Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Inilah 5 Hal yang Akan Menjadi Tren ICT Tahun 2019

Indri Penulis

Teknologi berkembang begitu pesat. Memasuki tahun yang lebih baru tentu sangat menarik melihat tren ICT 2019. Apa saja yang menggebrak?

Dunia teknologi tidak akan berhenti sampai disini. Sebab setiap waktu banyak orang mencoba menemukan teknologi baru.

Seiring bertambahnya tahun, perkembangan teknologi akan selalu mengalami perubahan, terlebih dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi.

Di tahun 2019 yang akan datang, diperkirakan ada akan perkembangan baru dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi.

Lalu apa saja yang akan menjadi tren di bidang ICT tahun 2019? Berikut ulasan selengkapnya berdasarkan hasil analisa dari TrendForce:

Mini LED Akan Jadi Andalan

Sumber Gambar : Dime City Cycles

LED memang mempunyai keunggulan dalam hal kecerahan dan kontras. Mini LED mempunyai peluang besar untuk bersaing dengan OLED, yang ada dalam segmen layar bioskop maupun home theater.

Jika dibandingkan dengan layar digital seperti RGB LED, maka Mini LED menggunakan LED biru sebagai sumber cahaya dasar. Inilah yang membuat Mini LED lebih mengehemat biaya.

Potensi tinggi yang dimiliki oleh Mini LED akan mendorong teknologi tersebut, dapat masuk ke pasar elektronik konsumen, termasuk ke pasar smartphone, desktop, TV, tablet, maupun perangkat layar dalam produk otomotif.

Diperkirakan 2 tahun kedepan akan perkembangan Mini LED akan berkembang sangat pesat. Bahkan tidak menutup kemungkinan jika industri ini bisa mencatat nilai pasar sebesar 1.699 juta dolar AS pada 2022.

Akan Ada Banyak Aplikasi untuk Interaksi Suara

Sumber Gambar : UX Collective

Selama tahun 2018, speaker cerdas memang masih menjadi sorotan utama. Ditambah lagi adanya aplikasi yang memungkinkan interaksi suara.

Aplikasi semacam itu sudah mulai dipasang dalam kendaraan, smart TV hingga headset pintar. Dan diperkirakan tahun 2019, akan ada peningkatan jumlah aplikasi interaksi suara.

Tidak menutup kemungkinan, aplikasi tersebut akan memungkinkan interaksi suara seperti asisten virtual, pengenalan suara, voice shopping, dll.

Tahun Kunci IoT serta Persaingan Ketat

Sumber Gambar : Hacker Noon

Tahun 2018 kita bisa lihat kecepatan pertumbuhan dari solusi Internet of Things (IoT). Dengan penggunaan komersial jaringan wilayah dengan kekuatan rendah (LPWAN), justru kini menjadi sangat populer di dunia.

Tidak hanya itu, komputasi serta AI juga telah terintegrasi ke arsitektur IoT. Hal tersebut memungkinkan adanya transformasi dalam industri vertikal.

Dan dengan kemajuan teknologi serta penyebaran global di tahun berikutnya, maka IoT diharapkan bisa semakin kuat dalam operasi perusahaan. Inilah yang menjadikan 2019 tahun kunci IoT.

Teknologi Baru di Bidang Kesehatan

Sumber Gambar : Trip Medis Indonesia

Beberapa waktu lalu Badan Administrasi Makanan dan Obat AS (FDA), telah mengumumkan sebuah peraturan baru. Peraturan tersebut menyangkut generasi mendatang (GNS), serta kedokteran digital di tahun ini.

Teknologi baru tersebut akan dapat mengubah arah industri bioteknologi, serta meningkatkan peran penting software dalam dunia kesehatan.

Perubahan yang ada dalam dunia kesehatan, diperkirakan akan terjadi pada terapi digital yang selama ini telah berkembang. Selain itu integrasi ICT, software serta obat-obatan dalam perawatan.

Sementara yang paling menarik perhatian adalah adanya robot bedah, serta sistem navigasi bedah (SNS). Kedua temuan baru itu diharapkan bisa mengintegrasikan berbagai teknologi pencitraan medis.

FDA sendiri telah membuat sebuah database genetik ClinVar serta ClinGen. Ditambah lagi Precision FDA yang dapat memverifikasi algoritma sekuensing. Gen sequensing analisis data, serta aplikasi varian gen inilah yang akan menjadi fokus pasar NGS di tahun 2019.

eSIM Sebagai Nilai Tambah Smartphone

Sumber Gambar : Hologram

Masing-masing perusahaan besar smartphone seperti Apple dan Huawei sudah mulai mengenalkan eSIM ke pasar.

Hal tersebut membuat smartphone menjadi lebih independen, serta bisa mendorong pertumbuhan smartwatches dengan kecepataan lebih cepat dibanding gelang pintar.

eSIM sendiri selama ini telah ada dalam smartwatches, dan digunakan untuk menghubungkan PC agar terhubung ke internet.

Diperkirakan akan ada banyak aplikasi yang mengadopsi eSIM di tahun 2019. eSIM kemungkinan akan digunakan untuk mengaktifkan fungsi streaming musik, membuat panggilan, asisten virtual, sampai mengirim pesan.