Smartphone Yang Mengukuhkan Tren Teknologi

Anom Penulis

Kemajuan teknologi sudah membawa smartphone berkembang jauh dari apa yang kita kenal 10 tahun lalu. Di antara berbagai generasi smartphone itu, ada beberapa yang berhasil mempopulerkan tren teknologi tertentu.

Smartphone saat ini memang sudah benar-benar cerdas. Perangkat ini sudah bukan cuma untuk berkomunikasi saja. Namun juga sebagai pusat produktivitas, hiburan, dan bahkan untuk memantau kesehatan.

Pada tiap generasi, terdapat titik-titik penting yang mengukuhkan tren teknologi smartphone. Sampai sebuah fitur menjadi standar umum yang banyak digunakan.

Lalu, apa saja smartphone yang behasil membuat teknologi tertentu menjadi standar tren?

Layar Sentuh – iPhone

Ketika Steve Jobs mengumumkan iPhone pertama kali di tahun 2007, ponsel ini menghebohkan dunia dengan layar sentuh sepenuhnya. Mungkin sebelum ini sudah ada ponsel yang memakai layar sentuh (PDA). Tapi iPhone berhasil mengukuhkan pemakaian layar sentuh seutuhnya di smartphone.

iphone generasi pertama

Sensor Sidik Jari – iPhone 5s

Sensor sidik jari kini menjadi otentikasi keamanan smartphone standar. Ponsel pertama kali yang menerapkan teknologi ini adalah Pantech GI100 (2004). Sedangkan yang mempopulerkan pemakaian sensor sidik jadi di ponsel adalah Toshiba G500 dan G900 (2007).

Namun, yang benar-benar memacu sensor sidik jari menjadi standar smartphone modern adalah iPhone 5s (2013) yang hadir dengan Touch ID untuk pertama kali.

iphone 5s

Kamera Selfie – HTC EVO 4G & iPhone 4

Ponsel pertama yang memiliki kamera selfie adalah Kyocera VP-210 dari Jepang pada tahun 1999. Namun yang membuat pemakaian kamera selfie jadi tren pada smartphone modern adalah HTC EVO 4G dan iPhone 4 di tahun 2010.


Kamera Ganda – HTC One M8

Percaya atau tidak, ponsel pertama yang menerapkan kamera ganda adalah Samsung B710 di tahun 2007. Sedangkan smartphone pertama yang menerapkan kamera ganda adalah HTC Evo 3D. Namun, teknologi kamera ganda seperti tren yang kita kenal saat ini (dengan kedalaman atau bokeh) pertama kali hadir pada smartphone HTC One M8.

Seperti kita ketahui bersama, penerapan teknologi multi kamera pun menjadi tren dan standar smartphone hingga kini.


Lubang Kamera di Layar – Honor View 20 / Huawei Nova 4 / Samsung Galaxy A8

Perdebatan soal poni/takik alias notch untuk kamera depan tidak akan habis sampai iPhone menghapusnya. Namun, sebagian besar ponsel kini sudah menerapkan lubang kamera di layar sebagai standar.

Persaingan lubang kamera di layar (hole punch) berjalan dengan Huawei dan Samsung sebagai pionirnya. Pada saat yang berdekatan di bulan Desember 2018 , Huawei merilis Honor View 20 dan Huawei Nova 4, sementara Samsung merilis Galaxy A8.


Sensor Sidik Jari di Layar – Vivo X20 Plus UD

Saat ini, teknologi sidik jari di layar masih bergeliat sebagai tren smartphone. Belum semua menerapkannya. Namun, Vivo X20 Plus UD adalah ponsel pertama yang menerapkannya dan mendorong berbagai perusahaan lain (terutama merek asal Cina) menggunakannya.

penampilan vivo x20 plus UD

Ponsel Lipat – Samsung Galaxy Fold

Ponsel lipat boleh kita sebut sebagai tren smartphone berikutnya yang akan jadi standar. Kini kita sudah melihat cukup banyak ponsel lipat bermunculan. Namun, ponsel pertama dan yang berhasil mendorong tren ini berkembang adalah Samsung Galaxy Fold.

Samsung Galaxy Fold luar

Itulah beberapa smartphone yang berhasil mengukuhkan teknologi baru menjadi tren dan standar masa kini. Kira-kira, apalagi teknologi yang akan jadi revolusi di smartphone?

    %d blogger menyukai ini: