Cara Transfer Riwayat Chat WhatsApp dari iPhone ke Android 12

Indri Penulis

Bingung gimana cara transfer riwayat chat WhatsApp dari iPhone ke ponsel Android 12? Gampang. Praktikkan cara di artikel ini saja.

September lalu, WhatsApp mengumumkan kalau mereka akan memungkinkan pengguna untuk mentransfer chat dari iPhone ke Android.

Sebelum dukungan itu meluncur, kemampuan ini cuma bisa dipakai iPhone ke ponsel Samsung Galaxy. Setelah itu, WhatsApp memperluas dukungan ke ponsel Google Pixel.

Sekarang setelah lama dinanti, Google mengumumkan kalau akhirnya dukungan tersebut telah diperluas ke lebih banyak ponsel. Kini kamu bisa transfer riwayat chat WhatsApp dari iPhone ke ponsel Android 12.

Lalu bagaimana cara transfer chat WhatsApp dari iPhone ke ponsel Android 12?

Caranya sangat sederhana kok. Karena selain iPhone dan ponsel Android 12, yang kamu butuhkan cuma kabel Lightning ke USB-C.

Kalau peralatannya sudah lengkap, sambungkan kedua ponselmu dengan kabel tersebut. Lalu saat kamu diminta untuk menyiapkan perangkat Android, pindai kode QR yang ada di iPhone-mu untuk membuka WhatsApp.

Sumber : Google Blog

Saat aplikasi WhatsApp terbuka, kamu tinggal memindahkan semua percakapan, media, atau data WhatsApp lainnya ke ponsel Android.

Kalau misalnya proses scanning nggak berjalan lancar, kamu bisa buka aplikasi WhatsApp di iPhone. Lalu buka “Settings > Chats > Move Chats to Android.”

Bagaimana soal keamanannya? Aman nggak sih mentransfer riwayat obrolan ke ponsel lain? Google mengklaim proses ini aman kok.

Google mengatakan kalau mereka telah bekerja sama dengan WhatsApp untuk memastikan datamu tetap aman selama proses transfer riwayat obrolan. Jadi nanti nggak bakal ada orang lain yang bisa mengakses informasi dan file WhatsApp-mu.

Nggak cuma itu, riwayat obrolan WhatsApp-mu juga hanya akan disalin dari iPhone ke ponsel Android. Saat proses transfer sedang berlangsung, kamu juga nggak bakal menerima pesan baru di perangkat lama.

    %d blogger menyukai ini: