalam mencetak apapun, baik berupa foto maupun dokumen.

Printer tidak hanya bisa mencetak warna hitam-putih saja dalam sebuah dokumen. Namun printer sudah semakin canggih, karena mempunyai berbagai fungsi seperti untuk fotocopy, hingga mencetak gambar berwarna.

Walaupun sangat membantu, tidak jarang pengguna kerap menemukan masalah ketika menggunakan printer. Salah satunya hasil bergaris itu.

Tentunya, permasalahan seperti itu cukup mengganggu. Namun jangan khawatir, pada kesempatan ini kami akan membantu kalian mengatasi masalah tersebut.

Berikut 5 cara mengatasi hasil print bergaris dengan mudah:

Periksa dan Bersihkan Cartridge

Sumber Gambar : YouTube

Sudah menjadi rahasia umum, apabila hasil print dipengaruhi oleh tempat penyimpanan tinta printer. Oleh sebab itu, cobalah untuk memeriksa cartridge terlebih dahulu.

Pastikan apakah tinta printer menggumpal atau tidak. Apabila tinta dalam cartridge menggumpal, maka hal tersebut menjadi penyebab hasil print bergaris.

Untuk menangani hal tersebut, lepas cartridge dan rendam head cartridge ke dalam air hangat. Yang perlu diperhatikan, pastikan kalian hanya merendam head-nya saja.

Setelah head cartridge direndam, tunggulah headΒ cartridge kering seutuhnya. Apabila sudah kering, maka kalian dapat memasangnya kembali.

Bersihkan Tinta yang Ada Dalam Cartridge

Cara kedua dalam mengatasi hasil print bergaris, adalah dengan mengosongkan tinta yang ada di dalam cartridge printer.

Kalian dapat menyedot semua tinta yang ada di dalam cartridge menggunakan suntikan. Suntikan yang digunakan adalah khusus untuk mengisi tinta.

Apabila seluruh isi tinta sudah kosong, maka kalian dapat mengisi kembali cartridge menggunakan tinta yang baru.

Lakukan Head Cleaning

Sumber Gambar : YouTube

Printer merupakan salah satu teknologi modern. Tentunya, hal tersebut menjadikan printer mempunyai fitur yang dapat membantu pengguna dalam mengatasi permasalahan.

Salah satu cara untuk mengatasi hasil print yang bergaris, yaitu dengan melakukan Head Cleaning. Sebenarnya Head Cleaning merupakan sebuah fitur, yang dapat kalian akses langsung di dalam komputer.

Untuk mengakses Head Cleaning, klik β€˜Control Panel > Hardware and Sound > Devices and Printers.’ Apabila sudah, lanjutkan dengan mengoperasikan fitur Head Cleaning.

Pilih β€˜Cleaning / Deep Cleaning’. Dengan begitu, secara otomatis PC / laptop akan melakukan pembersihan pada bagian head, dari Cartridge printer. Selain itu, PC / laptop akan melancarkan aliran tinta.

Periksa dan Bersihkan Encoder

Sumber Gambar : Cuverita

Sebenarnya di dalam cartridge terdapat sebuah benda panjang seperti mika. Benda tersebut disebut sebagai Encoder.

Encoder mempunyai fungsi yang hampir sama seperti sensor. Oleh sebab itu, Encoder sangat berpengaruh dalam hasil print.

Oleh sebab itu, jangan lupa untuk memeriksa Encoder secara berkala. Apabila Encoder sudah mulai kotor, maka segera lakukan pembersihan.

Kalian dapat menyeka Encoder menggunakan tisu secara perlahan, kemudian bersihkan debu yang menempel pada Encoder.

Apabila sudah bersih, cobalah untuk print ulang dan lihat hasilnya. Bisa dipastikan hasil print akan jauh lebih baik daripada sebelumnya.

Menggunakan Cartridge Warna

Apabila sebelumnya kalian telah melakukan Head Cleaning, namun hasil print masih tetap bergaris, maka cobalah mengubah pengaturan menjadi β€˜Color Cartridge’.

Cara mengubah pengaturan adalah dengan membuka Microsoft Office. Setelah itu, tekan shortcut β€˜CTRL + P’ pada keyboard.

Selanjutnya klik menu β€˜Properties,’ dan lanjutkan dengan memilih menu β€˜Maintenance.’ Pilih fitur β€˜Ink Cartridge Settings’ dan pilih β€˜Color Only.’ Terakhir pilih β€˜OK’ dan setelah itu cobalah untuk print ulang.

Selamat mencoba. Semoga hasil print tidak bergaris lagi.

%d blogger menyukai ini: