Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Tren Smartphone 2021: Apa Fitur dan Teknologi Baru yang Akan Hadir?

Anom Penulis

Menghadapi tahun baru, tentu kita akan mengharapkan sesuatu yang baru juga. Bagaimana dengan dunia smartphone? Apa yang kira-kira akan terjadi di tahun 2021? Yuk, kita bahas perkiraan tren smartphone 2021.

Pandemi Covid-19 membuat tahun 2020 menjadi tahun yang brutal. Lockdown dan social distancing memukul perekonomian dunia cukup keras. Dunia smartphone pun terkena imbasnya.

Memang tetap ada beberapa smartphone unik, baik yang rilis maupun konsep. Salah satunya LG Wing. Selain itu ada iPhone 12 Pro yang memakai sensor LiDAR. Namun, secara umum belum ada hal baru yang benar-benar menggebrak.

Perkembangan Smartphone 2021

Tren smartphone tahun 2021 kelihatannya masih akan meneruskan kondisi seperti ini. Dalam arti perkembangannya lebih perlahan, tidak radikal. Mari kita lihat beberapa aspeknya.

Layar Smartphone

Refresh rate tinggi — Pada tahun 2020, kita melihat berbagai smartphone kelas atas merangkul fitur ini. Bahkan mulai merambah ke kelas di bawahnya. Pada tahun 2021, kemungkinan besar layar dengan refresh rate tinggi akan jadi lebih umum di ponsel kelas menengah (tepatnya kelas menengah atas).

Layar Lengkung — Layar lengkung di smartphone dulu menjadi kekhasan Samsung. Namun kini beberapa merek smartphone lain juga sudah memakainya. Pada tahun 2021, layar lengkung masih akan hadir di beberapa varian ponsel tertentu.

Kamera di Layar — Sejauh ini, lubang kamera alias punch hole dan notch sudah jadi standar. Fitur ini akan terus berlangsung di tahun depan. Di sisi lain, kita mungkin juga akan mulai melihat kehadiran kamera di bawah layar. Teknologi ini cukup banyak diperbincangkan dan sudah hadir pertama kali di ZTE Axon 20 5G.

Ponsel Lipat

Walau jadi salah satu topik panas di tahun 2019 dan 2020, perkembangan ponsel lipat belum secepat yang diduga. Sejauh ini baru Samsung yang rajin merilisnya. Belum banyak merek lain merilisnya dan kalau ada pun relatif terbatas.

Baca Juga:  Redmi Note 12 Series Rilis dengan Spesifikasi Kamera 200MP, Harganya?

Di tahun 2021, ponsel lipat masih tetap merupakan produk niche. Hal yang sama bisa kita perkirakan juga untuk smartphone layar ganda.

Smartphone Gaming

Di tahun 2020, smartphone gaming berhasil mengukuhkan dirinya. Kita sudah melihat beberapa merek merilis kategori ponsel ini (yang tentunya dipimpin oleh ASUS dengan ROG Phone 3). Smartphone gaming masih akan hadir di tahun 2021. Namun kemungkinan besar masih tetap menjadi produk khusus dan akan menghadapi tantangan besar.

Tantangan ini hadir dari adaptasi layar refresh rate tinggi di ponsel umum, chipset yang semakin canggih, RAM dan kapasitas penyimpanan yang semakin besar. Lalu kita juga sudah melihat beberapa aksesoris gaming untuk ponsel umum seperti Razer Kishi atau Backbone One.

Fotografi Komputasional

Perlombaan jumlah kamera belakang atau adu besar pixel di sensor sudah relatif berhenti (untuk sementara). Perkembangan selanjutnya hadir di sisi pengolah gambar dengan teknologi AI atau yang dikenal dengan istilah computational photography.

Sejauh ini Google sudah membuktikan kalau perangkat lunak pengolah gambar bisa membuat gambar lebih baik. Lalu, seiring perkembangan chipset dengan image signal processor (ISP) yang semakin canggih, teknologi AI semakin mempermudah kita mendapat gambar yang keren.

Baterai dan Pengisi Daya

Kapasitas baterai — Kapasitas baterai masih akan sama dengan beberapa tahun terakhir. Kapasitas jumbo akan tetap menjadi daya tarik ponsel kelas menengah atau ponsel khusus, seperti gaming.

Fast Charging — Pengisian daya cepat juga akan semakin umum. Tentunya ponsel kelas atas akan memiliki kemampuan mengisi daya lebih cepat. Ponsel menengah dan bawah akan mengadaptasi turunan dari teknologi ini.

Wireless dan Reverse Charging — Pengisian daya secara nirkabel mungkin akan semakin banyak diadaptasi oleh berbagai varian ponsel, namun masih belum akan menjadi pemakaian umum. Begitu pun fitur pengisian terbalik (ponsel bisa mengisi perangkat lain).

Baca Juga:  Rekomendasi iPhone Terbaik Yang Layak Kamu Beli (2022)

Tanpa Charger di boks — Apple memulai tren menjual ponsel tanpa charger di dalam boks lewat iPhone 12. Walau awalnya mengejek, Samsung dan Xiaomi pun mulai ikut-ikutan menjual ponsel tanpa charger. Bukan tidak mungkin penjualan tanpa charger untuk ponsel kelas atas menjadi tren tahun 2021.

Varian Smartphone

Sejauh ini, kita bisa melihat beberapa varian ponsel di tiap seri. Jumlahnya pun cukup banyak. Bahkan iPhone pun sekarang sudah punya 4 varian untuk satu generasi. Sementara merek lain juga punya twist tersendiri, seperti seri Galaxy S20 FE, Xiaomi Mi 10T, dll.

Tren ini nampaknya masih akan terus berjalan di tahun depan. Kita akan melihat banyak varian dan seri smartphone dengan perbedaan spesifikasi yang relatif tipis. Keuntungannya, kita punya banyak pilihan. Kerugiannya, kita semakin sulit memilih.