Biar Tetap Gaul, Ini Tips Supaya Tidak Ketinggalan Tren di TikTok!

Suka merasa kurang update dengan tren yang ada di TikTok? Nih, ada beberapa tips supaya kamu nggak ketinggalan tren TikTok. Biar Tetap gaul.

Cara posting video di TikTok sudah bisa. Langkah-langkah buat pakai TikTok juga sudah bisa. Sekarang saatnya kamu untuk ‘bermain’ TikTok ke level berikutnya.

Buatmu yang menjadikan TikTok tak hanya sebagai media sosial, alias ingin menjadikannya sebagai cara mendapat penghasilan lebih, yang kamu butuhkan nggak cuma video-video menarik guys.

Selain video menarik, kamu juga harus selalu mengikuti tren yang ada di TikTok. Dengan begitu, kamu akan berpotensi mendapatkan lebih banyak penayangan di TikTok.

Nah, di artikel kali ini, kami bakal berbagi tips supaya kamu tidak ketinggalan tren di TikTok. Harapannya selain bisa tetap gaul, jumlah penayangan video-mu juga bisa meningkat.

Tips Agar Tak Ketinggalan Tren di TikTok

Sedikit bocoran, algoritma TikTok dirancang cukup unik lho. TikTok akan ‘menaruh perhatian lebih’ ke video yang memakai suara, efek, atau tagar tertentu yang saat ini sedang tren. Video-video ini juga akan lebih mudah ditemukan orang ketika mereka menjelajahi tab “Discover” atau “Temukan.”

Lalu bagaimana cara memantau tren di TikTok?

Coba Identifikasi Tren yang Ada

Tren bisa berasal dari berbagai fitur yang ada di aplikasi. Katakanlah seperti suara, tarian, transisi, atau bahkan tagar (hashtag).

Salah satu cara paling gampang untuk mengidentifikasi tren adalah dengan menelusuri tab Discover. Tab tersebut bakal menampilkan beragam suara dan topik yang sekarang sedang booming.

Selain itu, kamu juga bisa coba pakai tagar #trendalert. Buat yang belum tahu, jadi #trendalert adalah tagar populer yang dipakai beberapa TikTokers, untuk mengidentifikasi fitur tren yang bisa diikuti orang lain.

Biasanya TikTokers ini memang sengaja menjelajahi TikTok dan mengidentifikasi apa yang sekarang sedang tren. Setelah mendapatkan info yang dibutuhkan, mereka bakal bikin video baru dengan tagar #trendalert dan membahas soal tren yang sekarang ada di TikTok.

Lalu apa yang harus kamu lakukan? Gampang. Kamu tinggal ikuti saja tren apa pun yang mereka identifikasi dalam video. Gimana, gampang kan?

Pakai Fitur yang Sedang Tren

Sebenarnya kalau membahas soal fitur, jenisnya banyak. Ada efek animasi, filter, suara, dll. Tapi di artikel ini, saya akan fokus pada tren suara.

Jika kamu sudah menemukan lagu atau audio lain yang populer, tambahkan lagu/audio tersebut ke daftar favoritmu. Tujuannya agar kamu bisa lebih mudah mengaksesnya nanti.

Jujur cara yang kedua ini memang cukup jitu lho. Kemarin ketika aespa baru saja merilis lagu “Next Level,” saya pernah iseng-iseng bikin video di TikTok pakai lagu “Next Level.”

Hasilnya sungguh mengejutkan. Waktu itu saya sama sekali belum punya followers. Tapi karena memakai lagu “Next Level” (yang waktu itu lagi booming), viewers TikTok saya bisa tembus lebih dari 3000an.

Kalau kamu nggak terlalu update soal lagu-lagu terbaru yang lagi booming saat ini, kamu bisa buka halaman suara dan lihatlah video terbaru yang menggunakan suara-suara tersebut.

Idealnya, kamu bisa pakai suara yang digunakan oleh video-video terbaru (diposting sekitar satu atau dua hari yang lalu). Kalau video sudah diposting sekitar seminggu yang lalu tapi masih bertengger di halaman suara, lebih baik kamu cari suara lainnya (yang waktu postingnya masih baru).

%d blogger menyukai ini: