Toby: Bukan Sekedar Ekstensi Speed Dial Chrome Biasa

toby speed dial chrome

Speed Dial browser adalah fitur yang mempercepat akses ke sebuah situs. Tidak usah mengetik alamatnya, tinggal klik, dan kunjungi. Sayangnya speed dial Chrome — sebagai browser paling populer — tidak tersedia dari bawaannya.

Google Chrome menyajikan halaman tab baru dengan beberapa pilihan. Kalau tidak dengan bilah pencarian dan beberapa situs yang paling sering dikunjungi, aplikasi Chrome yang kita pasang di browser tersebut, atau halaman situs tertentu yang kita tentukan. Kecuali kalau kamu memasang ekstensi Chrome.

Ekstensi untuk speed dial Chrome pun cukup banyak. Namun kali ini saya mau membahas Toby. Sebuah ekstensi speed dial yang bisa mengatur begitu banyak tab baru di Google Chrome.


Baca juga: 7 Ekstensi Chrome yang Harus Kamu Hapus Sekarang Juga


Menata speed dial Chrome dengan lebih baik

Skenario paling umum ketika kita mau menelusuri internet adalah membuka situs yang paling kita suka. Bisa jadi tab yang kita buka berisi halaman situs yang acak. Entah itu Facebook, 9GAG, Wikipedia, dll.

Terkadang, kita juga membuka beberapa situs yang berhubungan dengan pekerjaan atau hobi. Misalnya kalau kamu hobi nonton film, mungkin membuka IMDB, Rotten Tomatoes, YouTube, dll.

Dalam situasi tertentu, kadang kita perlu meninggalkan tab browser yang begitu banyak, dan membukanya lagi nanti. Dengan catatan, kalau tidak lupa ­čśÇ . Ya kita bisa melihatnya lagi di riwayat (history) browser. Tapi kadang menelusuri nya lagi satu persatu cukup bikin malas.

tampilan tab manager browser toby

Semua itu bisa diselesaikan dengan baik menggunakan Toby.

  • Mengatur speed dial Chrome sesuai kategori yang kita inginkan.
  • Mengatur speed dial sesuai kebutuhan (pekerjaan atau pribadi)
  • Menambah tab ke speed dial dengan mudah, hanya drag and drop.
  • Menyimpan sesi penelusuran (tab yang sedang dibuka) dengan mudah, dan akses lagi nanti.
  • Pilihan tema gelap dan terang.

Sejauh berhubungan dengan speed dial dan manajemen tab browser, sejauh ini Toby memuaskan.

Bersih dan teratur

Seperti bisa dilihat, tampilan Toby sangat rapi. Mulai dari kategori besar di bagian atas (All, Work, dan Personal), deretan speed dial sesuai kategori buatan kita di bawahnya, dan informasi tab yang terbuka di sidebar kanan.

Masing-masing kategori yang kita buat bisa dibuka tutup. Dengan demikian tidak memenuhi layar, dan kita bisa fokus pada tab yang sedang kita butuhkan.

setting speed dial chrome toby

Pilihan gelap atau terang juga menyenangkan. Yah, saat ini tema gelap terang di sistem operasi memang sudah jadi standar. Wajar kalau aplikasi menyesuaikan hal itu.

So, I think it’s all good.

Ringan dan mudah digunakan

Saya menggunakan dua monitor untuk komputer. Kadang — seperti saat mengetik artikel ini — ada tab┬ábrowser di monitor satu dan tab lain┬ádi monitor satunya. Saya cukup terkesan melihat bagaimana Toby beradaptasi dengan sistem kerja semacam ini.

Toby akan menyesuaikan tab yang terbuka untuk masing-masing browser di tiap monitor. Jadi, selain kepentingan tab terpisah sesuai kategori yang kita tentukan, tab juga bisa terpisah sesuai layar monitor. Ini memudahkan untuk melihat referensi di monitor kiri dan bekerja di monitor kanan.

toby drag and drop tab

Saya juga mencoba menonaktifkan dan mengaktifkan kembali ekstensi speed dial Chrome ini. Ternyata tidak ada masalah. Speed dial yang saya atur tetap hadir dengan rapi. Bahkan langsung menyesuaikan dengan tab yang terbuka saat itu.

Meletakkan dan mengatur tab ke speed dial juga sangat mudah. Tinggal drag and drop. Kita juga bisa memberi nama lain baik untuk kategori speed dial atau tab yang bersangkutan.

Sejauh ini sih Toby cukup memuaskan. Terasa ringan, cepat, dan mudah digunakan. Untuk saya, ekstensi Chrome ini memberikan solusi yang oke.


Baca juga: 8 Ekstensi Chrome untuk YouTube yang Keren


Tergantung bagaimana kebiasaanmu menggunakan browser. Tapi kalau kamu sering membuka banyak tab dan memiliki banyak jenis kegiatan, kamu pasti tahu bagaimana repotnya mengelola tab.

Silakan unduh dan coba Toby di browser Google Chrome. Lalu buatlah aktivitas internet dengan tab browser lebih simpel.

PASANG DI GOOGLE CHROME

Ada komentar?