7 Tips untuk Traveller Perempuan

Kalian selalu melakukan perjalanan bersama teman-teman? ada baiknya sesekali kalian melakukan perjalanan sendiri alias solo travelling.Ada sensasi yang tidak dapat ditemukan ketika kalian melakukan perjalanan ramai-ramai, seperti lebih fleksibel, dan lebih menikmati perjalanan.

Sebagian perempuan merasa bahwa solo travelling berbahaya dan tidak aman. Namun hal tersebut bisa dihindari asal kalian mempersiapkan diri.

Berikut tips-tips buat kamu para perempuan yang ingin melakukan solo travelling.

Carilah informasi secara detail

Awal dari segala awal sebuah perjalanan adalah riset. Carilah informasi yang mendalam semua hal terkait perjalanan kalian, seperti transportasi, penginapan, lokasi wisata, tempat makan dan lain-lain. Hal ini wajib dilakukan terutama jika kamu melakukan travelling sendirian.

Kebanyakan kejahatan terhadap traveller terjadi karena mereka tidak melakukan riset yang mendalam, sehingga terlihat kebingungan ketika sampai di lokasi tujuan. Tampilah percaya diri seolah kalian benar-benar paham dengan daerah tersebut. Mencari informasi bisa menjadi salah satu cara agar tampak percaya diri ketika di perjalanan.

Bawa alat melindungi diri

Buat traveller perempuan hal ini wajib dilakukan, membawa alat melindungi diri, sperti alat setrum, pisau kecil atau semprot mata. Gunakan alat-alat ini untuk mempertahankan diri di saat-saat yang tidak terduga.

Pastikan alat-alat ini diletakan di tempat yang mudah diraih jika sewaktu-waktu dbutuhkan. Seperti di saku celana, atau di tas bagian luar. Jika kalian menguasai pertahanan diri akan lebih baik lagi untuk perjalanan kalian.

Baterai Handphone Full

Nah, sebelum keluar dari tempat penginapan, pastikan baterai handphone kalian dalam keadaan penuh. Jika perlu, bawalah baterai cadangan atau powerbank ketika perjalanan. Handphone akan sangat membantu jika kalian tersesat, atau dalam keadaan bahaya.  Handphone juga bisa menjadi tempat  bertanya jika situasi kalian tidak memungkinkan untuk bertanya pada warga setempat.

Catat nomor penting

Jangan lupa selalu catat nomor hotel dan nomor pihak keamanan setempat. Hal itu bisa digunakan untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan.

Pastikan kalian selalu memiliki koneksi internet atau pulsa untuk menghubungi nomor-nomor tersebut. Jika kalian travelling ke luar negeri, tidak ada salahnya kalian mencatat alamat atau nomor telpon kedutaan besar

Bawaan yang praktis

Perempuan terkadang ingin mengemas semua pakaian yang ada di lemari untuk dibawa berpergian. Hingga akhirnya barang yang dibawa terlalu banyak dan kerepotan sendiri. Belum lagi barang-barang yang diperlukan malah ketinggalan. Cara ini agak kuno tapi masih layak dicoba, buatlist list barang-barang yang diperlukan. Jangan lupa sisakan ruang di tas mu untuk souvenir atau barang-barang tidak terduga lainnya.

Hindari perjalanan malam

Jika lokasi tujuan kalian terkenal dengan wilayah yang tidak ramah pada traveller perempuan, hindarilah perjalanan malam. Perjalanan di malam hari jauh lebih beresiko dibandingkan dengan perjalnan di siang hari. Untuk mengurangi keluar di malam hari sendirian, carilah tempat penginapan yang dekat dengan tempat makan, pusat transportasi, maupun minimarket. Dengan begitu, kalian tidak perlu berjalan jauh jika memerlukan sesuatu sewaktu-waktu. Selain itu, alangkah lebih baik jika memilih dorm khusus wanita.

Pilihlah pakaian yang nyaman

Kalian senang menggunakan high heels di keseharian kalian? Mungkin ketika travelling kegemaran kalian ini harus disingkirkan terlebih dahulu. Ketika travelling pilihlah pakian dan sepatu yang nyaman. Jangan sampai kalian terluka karena ngotot menggunakan pakaian atau sepatu yang tidak sesuai dengan daerah tujuan.

Install aplikasi pendukung

Jangan lupa install aplikasi-aplikasi travel di perjalanan kalian. Aplikasi penerjemah, maps, Instagram, Twitter, Facebook atau aplikasi yang berhubungan dengan perjalanan. Selain berguna untuk membantu dalam mencari informasi, kalian bisa juga melakukan dokumentasi dan membaginya dengan follower kalian di media sosial.

Terpenting nih, hilangkan persepsi bahwa perempuan melakukan perjalanan sendiri adalah hal yang berbahaya. Kita memang tidak pernah tahu apa yang akan terjadi, sehingga lebih baik untuk selalu berjaga-jaga. Sendirian tetap bisa menikmati perjalanan kok.

Happy travelling!

    %d blogger menyukai ini: