Tombol Pintasan “Mark as Read” pada WhatsApp Mulai Disebar

whatsapp

WhatsApp merupakan aplikasi chatting yang banyak digunakan orang. Aplikasi chatting tersebut juga terkenal konsisten melakukan pembaharuan terhadap performanya.

Setelah beberapa kali melakukan pembaharuan dengan menambahkan fitur update status, dll. Kini WhatsApp masih terus berinovasi untuk dapat menciptakan fitur terbaru, sehingga dapat membuat penggunanya semakin nyaman dan aman.

Beberapa waktu yang lalu, WhatsApp diketahui tengah mempersiapkan sebuah tombol pemintas bernama “Mark as Read”. Tombol tersebut berfungsi sebagai tanda pesan telah dibaca.

Namun fitur tersebut rupanya masih dalam tahap pengembangan oleh pihak WhatsApp. Tahap pengembangan tombol pintasan “Mark as Read” ditandai dengan penyebaran di sejumlah beta versi Android.

Hingga saat ini, shortcut “Mark as Read” dikabarkan telah tersebar ke lebih banyak pengguna beta Android. Bahkan fitur terbaru itu kini telah dalam pembaharuan yaitu v2.18.232, yang nama berada dalam opsi notification centre dalam WhatsApp.

Ketika pengguna WhatsApp mendapatkan pesan yang muncul secara pop-up, maka otomatis akan diikuti tombol pemintas “Mark as Read” yang terletak di sebelah opsi “Reply to”.

Sumber Gambar : Neurogadget

Seperti yang kita ketahui, saat ini dalam panel notifikasi pesan WhatsApp hanya menampilkan tombol pintas untuk membalas pesan (Reply to).

Apabila pengguna memilih “Reply to”, maka akan dibawa ke layar chat untuk membalas pesan yang masuk. Sedangkan bisa memilih “Mark as Read”, maka notifikasi akan hilang. Notifikasi yang hilang digantikan dengan pesan yang telah terbaca (dua centang biru).

Nah, notifikasi tersebut tidak akan muncul kembali. Bahkan apabila ada notifikasi baru yang diterima oleh pengguna WhatsApp.

Dengan adanya fitur “Mark as Read”, maka pesan yang masuk seolah-olah sudah dibaca penerima. Hal ini dirancang WhatsApp terlebih jika terlalu banyak pesan yang diterima, sehingga tidak sempat membuka pesan satu per satu.

Rupanya sebelum dibuat menjadi sebuah shortcut, fitur “Mark as Read” sudah ada. Hanya saja fitur itu tersembunyi dalam pilihan menu WhatsApp.

Oleh sebab itu, dalam pembaharuan WhatsApp kali ini, pengguna akan dipermudah untuk membuat pesan seolah-olah telah terbaca, yaitu cukup dengan satu ketukan saja (tapping). Sebelumnya, WhatsApp juga sempat melakukan pembaharuan dalam fasilitas grup.

Dilansir dari The Verge, pembaharuan tersebut memungkinkan administrator grub menjadi satu-satunya orang yang bisa mengirim pesan. Fitur tersebut menjadikan sebuah grub bisa menjadi kanal informasi satu arah.

BACA JUGA
Fitur Voice dan Video Call Grup WhatsApp Hadir di Aplikasi

Selain itu, dengan pembaharuan terbaru ini, diharapkan dapat mengurangi pesan-pesan spam yang sering dikirim dalam grup.

Salah satu cara orang menggunakan grup adalah menerima pengumuman dan informasi penting. Termasuk dari orang tua, guru sekolah, pusat komunitas, dan organisasi nirlaba. Kami memperkenalkan setelah baru ini, sehingga admin bisa mempunyai alat lebih bagus untuk hal penggunaan,” tulis WhatsApp dalam blog resminya.

Mungkin kedepan, dengan adanya fitur “Mark as Read”, juga bisa membantu pengguna lebih nyaman menggunakan WhatsApp.

Terkadang pengguna WhatsApp merasa enggan membuka grub karena berisi spam dari anggota lain. Dengan adanya fitur “Mark as Read”, pengguna tidak perlu membuka grub untuk melihat pesan. Cukup tap “Mark as Read”, dan permasalahan selesai.

Namun perlu diingat, bahwa fitur “Mark as Read” hingga saat ini masih dalam tahap pengujian. Tahap pengujian dilakukan di server-side. Yang berarti tidak semua pengguna WhatsApp dapat mencoba fitur ini, sebagaimana dilansir dari Android Police, Rabu (1/8/2018).

Selain itu dari pantauan kami, fitur tersebut belum muncul dalam pembaharuan Google Play Store bagi beberapa pengguna Android di Indonesia. Kita tunggu saja kelanjutan fitur terbaru dari WhatsApp. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Ada komentar?