Selamat Jalan! Toshiba Resmi Pamit Dari Dunia ‘Perlaptopan’

bisnis laptop toshiba

Toshiba mengumumkan kalau mereka resmi pamit dari industri laptop. Setelah tiga dekade berjuang, mulai sekarang Toshiba tidak akan jual laptop lagi.

Nama Toshiba tentu sudah tidak asing buat kita. Perusahaan asal Jepang ini telah berhasil meluncurkan berbagai produk elektronik, salah satunya laptop.

Dimulai sejak tiga dekade lalu, Toshiba meluncurkan laptop pertama mereka. Namun Agustus 2020 ini, ada kabar kurang mengenakkan dari Toshiba.

Pasalnya Toshiba memutuskan untuk pamit dari industri laptop. Lalu apa yang menyebabkan Toshiba hengkang dari dunia ‘perlaptopan?’

Sumber Gambar : NewsBeezer

Toshiba Resmi Pamit dari Industri Laptop

Saya yakin mayoritas dari kalian dulu sering melihat laptop merek Toshiba. Ya, karena pada masanya, laptop merek ini sangat populer.

Laptop Toshiba sendiri tidak hanya dipakai oleh pelajar, tapi juga pebisnis. Menariknya, dulu Toshiba pernah disebut-sebut sebagai laptop terbaik di zamannya.

Bagaimana tidak, pada tahun 1990-an – 2000an, Toshiba berhasil memimpin pasar laptop. Selama kurun waktu itu, Toshiba selalu ada di peringat 5 besar sebagai produsen laptop terbaik.

Ironisnya, setelah dulu sempat populer, kini Toshiba harus hengkang dari industri laptop. Dikutip dari situs Gizmodo, Toshiba rupanya telah menjual 80,1% unit bisnisnya ke perusahaan Sharp di tahun 2018.

Sumber Gambar : Neowin

Sejak saat itu, Sharp punya hak untuk menjual produk laptop Toshiba. Laptop ini berganti nama menjadi Dynabook, dan sempat diluncurkan di Indonesia tahun lalu.

Hal yang bikin sedih, rupanya laptop buatan Toshiba selama beberapa tahun terakhir tidak terlalu diminati. Sebab orang-orang lebih suka melirik vendor lain.

Tidak mengherankan sih. Katakanlah seperti ASUS dan Acer, mereka selalu menghadirkan laptop baru lengkap dengan inovasi segar. Makanya orang-orang lebih tertarik dengan merek lain dibanding Toshiba.

Karena terus digempur oleh pesaingnya, akhirnya Toshiba menyerah. Pemain kawakan ini akhirnya resmi meninggalkan dunia ‘perlaptopan.’ Ke depan, kita tidak akan pernah bisa melihat laptop Toshiba lagi.

Sekarang laptop Toshiba hanya tinggal kenangan. Selamat jalan Toshiba, terima kasih karena dulu pernah mewarna dunia perlaptopan di dunia.

Buat kalian, apa saja memori indah kalian dengan laptop Toshiba?

%d blogger menyukai ini: