Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Yes! WhatsApp akan Memungkinkanmu Transfer Chat dari iPhone ke Android

Nggak perlu pakai aplikasi tambahan!

Indri Penulis

Kabar bagus buatmu! Sebentar lagi WhatsApp bakal memungkinkan kamu untuk transfer chat dari iPhone ke Android, tanpa perlu aplikasi tambahan seperti Data Restore Tools Android.

Sebenarnya desas-desus soal tools migrasi chat WhatsApp iOS ke Android telah muncul sejak April lalu. Tapi waktu itu, belum ada konfirmasi apapun dari WhatsApp.

popculture.id

Kini WhatsApp telah merilis pernyataan resmi soal gosip tersebut. Nantinya fitur transfer chat WhatsApp dari iPhone ke Android akan hadir pertama kali di ponsel lipat Samsung.

Pernyataan ini persis dengan yang disampaikan Samsung dalam acara Galaxy Unpacked kemarin. Perusahaan asal Korsel ini mengatakan kalau pengguna yang hijrah dari iOS ke Android bakal bisa membawa data WhatsApp mereka (seperti obrolan dan media) ke ponsel Galaxy.

Untuk pertama kalinya di ponsel Android mana pun, kamu bisa dengan aman mentransfer data WhatsApp – termasuk percakapan dan foto – dari iPhone lama ke ponsel Galaxy barumu,” kata Samsung.

Menariknya, Samsung sebelumnya juga sempat memamerkan demo fitur transfer chat ini. Bisa kamu lihat dalam gambar di bawah ini. Inilah proses pemindahan data WhatsApp dari iPhone ke ponsel Galaxy pakai kabel USB.

Sumber : XDA-Developers

Untuk memindahkan data WhatsApp dari iPhone ke ponsel Galaxy, kamu butuh kabel Lightning dan USB-C. Oya, kalau kamu punya dua cadangan WhatsApp terpisah (satu di Google Drive dan satunya lagi di iCloud), tools transfer data nggak akan menggabungkannya.

Sebaliknya, kalau kamu mentransfer data WhatsApp ke ponsel Android lalu mencadangkannya, cadangan baru akan bergabung dengan cadangan Android lamamu.

Kapan fitur ini resmi tersedia? Menurut pengumuman resminya, WhatsApp saat ini sudah mulai meluncurkan fitur anyar ini.

Tapi untuk sementara, yang bisa menikmati fitur ini adalah pengguna Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3. Setelah itu dilanjut pengguna Samsung Galaxy yang menjalankan Android 10 atau versi lebih baru.

Fitur ini tetap akan diluncurkan ke ponsel Android non-Samsung. Tapi soal kapan peluncurannya, WhatsApp belum mengatakannya.

Untuk mengakses fitur tersebut, cukup buka Pengaturan di aplikasi dan arahkan ke “Obrolan.” Kalau kamu melihat menu “Pindahkan obrolan ke Android,” maka fitur tersebut telah diluncurkan ke akun WhatsApp-mu.

    %d blogger menyukai ini: