Epic Membuat Toko Game Online Sendiri

toko game online epic

Epic Games membuat toko game online sendiri. Tidak heran, sekarang memang era digital. Pengembang game Fortnite β€” yang jadi game gratis paling sukses saat ini β€” ini pun secara resmi masuk ke persaingan bursa penjualan game.

Siapa sih yang tidak suka main game? Para raksasa dunia teknologi pun memahami hal ini. Itu sebabnya persaingan terus berlangsung. Baik dari sisi pengembangan game itu sendiri sampai tempat penjualannya.

Lihat saja bagaimana Google mendorong promosi game di Play Store (termasuk lewat Play Store Awards). Microsoft membuat ekosistem Windows menjadi satu dan menyelaraskan Store di tiap perangkat, termasuk untuk permainan Xbox. Bahkan Facebook pun membuat Gameroom. Tentu saja, di samping nama itu, masih ada Steam yang menjadi salah satu raksasa bursa game.

Rencana Toko Game Online Epic

Melalui sebuah artikel di blog resmi, Epic mengumumkan toko game online miliknya. Selain akses melalui browser, mereka juga akan merilis aplikasi launcher toko game tersebut untuk Windows dan Mac. Tidak cuma di desktop, Epic pun berencana merilis toko tersebut untuk perangkat Android.

Dalam waktu dekat, game yang hadir di toko game itu merupakan permainan buatan Epic dan game lain yang dibuat dengan Unreal Engine. Secara bertahap, toko ini akan menyediakan permainan lain untuk berbagai platform. Semuanya akan berjalan pada tahun 2019.

tampilan toko game online epic
Tampilan Bursa Permainan Epic

Hal Menarik Dari Toko Game Epic

Ada beberapa hal menarik lain dari toko game online milik Epic ini.

Pertama, untuk pengembang game, mereka berjanji akan membagi 88% pendapatan. Epic hanya memungut biaya 12%. Apalagi kalau pengembang tersebut menggunakan Unreal Engine (buatan Epic). Biaya royalti sebesar 5% akan masuk di dalam 12% jatah Epic di atas.

Kedua, Epic Games dan rekan mereka akan membagi game gratis setiap dua minggu sekali. Tentunya game itu adalah game berbayar, di samping game gratis yang ada seperti Fornite sendiri.

Ketiga, Epic Games berencana membuat toko game tersebut berbasis komunitas. Jadi Epic akan membuat program kerjasama dengan kreator konten untuk mempromosikan game.

Menarik bukan? Yah… Memang, seperti sudah disebut di atas, tiap platform punya bursa permainan sendiri. Tidak ada salahnya juga muncul yang baru. Semakin banyak toko game online, konsumen bisa memilih mana yang memberi keuntungan (promosi gratis, potongan harga, dll) sesuai game yang mereka mainkan. Betul kan?