Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Translator: Aplikasi Terjemahan untuk Windows Phone

Anom Penulis

Kalau Google punya Google Translate (terjemahan), Bing yang merupakan produk Microsoft juga memiliki layanan sejenis yang disebut Bing Translator. Sudah pasti, aplikasinya pun tersedia untuk Windows Phone. Aplikasi terjemahan untuk Windows Phone ini memiliki nama yang singkat dan to the point: Translator. Mari kita lihat kemampuannya.

Fitur Translator
  1. Menerjemahkan kata yang kita inginkan baik menggunakan scan kamera (menerjemahkan teks tertulis/tercetak, seperti: buku, poster, dll), mengenali suara dan tentunya dengan keypad
  2. Menggunakan koneksi internet untuk menerjemahkan
  3. Download paket bahasa (kamus) untuk menerjemahkan secara offline
  4. Word of the day (menampilkan satu kata setiap hari untuk memperkaya vocabulary kita)
  5. Banyak pilihan bahasa
  6. Pin tile ke start screen langsung ke fitur tertentu

Aplikasi ini cukup menarik, di samping fungsional. Kita bisa menggunakan aplikasi ini melalui 3 cara: kamera, suara dan ketikan. Yah, kalau yang ketikan tentunya sudah cukup biasa. Kita tinggal mengetik kata tertentu dan aplikasi Translator ini akan menerjemahkannya.

popculture.id

Nah, untuk kamera dan suara, fitur ini tentunya akan mempermudah dan mempercepat kita mendapatkan hasil terjemahan. Kalau kita melihat teks bahasa Inggris (atau bahasa lain), kita tinggal mengarahkan kamera ke teks itu atau mengucapkannya, dan aplikasi ini akan menerjemahkannya.

Sayangnya, ada beberapa keterbatasan untuk fitur tersebut. Untuk pengenalan teks melalui kamera, apabila font yang digunakan terlalu rapat atau kondisi cahaya kurang memungkinkan, maka aplikasi Translator ini agak susah mengenali kata tersebut.

Begitu juga dengan suara. Dalam beberapa kali percobaan, seringkali aplikasi ini tidak menangkap kata yang kita ucapkan dengan benar. Bisa jadi karena pengucapan yang terpengaruh logat (bahasa Inggris saya Javanglish alias medok logat Jawa :D).

Aplikasi ini memberikan banyak pilihan bahasa untuk terjemahannya. Akses terjemahan ini dilakukan dengan koneksi internet. Untuk menggunakannya secara offline, kita harus men-download paket bahasa yang disediakan.

Nah, satu lagi kelemahan aplikasi ini, belum banyak paket bahasa yang bisa di-download. Termasuk bahasa Indonesia juga belum ada.

Oya, kita juga bisa pin ke start screen langsung pada fitur-fitur tertentu. Misalnya kita lebih sering menerjemahkan dengan keypad, maka kita bisa pin fitur tersebut. Dengan demikian, kalau kita tap tile (ubin) tersebut, maka kita langsung diantar ke fitur yang bersangkutan.

Sementara kalau kita pin aplikasi Translator tanpa merujuk fitur tertentu, maka ubin Translator bisa berganti dengan tampilan Word of The Day. Yah, kita bisa menambah bendahara kata asing dengan mudah tiap hari.

Download

 

    %d blogger menyukai ini: