Awas! Tren Stiker “Add Yours” Instagram Bisa Picu Tindak Kejahatan

Hati-hati kalau pakai fitur stiker “Add Yours” di Instagram. Pasalnya tanpa disadari ternyata fitur ini bisa memicu tindak kejahatan lho!

Siapa nih yang ketagihan pakai stiker Add Yours di Instagram Stories? Wah, saya yakin pasti mayoritas pengguna Instagram tengah kecanduan fitur ini nih.

Add Yours sendiri merupakan fitur Instagram yang masih seumur jagung. Fitur ini memungkinkan pengguna Instagram menempelkan stiker pertanyaan di postingan Instagram Stories-nya. Lalu orang lain bisa menjawab pertanyaan tersebut sambil mengunggah gambar yang sesuai dengan tema.

Misalnya kamu mengunggah foto sedang sarapan soto. Lalu kamu menempel Add Yours dan menambahkan pertanyaan, “Apa menu sarapanmu hari ini?Nah pengguna lain bisa membalas pertanyaanmu dengan mengunggah foto sarapan mereka hari itu.

Stiker “Add Yours” Instagram Picu Tindak Kejahatan

Stiker Add Yours saat ini memang sedang viral. Bagaimana tidak, kamu bisa menjawab pertanyaan orang lain dengan gambar versimu. Di sisi lain balasanmu juga bisa dilihat oleh semua orang (bahkan walau pun kalian nggak saling follow), dan begitu pun sebaliknya.

Tapi tahu nggak sih, ternyata ada ancaman kejahatan serius yang mengintai para pengguna stiker Add Yours lho! Pasti kamu nggak menyangka deh. Sekarang kamu bisa simak postingan Twitter @ditamoecthar berikut ini.

Ya, seperti yang kamu lihat, Dita Moechtar membagikan kisah seorang temannya yang mengalami penipuan diduga gara-gara ikutan tren Add Yours seperti di atas.

Dalam challenge tersebut, teman Dita diminta untuk menyebutkan variasi nama panggilannya. Tanpa pikir panjang, dia langsung ikut tren tersebut dong.

Tapi siapa sangka, nggak berselang lama, temannya justru menerima telepon palsu yang intinya mau minta uang. Karena si penelepon (penipu) memanggil temannya Dita dengan panggilan “Pim” (nama panggilan masa kecilnya), otomatis dia percaya begitu saja dan mau mentransfer sejumlah uang ke penipu tersebut.

Gimana menurutmu guys soal kasus yang satu ini? Pasti banyak yang nggak menyangka kalau ada kejahatan serius yang mengintai pengguna Add Yours? Apalagi kalau fitur tersebut nggak digunakan secara bertanggung jawab.

Sebenarnya ada banyak tren Add Yours yang ‘ngawursih. Bahkan ada juga tren yang minta pengguna lain buat spill tanda tangan mereka.

Parah kan? Bayangkan.. Zaman sekarang hacker sudah makin canggih. Kejahatan ada di mana-mana dan lebih beraneka ragam triknya.

Kalau kita dengan sengaja mengobral tanda tangan (yang sebenarnya bersifat ‘sangat pribadi’) ke semua orang, bisa saja ada orang yang nggak bertanggung jawab memalsukan tanda tangan kita dan menggunakannya untuk kegiatan penipuan. Duh ngeri deh..

Ya, semoga kasus yang dialami oleh teman Dita Moechtar bisa menjadi pelajaran buat kita semua. Mulai sekarang, lebih bijaklah dalam menggunakan media sosial ‘terutama fitur-fitur yang ada di dalamnya.’ Posting seperlunya saja, tanpa terlalu mengumbar privasi – data pribadi – kita ke orang lain.

%d blogger menyukai ini: