Cara Mudah Transfer File Antar Platform Tanpa Aplikasi

Nggak perlu install aplikasi di perangkatmu!

desain: Stories by Freepik

Transfer file antar perangkat, baik itu Windows, macOS, Android, atau iOS, bisa kamu lakukan dengan relatif mudah. Kamu bisa transfer data via wifi atau Bluetooth lewat berbagai aplikasi. Nggak mau ribet install aplikasi? Coba cara ini.

Menariknya, cara paling mudah untuk melakukan trabsfer file antar platform adalah lewat browser. Yah, semua perangkat pasti punya browser. Entah handphone maupun komputer. Tinggal buka browser, buka website tertentu, dan kirim data. Sederhana.

Situs Transfer File

Website yang menawarkan layanan ini adalah sharedrop.io dan snapdrop.io. Yang membuatnya lebih menarik lagi adalah kedua website ini tidak membutuhkan proses login dan tidak menggunakan link (copy paste atau kirim link).

Kedua website itu hanya membutuhkan perangkat terhubung pada jaringan wifi yang sama. Secara otomatis website ini akan menemukan perangkat tersebut. Di sini kami contohkan dengan website sharedrop.io.

cara transfer file antar platform

Kalau ada dua perangkat terhubung, masing-masing akan memiliki identitas sebagai seekor hewan. Perangkat milikmu adalah ikon hewan yang di atas, sedangkan perangkat lain di bagian bawah. Begitu sebaliknya di perangkat lain.

Kalau kamu mau transfer data, kamu tinggal klik atau tap ikon hewan perangkat lain. Kemudian, kamu bisa memilih file yang mau kirim, lalu klik ‘send.’ Itu saja.

Perangkat lain akan menerima pemberitahuan bahwa ada yang ingin mengirim file. Beri konfirmasi pada pemberitahuan itu dan proses transfer akan segera berjalan.

Kekurangan Cara ini

Sejauh ini, saya hanya menemukan satu kelemahan cara ini. Saya hanya bisa mengirim satu file saja dalam satu kali transfer. Saya sudah mencoba memilih dua atau lebih file, tapi yang terkirim hanya satu. Jadi, untuk mengirim tiga buah file, saya harus melakukan tiga kali transfer.

Hal ini bukan masalah besar. Hanya butuh sedikit kesabaran atau menggabungkan semua file dalam satu ZIP.

Ya begitulah. Inilah cara paling mudah transfer data antar perangkat yang berdekatan. Cukup terhubung dengan wifi yang sama dan membuka browser. Sebuah alternatif yang benar-benar sederhana.

Silakan kunjungi sharedrop.io atau snapdrop.io, dan simpan alamat website-nya. Untuk sekedar jaga-jaga saja. Siapa tahu, di masa mendatang kamu perlu transfer file, entah dari/ke Windows, macOS, Android, atau iOS.

%d blogger menyukai ini: