Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

TikTok Akhirnya Rilis Tombol Dislike untuk Komentar

Indri Penulis

TikTok akhirnya merilis tombol dislike untuk komentar. Lewat tombol ini pengguna bisa memberikan tanda tidak suka ke komentar tertentu.

Sebenarnya fitur dislike ini sudah diuji coba TikTok sejak bulan April 2022. Tapi dalam uji coba sebelumnya, TikTok menguji coba fitur dislike untuk komentar dan video seperti di YouTube.

popculture.id

Karena sekarang yang rilis baru fitur dislike untuk komentar, ada kemungkinan jika fitur dislike untuk video masih diuji coba lebih dalam sebelum diluncurkan.

Oke, kita balik lagi ke tombol dislike komentar TikTok. Sebenarnya tidak ada aturan wajib untuk menggunakan fitur ini. Tapi TikTok mengatakan fitur ini bisa menjadi cara interaksi baru yang memungkinkan pengguna melihat/menilai komentar ‘tidak pantas/tidak relevan’ dengan lebih baik.

Seperti yang bisa kamu lihat dalam gambar, fitur dislike terletak tepat di sebelah kanan fitur love. Menariknya, TikTok hanya menampilkan jumlah komentar yang disukai. Sedangkan jumlah komentar yang tidak disukai tidak ditampilkan (lagian bisa malu-maluin yang bikin komentar sih).

Sementara itu sebelum adanya fitur baru ini, TikTok sempat menawarkan beberapa cara untuk memberikan umpan balik ke sebuah konten.

Pertama, pengguna bisa mengetuk ikon hati / love untuk menunjukkan ketertarikan pada video. Kedua, ada juga opsi untuk meninggalkan komentar. Sedangkan opsi lainnya memungkinkan pengguna melaporkan konten tersebut ke TikTok jika tidak menyukainya.

Yah TikTok memang tidak mengatakan apa yang mau mereka lakukan dengan sistem dislike yang baru. Jadi kita tinggal lihat saja nanti bagaimana fitur tersebut mempengaruhi pengguna, kreator dan platform TikTok itu sendiri.

Oya, dalam pengumumannya, TikTok mengatakan kalau fitur dislike sudah mulai diluncurkan secara perlahan ke semua pengguna. Tapi kalau misalnya kamu belum mendapatkan fitur tersebut, mungkin kamu perlu meng-update TikTok secara manual. Atau jika belum ada pemberitahuan untuk update, berarti fitur tersebut memang belum sampai ke aplikasimu. Jadi sabar dan tunggu saja ya.

    %d blogger menyukai ini: