Transfer File Smartphone dan Windows 10 Akan Mudah

transfer file smartphone dan windows 10
Anom Penulis

Melalui blog Microsoft 365, Joe Belfiore berbagi beberapa hal menarik yang akan diumumkan di acara BUILD 2018. Salah satunya adalah cara transfer file smartphone dan WIndows 10 yang akan lebih mudah.

Joe Belfiore, yang dulu merupakan pahlawan Windows Phone, sekarang duduk sebagai Corporate Vice President untuk Windows. Tugasnya saat ini adalah bertanggung jawab atas pengembangan desain dan produk Windows, termasuk hubungannya dengan PC, tablet dan handphone.

Sedangkan acara BUILD — kalau kamu belum tahu — adalah sebuah konferensi tahunan yang diadakan oleh Microsoft untuk pengembang web dan aplikasi. Tujuannya tentu saja untuk memperlihatkan perkembangan terbaru ekosistem Windows, Office, dan produk Microsoft lain.

Seperti kita ketahui, Microsoft sudah mengibarkan bendera putih di atas Windows Phone. Mereka pun mengalihkan fokus untuk perangkat bergerak pada Android dan iOS.

[irp posts=”33251″ name=”Cara Menggunakan Office Online di Microsoft Edge”]

Untuk Android, salah satu sarana yang dipakai adalah Microsoft Launcher. Hebatnya, banyak yang menganggap Microsoft Launcher merupakan salah satu aplikasi launcher terbaik Android. Selain itu, Windows 10 juga sangat bersahabat untuk urusan file dengan handphone Android.

Tapi Microsoft berniat meningkatkan permainan setahap lebih tinggi.

Cara Baru Transfer File Smartphone dan Windows 10

Joe Belfiore menyebutkan kalau nanti akan ada cara baru untuk menghubungkan handphone dengan komputer Windows 10. Cara ini akan memungkinkan kamu mengakses pesan (SMS), foto, dan notifikasi dengan instan.

Sebagai contoh, kamu bisa dengan cepat memakai foto yang ada di handphone untuk dokumen di PC hanya dalam satu aktivitas saja. Bahkan, tanpa perlu mengeluarkan handphone dari kantong.

Fitur ini akan segera meluncur di program Windows Insider (soon™).

Fitur Timeline Windows 10 Hadir di Smartphone

Fitur Timeline di Windows 10 membantu kamu melacak aktivitas yang terakhir kali kamu lakukan. Semacam catatan riwayat, dengan cara lebih cerdas. Timeline hadir sebagai salah satu fitur di Windows 10 April 2018 Update, atau dikenal juga dengan nama Redstone 4.

Microsoft akan menambahkan fitur Timeline itu di Microsoft Launcher untuk Android. Sehingga, kamu tetap bisa meneruskan kegiatan dari PC atau laptop di handphone Android-mu. Sedangkan di iOS, fitur Timeline akan hadir melalui browser Microsoft Edge.

[irp posts=”31182″ name=”Membuat Android Rasa Microsoft”]

Kalau kamu menggunakan Android, mungkin kamu sudah memakai salah satu aplikasi untuk memindahkan file secara nirkabel seperti AirDroid, ShareIt, Pushbullet, dll. Saat ini kita belum tahu akan seperti apa aplikasi atau fitur yang dikembangkan Microsoft itu.

Begitupun dengan fitur Timeline. Sejauh ini fitur tersebut belum cukup menarik perhatian. Yah, mungkin baru pengguna profesional saja yang benar-benar menikmatinya. Secara umum kita masih memisahkan kegiatan di handphone dan di komputer.

Toh langkah yang diambil Microsoft ini cukup taktis. Terutama mengingat Google — sebagai “pemilik” Android — yang juga gencar mengembangkan Chrome OS dan integrasinya dengan Android. Kalau memang proses transfer file smartphone dan Windows 10 itu seperti yang diharapkan, penggunanya tetap akan diuntungkan. Kalau seperti yang diharapkan.

    %d blogger menyukai ini: